HP dicas terus apakah cepat rusak?

HP yang di charge atau dalam bahasa Indonesia di "Cas" dengan cara yang benar tentu tidak akan cepat rusak. Teman saya sering sekali bertanya dengan pertanyaan yang sama. Dan ini membuat saya menjadi jengkel, akhirnya saya ledakan kekesalan tersebut dalam artikel ini. Question-nya sangat sederhana, HP kalau dicas terus apakah cepat rusak?. Mengapa bisa kesal, ikuti ceritanya.

Sedikit pengetahuan tentang baterai

Baterai adalah satu alat penyimpan listrik yang terdiri dari kutub positif dan negatif serta penghantar listrik. Baterai yang digunakan pada handphone termasuk dalam jenis baterai isi ulang. Sedangkan baterai yang biasa di jual diwarung dari ukuran yang kecil (AA untuk baterai jam) sampai D. Semuanya merupakan baterai sekali pakai. Artinya harus dibuang setelah tenaganya habis. Sedangkan yang isi ulang masih bisa digunakan dalam waktu tertentu.


Macam baterai isi ulang

Ni-Cd berasal dari kata Nickle Cadimum, baterai jenis jadul ini katanya beracun. Lalu baterai jenis ini mulai ditinggalkan dan beralih ke  Ni-Mh. Karena masuk jajaran baterai lama yang kalau kedinginan jadi tidak berfungsi secara normal, akhirnya diciptakanlah baterai jenis baru yang bernama Li-Ion sampai yang terkini Li-Po

Dari semuanya pasti punya kelemahan dan kelebihan, saya pernah dengar kalau baterai jenis lama jika tidak dihabiskan sampai nol maka saat dicharge nanti langsung penuh padahal isinya kosong. Dan dulu masih sering ada yang mengalami masalah ini. Jelas sekarang tidak pernah karena baterai Li-ion sudah lebih paten dari Ni-Cd atau Ni-Mh.

sumber : wikipedia. ashimima.com. sandfordlegenda.blogspot.com


Baterai koid


Image battery by Openclips @pixabay

Pengalaman menggunakan Li-ion

Untuk pertanyaan teman saya itu, saya jawab dengan satu kata. Tidak!. Alasannya adalah tentu saja selama ini saya mencharge handphone bahkan lebih lama 4 jam. Jadi kalau saya bekerja pada jam 8, maka jam 12 istirahat baru saya cabut dan itu tidak sekali dua kali, tetapi sangat sering. 

Lalu kenapa saya tidak begitu suka dengan pertanyaan teman saya?. Jawabannya adalah ia bertanya berulang-ulang dengan satu pertanyaan. Padahal dengan melihat apa yang saya lakukan selama ini, ia sudah tahu tanpa harus "nanya". 

Tapi, ada tapinya. Jika kondisi hp sedang standby atau sedang menyalakan satu dua aplikasi yang membutuhkan koneksi, bisa jadi hp anda kepanasan. Atau cara mencolokan chargernya belum benar sehingga menimbulkan percikan, yang tanpa disadari lama-kelamaan itu bisa merusak si baterai. Jadi selama caranya benar saya rasa mencharge HP, apalagi hp mahal hal itu tidak akan menjadi masalah.

Baterai Gembung

Satu hal yang pernah ibu saya alami. Baterai mito-nya gembung dan tidak mungkin bisa dipakai lagi. Alasannya adalah dicharge dalam waktu sangat lama. Disitu saya berpikir, ternyata harga hp juga pengaruh ke baterainya dan komponen hp itu sendiri. Kalau HP anda dibawah 400 ribu jangan sekali-kali melakukan hal ini ya. Kecuali jika sudah menyiapkan uang Rp.25.000 untuk membeli baterai cadangan , itu masih boleh-boleh saja.

Baterai ada umurnya ya?

Saya tidak tahu pastinya, jawaban saya pun tidak 100% benar. Silahkan tanya pada ahli baterai.

Tapi, saya sendiri menyadari bahkan Hp-nya saja juga punya usia, tidak mungkin tahan sampai 10 tahun kan?. Dijamin akan tertinggal dengan teknologi yang semakin pesat. Baterai mungkin saja dikembangkan lagi menjadi lebih canggih. Sehingga Hp anda saat ini nantinya akan jarang ditemui. Jadi soal umur itu adalah pasti. Saya pikir 1,5 tahun adalah waktu yang hebat untuk baterai bisa bertahan. Uang Rp..80.000 seharusnya disiapkan jauh-jauh hari sebelum baterai rusak. Kalau perlu diasuransikan, sehingga kalau rusak tak perlu repot-repot bawa ke bengkel android.


Post a Comment

16 Comments

  1. Gw kalo ngecharge dari mulai mau tidur ampe bangun hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lebih parah dong.. sama kayak saya hehe.. kadang kalo tidur jam 11 gitu suka lupa gan. tapi ga pernah rewel nih hp.

      Delete
  2. kalo batre hape ori jaman skrg kayaknya lebih awet, saya pake smrtphone sdah lebih setahun masih aman batrenya, kalo ngecas biasanya mnjelang tidur sampe bangun lagi, kan ada circuitbreakernya dihp jaman skarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. iya katanya sudah dilengkapi pemutus arus listrik jadi tidak masalah.. Tapi yang saya khawatirkan adalah kalau hp kepanasan saat dicas. Takutnya dalemannya bobrok semua..

      Delete
  3. Ternyata begitu yah, wah kudu siap-siap beli bateray baru nih kalo udah keseringan di cas bisa sowak lama-kelamaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu khawatir mas Abu.. asalkan HP anda masuk jajaran menengah keatas saya rasa tidak masalah. Kalau 400an kebawah mending siap-siap aja..

      Delete
  4. Pengalaman saya, pasti ngecas hp pagi hari sekitar 2 jam dan hp saya matiin. Biar awet. Katanya, entah benar atau gak? Gimana menurut master Ary. Soalnya baterai hp saya gak bisa dilepas, jadi berabe kalo cepat ngedrop, hahaha.....

    Nica share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih malah jangan di mati-nyalain terlalu sering. Pernah saya coba di laptop. Ternyata untuk sekedar menghidupkan laptop baterai bisa terkuras.. dulu hp samsung saya juga sering sekali nyala mati. Effect-nya jadi lemot mas.. Kalo ga bisa dilepas saya kurang tahu. Kecuali kalau saya punya satu, mungkin akan ada jawabannya.

      Delete
    2. Kalau hape saya malah seger mas habis dimatiin, ibarat orang kayak habis bangun tidur, hehehe... But its okelah yang penting gak cepat ngedrop, selama pemakaiannya gak sembrono. oke mas....

      Delete
    3. Yup. Biar gak cepet ngedrop pake power bank aja mas.. jadi ngecharge-nya ga mungkin kelebihan.. :)

      Delete
  5. kalo saya lebih exstrem mas ngceas hp nya sambil digencet kompi :v soalnya lubang powernya agak labil :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini saya juga pernah ngalamin mas.. kabelnya ditekuk-tekuk. Tau apa merknya?. SILANG. itu harganya 350 jaman 2013. Yah begitulah kualitas Hp lokal..

      Delete
  6. Mas... kl ngecash hp tiap hri itu gpp y ? Soalx aq ngecash hpx hampir tiap hri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung HPnya juga sih, Sepengalaman saya, kalau hpnya abal-abal sangat cepat rusak. Tapi kalau Hpnya tangguh dicas dengan perlakuan yang buruk pun tahan lama. tetapi ya sebaiknya dirawat supaya awet.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Kl hp samsung itu kira2 kuat gk? Soalx aq tkt kl kyk hpq yg dlu... pdhl merk bgus tpi sering eror

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.