Mini SIM three error di Asus Zenfone 4

Asus Zenfone 4 sedang menjadi incaran para pemburu smartphone murah. Itu semua karena berbagai kelebihan yang dibenamkan pada perangkat pintar ini. Salah satu keunggulan Asus Zenfone 4 ini adalah adanya Dual SIM, ini akan memudahkan kita dalam menggunakan layanan dengan kartu berbeda. Kedua SIM tersesbut berjenis Mini SIM. Sayangnya, Mini SIM sendiri saat ini masih belum banyak diproduksi, meskipun beberapa penyedia layanan komunikasi Indonesia sudah mulai memproduksinya, salah satunya Telkomsel.


Karena Mini sim ini masih jarang, maka untuk menggunakan SIM operator tertentu kita diharuskan untuk memotong SIM normal ke ukuran mini SIM. Ini mungkin bisa menyebabkan eror pada SIM tersebut. Ini juga yang dialami oleh teman saya.

Awalnya dia membeli kartu perdana three sebesar 50.000. Dan setelah digunakan selama hampir satu bulan, tiba-tiba saja smartphonenya error. Dia tidak menyalakan wifi dan tidak menekan tombol apapun tetapi  wifi-nya nyala sendiri saat ada iklan. Kemudian untuk mengatasi itu saya coba beberapa cara berikut ini:


Mini SIM three error di Asus Zenfone 4

1.Cabut Kartu Memori Eksternal

Saya pernah mengalami hal yang kurang lebih sama dengan kasus seperti ini dan saat kartu memori dicabut, semua normal kembali. Namun pada kasus ini sepertinya bukan memori Eksternal penyebabnya, karena saat dicek menggunakan komputer tidak ada apa-apanya. Lihat lebih lanjut di : Hati-hati beli SD Card banyak yang rusak

2.Pasang Anti virus

Teman saya pernah berkata kalau dia mendownload aplikasi pihak ketiga di luar playstore karena tertipu iklan. Dia ketakutan karena iklannya cukup bagus, "Ada virus terdeteksi! Segera pasang anti Virus!". Maklum, dia pemula di android. Nah, karena saya penasaran juga, apakah benar aplikasi tersebut yang malah diselipi virus?. Saya langsung download antivirus dan segera memasangnya. Setelah diinstall, terdeteksi 2 masalah yang menyebabkan Smartphone ini rentan terhadap serangan virus. Yaitu Pengaturan aplikasi dari pihak ketiga, dan beberapa SMS yang dianggap terselipi virus. Semua SMS langsung dihapus dan pengaturan aplikasi pihak ketiga juga sudah di non-aktifkan. Baca lebih lanjut di : benarkah android butuh anti virus?

3.Mengecek sisa kuota dan pulsa utama

Ternyata setelah langkah 1 dan 2 dicoba, keduanya tidak memberikan hasil. Lalu saya mencoba untuk memeriksa berapa sisa kuota dan sisa pulsa utama. Pada awalnya saya memaketkan AON, pulsa langsung terpotong dari 52.000 ke 2000 rupiah. Kemudian saya mendapat SMS paket AON sudah aktif. Namun saat saya chek, sisa kuota internet masih 107.000 ribu. Anehnya ia sama sekali tidak bisa menggunakan internet. 

Lalu saya bandingkan dengan HP milik saya, dan ternyata sisa kouta saya 0, tapi masih bisa interetan. Aon sendiri memberikan akses gratis ke 11 situs populer meski TIDAK ada kuota. Disinilah akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa kartu SIM tersebut Error.

4.Mencabut kartu SIM three

Setelah dicabut, semua berjalan normal. Tapi sayang sekali ya, AOn setahun yang baru dipakai setengah bulan lebih ini harus dibuang?. Akhirnya saya coba dulu di HP saya, dan ternyata memang tidak bisa. Saya sendiri baru mengalami hal ini. Jadi saya tidak bisa melakukan apa-apa kecuali membuangnya.

Tip : Sebaiknya minta tolonglah pada tukang jual pulsa untuk memotong SIM card menjadi Mini SIM, hal ini karena bisa saja anda malah menggores chip pada SIM. Sebaiknya dicoba dulu untuk internetan ditempat, jika tidak bisa segeralah minta ganti.

Post a Comment

2 Comments

  1. Kapan yah bisa praktekin, karena belum punya asus zenpone hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa mas Abu, saya juga praktek dari hp teman saya. Semakin banyak kecelakaan teman semakin banyak artikel hehe.. :-).

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.