Benarkah Android butuh anti virus?

Melihat judul saya sendiri, saya merasa seperti orang bodoh. Saya seperti ingin mengungkapkan sesuatu kepada umum yang itu sudah diketahui semua orang sebelumnya. Namun saya pikir tidak ada salahnya
mengungkapkan pendapat bukan?. Nah mengenai android dan anti virus yang bagus, perlukah kita menanam antivirus di android?. Mari kita lihat dulu sedikit penjelasan dari master android bule berikut ini.
Benarkah Android butuh anti virus?


Anda sering dapat iklan seperti gambar diatas?. Pikir dulu sebelum mendownload.

1.Selalu gunakan market terpercaya.

"Jika anda hanya menginstall software dari market terpercaya seperti Google play dan tidak menggunakan smartphone anda sesering mungkin untuk surfing atau menggunakan e-mail, OS (sistem Operasi) masihlah aman" Kata Andreas Marx, AV-Test.

Dari penjelasan diatas kita sudah dapat satu kesimpulan bahwa dengan menggunakan market hanya "google Play" saja, itu sudah bagian dari keamanan. Dari penjelasan diatas kita juga tidak boleh sesering mungkin menggunakan internet terutama untuk web yang mengandung malware. Malware, spyware dan ware-ware lainya akan menyusup ke android melalui internet. Mereka biasanya mengambil data dari apa yang anda beri. Maksudnya adalah, ketika anda menginstall aplikasi, anda disuguhi pilihan yang isinya memperbolehkan atau tidak suatu aplikasi untuk mengakses nomer hp, atau IP atau gambar dan sebagainya.

2.Aplikasi pihak ketiga yang diselipi virus

Lanjut menurut Andreas Marx, "Umumnya, masalah meningkat dari banyaknya aplikasi yang di "crack" dari pihak ketiga yang sering disertai virus".

Dengan demikian kita tahu bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari hasil searching google atau dari web manapun yang tidak terpercaya, bisa saja aplikasi tersebut ditempeli virus. Virus tersebut bisa saja mencuri data anda dan mencuri uang anda dari koneksi internet. Bagaimana caranya saya sendiri juga belum tahu. Namanya juga pencuri, apalagi kalau sudah main teknologi?. Hanya dalam hitungan detik uang yang kita simpan dengan susah payah di bank, hilang seketika.

3.Pencuri akan berusaha terus untuk membobol sistem keamanan

Sistem android adalah Sistem Operasi terbuka (Open Source). Selalu ada kemungkinan bagi pencuri untuk membuat malware dan menyusupkannya secara tersembunyi ke Smartphone anda. Tidak ada jaminan bahwa semua aplikasi dari Google Play juga sudah 100% bersih. Seperti yang dikatakan Jan Gahura, Avast.

"Google Play store adalah lingkungan yang sangat terbuka, bahkan setelah Google memperkenalkan bouncer-nya (Sebuah alat analisis yang menyetujui masing-masing aplikasi yang didaftarkan ke Google play"). Aplikasi "malware" masih tetap ada.

Nah, dari penjelasan diatas kita juga tahu bahwa meskipun sudah difilter oleh google, tetap saja ketika diinstal ke smartphone yang mengijinkan akses adalah kita. Jadi meskipun google play sangat aman, tidak ada salahnya kita berhati-hati.

Kesimpulan akhir

Jika saya membuat artikel ini hanya bersumber dari pihak pembuat aplikasi anti virus saja, ini namanya tidak fair dong?. Namun jika saya kembalikan ke anda, berarti saya juga tidak memberikan jawaban apakah perlu atau tidak. Untuk  itu saya juga sudah mencari artikel tentang kehilangan uang karena android, dan hasilnya TIDAK ADA!. ^^

Jadi saya sendiri sebelum membuat artikel ini sudah memikirkan kalau sebenarnya android itu tidak perlu dipasangi antivirus. Jika memang harus, mengapa juga google tidak menggandeng antivirus atau bahkan membuat sendiri antivirus besutannya yang sudah pasti bakal jadi nomer satu?.

Kemarin saat saya melakukan proses "root" pada hp pintar saya, google memberikan peringatan keras yang isinya, aplikasi ini berbahaya dan kami merekomendasikan anda untuk segera melepasnya. Namun saya sendiri tidak melepasanya. Alasanya adalah, saya tidak menggunakan aplikasi apapun untuk transaksi online. Jika saya menggunakan pay pall atau apapun yang berhubungan transaksi dengan menggunakan internet, maka saya akan pakai antivirus. Sekali lagi, tidak ada salahnya jika kita selalu berjaga-jaga.

Perlu diketahui, antivirus selalu aktif dan memakan ram. Dia tidak akan tidur meski HP pintar anda sedang tidur. Jadi kalau anda tidak menginstall aplikasi aneh-aneh mengapa harus pasang antiviurs?

Post a Comment

9 Comments

  1. Saya tidak memasang anti virus gan kalau di android,cuma di pc aja.Soalnya itu tadi jadi nambah berat gan ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas banget.. apalagi kalau ram-nya cuma seuprit.. cuma bikin sumpek aja gan. :)

      Delete
  2. Saya belum instal anti virus utk HP... aman deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak perlu mas.. kecuali kalau kita punya duit banyak diinternet. Wajib waspada.. :-t

      Delete
  3. saya pasang gan, tapi emg gak ada virusnya kok, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm justru itu saya juga gak pasang.. virus di android itu adalah apk yang berasal dari luar google play mas. jadi selama kita pake dari google ya ga usah..

      Delete
  4. di system android sndri emg sdh ada penangkalnya, tapi jika pemakaian yg ddiluar sosmed dan sms ya kmngkin btuh antivir ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. cobain pake framaroot deh.. pasti dideteksi virus. Mungkin aplikasi yang berusaha merubah sistem dianggap virus oleh google. entahlah..

      Delete
  5. iya gan kalou gua nga pakai anti virus tpi ketika gua tersambung ke internet ko selalu ada sear google nfa bisa di hapus soal nya punya sustem bawaan dr sono nya gima gua udh nyoba semua app root tp nga yg cocok semua di bilangin nya app elorr ga gmna ? Tolongin Ye

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.