Jangan lakukan ini pada HP dan Smartphone anda.

Merawat HP dan Smartphone itu tidak susah koq. Anda cukup tidak menirukan apa yang telah saya lakukan pada semua HP saya. Karena saya termasuk orang yang tidak awet dalam urusan HP. Berikut ini adalah penjabaran HP-HP saya dan apa yang telah saya lakukan pada mereka.



Nokia C1

1. HP Nokia C1-01

Spek rendah, bisa mp3-an dan internetan. Ada kamera VGA yang kalau cahayanya kurang, banyak sekali bintik-bintik. Harganya mahal waktu itu, sekitar 750 ribu. 

Dengan spek yang sangat jadul ini, HP Nokia C1-01 mampu bertahan sampai saat ini. Apa yang terjadi dengan HP saya pertama?. Jatuh dari tempat tidur tingkat, langsung pecah berantakan. Dan harus diinapkan di tukang servis HP selama kurang lebih 5 hari (tidak ingat pasti). Setelah selesai, tukang servis memberitahu kalau yang rusak hanya LCD-nya saja. Alhamdulillah..

Terakhir, setelah saya wariskan untuk ayah.. ^^
Kondisi HP Nokia tetap awet, meski pernah error dan harus diservis juga. Namun hanya sekali itu saja. Dan sampai sekarang tidak pernah rewel minta ini itu.

Keterangan
Waktu bertahan : Dari SMK kelas 1 - Lulus. Sampai dapat kerja setengah tahun. Kurang lebih sudah 3 setengah tahun bersama saya dan masih ada sampai sekarang.

Perlakuan saya yang tidak boleh ditiru.
HP tidak pernah dirawat, HP ketindihan saat tidur. Dan cover belakang lecet semua karena saya kerok pakai uang logam. Cover belakang juga pernah saya cuci pakai sabun colek. Hmm parah deh! tapi masih ada sampai sekarang.

Tips : Jangan menaruh HP dipinggir tempat tidur. Sediakan kotak tempat HP anda dan jauhkan dari badan kita, saat kita akan tidur.

2.Smartphone Samsung Galaxy Chat-b

Spek lumayan tinggi (pada saat itu). Bisa internet 3G, memori lega 4 GB, ada kamera 2 MP, speaker keren.
Pertama kali menggunakan smartphone, saya "udik" sekali. Udik adalah bahasa sunda, yang kalau diartikan mungkin seperti orang "ndeso" yang apa-apa belum tau dan bertingkah sok tau. ^^

Karena "keudikan", HP saya jatuh berulang kali. Karena dipasangi karet pelindung, jadi tidak masalah. Dan sering juga saya cuci pakai air. Tidak saya celupkan ke air ya!. Hanya memakai kapas basah lalu dilap. Dan hasilnya, smartphone masih jalan.

Kondisi terakhir?
Dia saya wariskan ke kakak saya, dan ternyata kakak saya juga "udik". Dia lupa password dan harus diinapkan di tukan servis untuk diinstal ulang ^^. Barangnya sudah tidak ada, kakak saya malah memberikannya ke adik dari pacarnya. Bye-bye smapi..

Tips : Sering-seringlah mengganti password untuk menambah ingatan anda. Password harap dicatat, agar saat kita lupa bisa langsung lihat catatan OK!. Dan jangan dicuci ya!

3.Cross (lupa seri).

Harga menggiurkan, hanya 300 ribuan. Spek cukup tinggi dibanding Nokia C1-01. Dual sim lagi, dan ada tivinya lagi!. Lebaran langsung saya beli.

Yang saya lakukan
Jatuh berkali-kali sampai back covernya lepas, begitu juga baterainya. Tidur tetap ketindihan sampai alarm saja tidak kedengaran. Namun yang ini tidak saya cuci dengan sabun seperti yang sudah-sudah ^^.
Hp LCD-nya kena dan saat saya sudah tidak punya uang (TT).. saya menjualnya seharga 50 ribu. Pas! tidak lebih juga tidak kurang. Sekarang saya tidak tahu apakah masih hidup atau sudah mati.

Tips : Jangan tertipu dengan harga!

4.Mito (lupa seri juga)

"Murah.. murah!.. selagi ketemu, selagi harga distributor ya pak ya". Hp ini saya beli karena saya iseng saja. Sewaktu ada rejeki dan berjalan-jalan di pasar, saya lihat-lihat HP china. Dan semuanya murah sekali, dari yang 150 ribu sampai 500 ribu. Dari yang sangat mini sampai lebar, semua tersedia. Warna juga bervariasi dan sangat menggiurkan. Lalu dengan senang hati saya beli Mito seharga 160 ribu. 

Dari sejak membeli sampai dirumah semua aman. Satu bulan setelahnya casannya rusak. Tidak bisa dipakai dan tidak ada gantinya lagi. Sama sekali tidak bisa! dan jalan satu-satunya cuma menggunakan charger universal. Nasib terakhirnya, sekarang ada ditangan keponakan saya. Mudah-mudahan tidak rewel.

Tips : Jangan mudah tertipu oleh omongan penjual!. Dan jauhi HP murah meriah. Kecuali jika itu yang benar-benar anda punya. Biasanya menyesal itu diakhir. Jadi lebih baik yang agak mahal dan bermerk sekalian dari pada membeli murah dan ternyata murahan.


4.Smartphone Advan s4a

Untuk yang kedua kalinya saya beli smartphone. Dan kali ini speknya jauh diatas galaxy chat.. 

Perawatan yang satu ini agak bagus.. Saya belum pernah menjatuhkannya sampai back covernya terpisah dari body. Belum pernah saya cuci juga dan sangat aman. Cuma waktu itu pernah saya lap dengan kapas dan minyak wangi seharga 5000-an.^^ Dia masih hidup sampai saat ini. Namun baru 4 bulan saya pakai ternyata sudah menunjukan gejala rusak. Meski yang rusak cuma tombol volume down dan masih bisa diatasi, tetap saja harus diperbaiki. Silahkan lanjutkan baca : Review Advan s4a murah dan bersaing

Kekurangan,
Tangan saya sangat berkeringat. Muka saya juga termasuk jenis berkeringat. Karena itulah Smartphone advan ini cenderung kotor. Sering saya pegang setelah makan juga, yah.. anda harus lebih merawatnya ya ^^

Tips : Jika tangan berkeringat jangan, Stop pegan HP. Jika muka anda berkeringat, lap dulu baru pegang HP. Jangan pakai minyak wangi untuk membersihkannya ya..

5.Nokia (lupa seri)

Nokia ini saya beli untuk jualan pulsa. Namun pada akhirnya saya harus memilih antara saya jualan pulsa terus atau makan sehari-hari hehe.. Ya sudah saya tinggalkan jualannya dan karena HP-nya nganggur akhirnya saya berikan ke Ibunda tercinta. Saya sangat yakin 100% bahwa yang ini tidak akan pernah rusak. Meski harganya murah namun saya tahu benar kualitas nokia dalam membuat HP. Saya juga baru sadar kalau HP yang satu ini tahan debu.

Tips : Sayangi HP anda seperti anda menyayangi binatang peliharaan anda. Jangan pernah memandikan HP! Karena dia seperti kucing. Belilah HP yang anti debu sehingga meski keringat anda nempel di HP, ia tidak akan kotor.

Post a Comment

3 Comments

  1. Peringatan yang bermanfaat, Makasih gan...

    ReplyDelete
  2. wah banyak juga ya mas koleksi nya.
    hem..,
    kalau saya selama hidup cuma baru 3 aja. yaitu Nokiyem, Black Berry, dan Samsung. he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm iya nih.. soalnya suka coba-coba. Tapi tetep sih mas.. yang paling awet ya yang bermerk.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.