11 Tanya jawab seputar advan s4a

Untuk menanggapi beberapa orang yang menanyakan kualitas advan s4a, karena kebetulan saya memilikinya maka saya mencoba memberikan 11 tanya jawab seputar advan s4a.

1.Advan s4a bagus atau tidak?

Bagus dari segi apa? Untuk urusan game kebetulan saya pernah coba mainkan game berat dan ternyata tidak kuat. Itu dari segi performa, bila dilihat dari kualitas yang lain menurut saya untuk harga 700 ribuan Advan s4a sudah termasuk bagus menurut saya.

Bagus atau tidak bisa diketahui bila kita membandingkan dengan perangkat yang lain misalnya Samsung galaxy Young. Maka saya katakan hasilnya sekitar 60:40  dari segi performa pastinya menang Advan tapi untuk hal-hal seperti nonton youtube atau kualitas speaker maka saya katakan Young lebih unggul.

2.Kualitas kamera belakang advan s4a?

Kualitas kamera advan tergolong standart, tidak bagus juga tidak jelek. Kalau melihat harga seharusnya ini sudah cukup. Namun pada malam hari sepertinya saya harus mengatakan flashnya hanya cukup untuk mengkilapkan gambar saja. Alias lebih terang lampu senter HP nokia jadul milik saya. Namun untuk luar ruangannya ok. Ini adalah perbandigannya tanpa proses editing hanya kompresinya dirubah ke-png.





3.Kualitas kamera depan Advan s4a?

Untuk kualitas kamera depannya menurut saya cukup bagus, hasilnya adalah 2 Mp (1600 x 1200). HP 700 ribuan sudah dual kamera jadi kalau seandainya kualitasnya menurut anda kurang maka anda bisa mencari android yang diatas 2 Juta yang kameranya sudah dilengkapi dengan teknologi tertentu. Ingat harga sama dengan kualitas.

4.Main game apa saja?

Jujur saya belum pernah main game yang berat-berat dikarenakan Advan saya lebih dikhususkan untuk internetan dan modem saja. Namun selama ini game-game ringan seperti Zenonia 3, PS1, dan Gameboy advance saya uji coba lancar-lancar saja. Pernah suatu ketika saya coba untuk main game  Hayday dan tidak terbuka, pernah juga main game subway suffer atau apa ya namanya? ya itulah, pokoknya jalanya tersendat-sendat. Berbeda dengan versi tabletnya yang pernah dimainkan teman saya waktu itu lancar sekali.

5.Kualitas internet bagaimana?

Internet tidak ada masalah kecuali kalau signal didaerah anda lemah. Selama ini saya menjadikan advan S4a milik saya sebagai modem dan tak pernah masalah.

6.Bagaimana kualitas suaranya?

Saya belum pernah uji coba ke sesama pemilik advan s4a, saya pikir hanya milik saya saja yang kualitas speakernya kayak seng diseret. Kalau dibandingkan dengan hp nokia jadul saya jauh sekali.

7.Bagaimana kualitas batery advan s4a?

Ditenagai batery sebesar 1200 mAh, menjadikan advan s4a super boros. Kecuali bila diatasi dengan batery saver dan Power Bank. Hal yang dapat menyebabkan boros batery adalah banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan. Artinya kalau hanya buat internetan saja ya pasti lebih lama, saya sendiri bisa sampai 4 jam untuk internetan. Tapi giliran main game online hanya 2-3 jam saja sudah lumayan.

8.Bagaimana kualitas videonya?

Video advan s4a sepertinya kurang bisa diandalkan, anda harus puas dengan banyak noise dan gerakan tersendat-sendat. Namun soal kualitas suaranya saya kira ok, karena saya pernah rekam juga dan setelah didengarkan di Laptop hasilnya bagus. Saya rasa memang speakernya saja yang jelek.

9.Pernah Erorr atau tidak?

Pernah, saat mencolokan kartu memori tiba-tiba nyala-mati, namun setelah dicabut normal lagi. Kalau soal erorr yang fatal, alhamdulillah karena jarang dikutak-atik jadinya awet dan tidak pernah cerewet.

10.Antutu Benchmarknya bagaimana?

Pada artikel yang pernah saya publish dengan judul advan s4a murah dan bersaing, disana antutunya mencapai nilai 9000-an yang sudah dekat dengan samsung seharga 2 jutaan. Menurut saya antutu hanya penilai saja, tidak berarti nilainya tinggi lalu performanya tinggi. Kelemahan yang dideteksi adalah CPU yang miskin, karena tidak bisa memainkan game berat.

Sekian 10 tanya jawab ini, semoga bermanfaat.
Pertanyaan 11 bisa diajukan oleh anda dengan cara berkomentar.



Post a Comment

48 Comments

  1. Saya punya hp advan s4a touch scren saya pecah,pas saya ganti jadi gak nrml,sama lcd saya ganti kamera belakang jd gak bisa k buka gimana ya gan supaya bisa normal..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ngganti agan Dadan atau service center kalau boleh tau?. Kalau saya kemarin memang sengaja mas saya banting sekalian biar rusak setelah itu beli baru karena biaya perbaikan jika dihitung-hitung ternyata besar juga. Saran saya bawa ke service center terdekat. Karena kemungkinan pas ngganti ada part yang pemasangannya kurang benar sehingga walau bisa berfungsi kembali tapi tidak lancar. Semoga membantu.

      Delete
  2. Baterai advan punya saya cepat panas!! Apa ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua android cepat panas kalau dipakai untuk kegiatan browsing apabila sinyalnya rendah. Untuk streaming video dan main game online juga akan mengakibatkan panas. Solusinya adalah mengganti kartu yang bagus dan jangan melakukan hal yang sudah disebut. Terimakasih.

      Delete
    2. Apa ada solusi lain nya gan?

      Delete
  3. saya pake advan s4a jg. signal nya tiba2 hilang hanya ada tanda silang merah di bagian signal. saya coba restart berkali2 tetap bgtu. coba ganti kartu baru tetap sama. saya coba tiup2 dudukan sim card nya barangmungkin kotor kena debu, tapi tetap tidak ada signal. tapi sim card yg d coba tersebut saya coba aktifkan d hp lain normal2 saja, signal ada malahan full. lokasi nya padahal sama. itu kenapa ya?
    sampe2 saya aktifkan k setelan pabrik hp nya tetap tidak ada signal.

    mksiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Error hpnya. Kalau sudah di reset ke pengaturan pabrik masih gitu juga mah bawa aja ke service centernya mas/mbak.

      Delete
  4. Lamp flash advanced S4A Ku ends nyla lagi setelah lupa dimatikan saat sebagai alat penerangan mati lampua seharian. Bagaimana to visa menyala lagi ends atau udah mati total

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maap mas, saya udah nggak pake Advan lagi hehe. Coba liat artikel saya yang ini http://www.arydoweh.com/2015/10/boman-dan-laundry-hp.html. Itu HP saya.

      Delete
  5. Mas temen sy pake advan s4a, mau install aplikasi dr play store ko ga bisa2 ya, selalu muncul notif "kesalahan saat mengambil informasi dr server" lama2 HP jd panas, itu kenapa ya mas & solusinya gimana, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah mengalami masalah tersebut. Kalau saya waktu dulu sih mengganti sim card mbak. Karena itu masalah dari servernya. Jadi saya pakai 2 kartu, nah misalnya ga bisa pake kartu sim 1 maka saya ganti pakai sim ke 2. Kalau nggak bisa juga saya coba tunggu sampai beberapa jam nanti baru bisa.

      Delete
  6. Mas hp s4a+ di charger masuk tp lama fullny tu knp ya mas,apa dri hp batre apa chargerny yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya saya tanya balik, apa sering dipake main pas lagi nge-charge?. Misalnya, sambil youtub-an sambil nge-charge?. Biasanya colokan yang kurang bener (longgar) menjadi penyebab lama fullnya, dan itu lama-lama bisa merusak charger malahan. Jadi coba dichek aja chargernya longgar apa nggak, kalau nggak cek baterai, kalau misalnya dicharge pake charger yang udah bener masih nggak mau ngisi / lama berarti kemungkinan baterainya bermasalah.

      Delete
  7. mas gimana sih caranya biar pas foto itu gaada suaranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Aplikasi, namanya silenct cam. Lihat di artikel ini : http://www.arydoweh.com/2014/11/silent-cam-aplikasi-penghilang-suara.html

      Delete
  8. lampu camera belakang saya mati,gimana cara mengatasinya??

    ReplyDelete
  9. Malam gan ,saya mw tanya nih saya kan pake android advan s4a+,itu cara biar kotak pesan ga tampil saat pesan diterima..mohon infonya,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan baru on, kebetulan saya sudah ganti smartphone. Cuman mudah2an ini sama pengaturannya. Caranya kalau di Samsung Galaxy V duos, Masuk Menu pesan>Pengaturan>Pengaturan>Notifikasi. Disitu ada pengaturan untuk apakah kotak pesan ditampilkan saat pesan diterima atau tidak. Semoga membantu.

      Delete
  10. salam knal,,
    sory mas bro ana mo tnya nich hp ane advance s4 A+ kameranya tdak berfungsi mohon bantuan kiat kiatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga,

      Mohon maaf saya agak lama balasnya. Sudah satu bulan saya tidak buka blog. Ada kesibukan ^^. Begini, sebelumnya saya sudah tidak pake advan s4a+. Sehingga jika ditanya bagaimana untuk membuat kamera berfungsi maka saya tidak bisa berbuat banyak. "Perlu saya lihat barangnya dulu baru bisa beri kesimpulan kerusakannya dimana". (Itu kata tukang servis HP).

      Delete
  11. Gan.. advan s4a ane kog kga mo nyala tnpa ts.. sehrs,y nyala dong gan.. apa penyebab,y ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang nangkep maksudnya. TS.. itu apa?. Saya memilih ganti HP karena menemui berbagai kendala setelah pemakaian lebih dari 1 tahun. Jika anda mengalami hal yang sama anda bisa mengikuti cara saya.

      Delete
  12. gan ada yg tau ga hp ane sering muncul locationservices itu knpa ya?solusinya apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry gan baru bales, Saya nggak tahu kalau nggak liat barangnya. Maap ya gan..

      Delete
  13. gan.. Hp saya advan s4a waktu mlm di charge sampe penuh trus di matiin, bsok nya saya nyalain kok langsung hbis ya batre nya pdhal ga saya pake.. mnta solusinya ya Gan... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap gan lama bales.. terkadang hp biasa juga sering mengalami problem kayak hp agan. Solusinya coba di cek dulu aja sambungin ke charger dia nyala ga?. Kalau masih ngisi coba amatin sekitar 10 menit, nambah daya ga?. Kalau ga nambah berarti masalah charger. Pinjem charger temen, nambah daya ga?. Kalau masih sama berarti baterainya. Coba dimatiin nyalain lagi, biasanya dengan cara ini bisa gan. Tapi kalo keseringan coba ke tukang servis barang kali emang ada kerusakan internalnya.

      Delete
  14. Malam Gan.. gan Hp saya advan s4a semalm di charge smpe penuh trus di matiin deh Hp nya, bsoknya kok udh habis lg ya baterainya pdhal kan mlm ngcharge nya penuh.. solusinya ya gan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dibales diatas ya .. sorry saya jarang buka blog hehe.

      Delete
  15. Maaf gan hp advaN sy touc h zscreen x. Gk brfungsi pdhl baru gnti...apkh rusak lg gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas di ganti apakah di uji coba?. Kalau diuji coba berhasil berarti bukan rusak di TSnya itu, kemungkinan pas pemasangannya ada masalah.

      Delete
  16. Gan mo nanya...hp advan s4a saya baru gnti ts.tp setelah beberapa hari ts tidak berfungsi kembali.. Apakah ad solusinya selain mengganti ts kembali...thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diperiksa dulu ya pak ke dokter HP terdekat. Nanti di cek dulu apakah yang bermasalah itu TS nya atau bukan. Logikanya sih kalau TSnya baru diganti terus bgitu lagi berarti ya memang dari HPnya udah ada masalah.

      Delete
  17. gan hp saya advan s4a ram 468 tp di kotak hp nya 512 trus gak bisa dual pointer jadi cuma bisa satu jari doang pas main jadi gak enak solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan memang harus teliti lagi soal spesifikasi. Biasakan bertanya kepada penjual mengenai spesifikasi HP. Terus kalau mau beli HP itu silakan search dulu di internet terkadang muncul varian baru yang tidak kita duga yang itu mungkin kembaran dari Hp yang tadinya mau kita beli tapi spesifikasinya beda dikit. Tapi kalau di box tulisannya 512 trus di HP cuma 468 sih yaa itu memang begitu gan. Soalnya yang 52 an MB lagi itu dipakai buat jalanin sistem. Kalau gak bisa dual pointer, tolong lihat lagi spesifikasinya. Oya, sedkikit info, HP advan saya udah saya rusakin. Hehe. Gemes sih habisnya.

      Delete
  18. Gan kenapa tombol home advan s4a saya sering pencet sendiri...sudah di reset ke pengaturan pabrik masih error gan...mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah ngalamin masalah seperti yg agan sebutin. Jadi belum bisa kasih solusi gan. Tapi kalau udah di reset ke pengaturan pabrik masih gitu juga. Mungkin aja itu dia ada part didalam tombol home yang terganggu sehingga menyebabkan sering terpencet home sendiri meski sebetulnya nggak dipencet.

      Delete
  19. Halo gan saya pakai android advan s4a ko tiba" truz ad tlisan gtu truz bwahnya ad kolom kcill tulisanya (reset) tu kira" gmna gan low direset???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo agan suka download aplikasi yang sumbernya tidak diketahui suka ada malware yang ngacak2 sistem. Coba scan pakai antivirus.

      Delete
  20. Aq suka ma blog agan bsa curhat tntang hp advan
    Gny ganz hp advan gua akuin hebat. Buat gme LGR engk lag trust internet jga ngehitz tpy knp tiap main gme kluar sendiri pdhl buat browsing cating lncar2 ajha. Trimz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya itu karena ada kesalahan dari sistem. Atau ramnya ga kuat ngankat game. Atau gamenya pakai os yang lebih tinggi dari hp agan.

      Delete
  21. Lampu flash belakangnya bneran gk bisa d buat senter y min ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sih, tapi cuma kelip-kelip doang. Ga begitu terang.

      Delete
    2. Itu cara on'in senternya gmna ??? Soalnya klo dari aplikasi d playstore, kgk mao ke fungsi apknya

      Delete
  22. Gan, emang hp advan s4a itu nggak bisa double touch ya gan(?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan. Tapi kalau lebih dari 2 sentuhan ga bisa.

      Delete
  23. Min, ni hp advan s4a emang gak bisw buat double touch yha??

    ReplyDelete
  24. Gan kalo hp advan s4a+ setiap aktifin data kalo ke mana² sering balik sendiri ke menu utama jadi gimna solusi nya dan apa penyebabnya? Mohon balas segera!!!

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.