Wednesday, 15 October 2014

11 Tanya jawab seputar advan s4a

Untuk menanggapi beberapa orang yang menanyakan kualitas advan s4a, karena kebetulan saya memilikinya maka saya mencoba memberikan 11 tanya jawab seputar advan s4a.

1.Advan s4a bagus atau tidak?

Bagus dari segi apa? Untuk urusan game kebetulan saya pernah coba mainkan game berat dan ternyata tidak kuat. Itu dari segi performa, bila dilihat dari kualitas yang lain menurut saya untuk harga 700 ribuan Advan s4a sudah termasuk bagus menurut saya.

Bagus atau tidak bisa diketahui bila kita membandingkan dengan perangkat yang lain misalnya Samsung galaxy Young. Maka saya katakan hasilnya sekitar 60:40  dari segi performa pastinya menang Advan tapi untuk hal-hal seperti nonton youtube atau kualitas speaker maka saya katakan Young lebih unggul.

2.Kualitas kamera belakang advan s4a?

Kualitas kamera advan tergolong standart, tidak bagus juga tidak jelek. Kalau melihat harga seharusnya ini sudah cukup. Namun pada malam hari sepertinya saya harus mengatakan flashnya hanya cukup untuk mengkilapkan gambar saja. Alias lebih terang lampu senter HP nokia jadul milik saya. Namun untuk luar ruangannya ok. Ini adalah perbandigannya tanpa proses editing hanya kompresinya dirubah ke-png.





3.Kualitas kamera depan Advan s4a?

Untuk kualitas kamera depannya menurut saya cukup bagus, hasilnya adalah 2 Mp (1600 x 1200). HP 700 ribuan sudah dual kamera jadi kalau seandainya kualitasnya menurut anda kurang maka anda bisa mencari android yang diatas 2 Juta yang kameranya sudah dilengkapi dengan teknologi tertentu. Ingat harga sama dengan kualitas.

4.Main game apa saja?

Jujur saya belum pernah main game yang berat-berat dikarenakan Advan saya lebih dikhususkan untuk internetan dan modem saja. Namun selama ini game-game ringan seperti Zenonia 3, PS1, dan Gameboy advance saya uji coba lancar-lancar saja. Pernah suatu ketika saya coba untuk main game  Hayday dan tidak terbuka, pernah juga main game subway suffer atau apa ya namanya? ya itulah, pokoknya jalanya tersendat-sendat. Berbeda dengan versi tabletnya yang pernah dimainkan teman saya waktu itu lancar sekali.

5.Kualitas internet bagaimana?

Internet tidak ada masalah kecuali kalau signal didaerah anda lemah. Selama ini saya menjadikan advan S4a milik saya sebagai modem dan tak pernah masalah.

6.Bagaimana kualitas suaranya?

Saya belum pernah uji coba ke sesama pemilik advan s4a, saya pikir hanya milik saya saja yang kualitas speakernya kayak seng diseret. Kalau dibandingkan dengan hp nokia jadul saya jauh sekali.

7.Bagaimana kualitas batery advan s4a?

Ditenagai batery sebesar 1200 mAh, menjadikan advan s4a super boros. Kecuali bila diatasi dengan batery saver dan Power Bank. Hal yang dapat menyebabkan boros batery adalah banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan. Artinya kalau hanya buat internetan saja ya pasti lebih lama, saya sendiri bisa sampai 4 jam untuk internetan. Tapi giliran main game online hanya 2-3 jam saja sudah lumayan.

8.Bagaimana kualitas videonya?

Video advan s4a sepertinya kurang bisa diandalkan, anda harus puas dengan banyak noise dan gerakan tersendat-sendat. Namun soal kualitas suaranya saya kira ok, karena saya pernah rekam juga dan setelah didengarkan di Laptop hasilnya bagus. Saya rasa memang speakernya saja yang jelek.

9.Pernah Erorr atau tidak?

Pernah, saat mencolokan kartu memori tiba-tiba nyala-mati, namun setelah dicabut normal lagi. Kalau soal erorr yang fatal, alhamdulillah karena jarang dikutak-atik jadinya awet dan tidak pernah cerewet.

10.Antutu Benchmarknya bagaimana?

Pada artikel yang pernah saya publish dengan judul advan s4a murah dan bersaing, disana antutunya mencapai nilai 9000-an yang sudah dekat dengan samsung seharga 2 jutaan. Menurut saya antutu hanya penilai saja, tidak berarti nilainya tinggi lalu performanya tinggi. Kelemahan yang dideteksi adalah CPU yang miskin, karena tidak bisa memainkan game berat.

Sekian 10 tanya jawab ini, semoga bermanfaat.
Pertanyaan 11 bisa diajukan oleh anda dengan cara berkomentar.



Artikel Terkait

48 comments