Panduan lengkap main Castle Clash untuk pemula

Buat para pemula di Game Castle Clash, kali ini saya coba berikan panduan lengkap main caslte clash. Walaupun sebetulnya saya bertanya-tanya, untuk apa saya membuat panduan ini?. Lebih baik kan membuat panduan lengkap pintar membaca Al-Quran atau yang lainnya yang lebih bermanfaat. Tapi tidak apa karena insyaAllah saya juga akan membuat panduan tersebut dilain waktu.

Mari kita lihat seperti apa tampilan game ini.

Castle Clash's arena


Gambarnya jelas kan?.

Saya mulai dari yang paling dasar dulu saja.

Ada 3 macam bangunan yang bisa kamu perkuat. Bangunan ini termasuk tembok, menara dan semua yang ada didalam game. Ada yang jenisnya resource, Defence, dan attack. Bangunan tersebut punya fungsi sendiri-sendiri.

1. Resource

Bangunan Resource atau sumber daya ada 4, yakni penghasil uang, penghasil manna, dan tempat penyimpanannya. Bagunan inilah yang musti diupgrade terlebih dahulu oleh pemain pemula. Karena dengannya kita bisa mempercepat pembangunan bangunan lainnya.


Penghasil uang/tambang emas/ Gold Mine gunanya untuk menghasilkan uang. Semakin tinggi level bangunan ini maka tempat penyimpanan emasnya juga semakin banyak dan dapat menghasilkan lebih banyak emas dalam waktu yang cepat.

Mana Mill gunanya untuk menghasilkan mana. Mana adalah ramuan buat merekrut pasukan. Bangunan ini tidak perlu diupgrade cepat-cepat. Karena kamu bisa mendapatkan mana dengan mencuri dari orang lain.

Gold Vault + Mana Vault adalah bangunan tempat menyimpan emas dan mana. Bangunan ini penting dan harus dilindungi karena jika diserang maka uang kita bisa habis. Jika diupgrade maka jumlah emas yang bisa kita simpan semakin tinggi.

2. Attack

Bangunan yang digunakan untuk menyerang musuh di dalam game ini termasuk dalam golongan attack. Dengan bangunan ini kita bisa dengan mudah mengalahkan musuh. Yang termasuk bangunan attack adalah Base camp, Tempat latihan pasukan, Hero Altar, Arena, Hero Base, Relic Hall.

Hero Altar adalah tempat kita bisa membeli hero. Kelebihan game castle clash ini adalah adanya hero. Dibandingkan dengan COC yang hanya memiliki pasukan saja, saya lebih suka CC yang punya hero. Dan Hero ini pun hampir setiap bulan diupdate. Jadi tidak bosan dengan hero yang sudah ada.

Base Camp adalah tempat kita merekrut pasukan. Ada 4 jenis pasukan. Type Melee, Ranged, Magic, Destroyer.

Pasukan type melee adalah pasukan yang menggunakan serangan fisik. Dari yang paling lemah ada guardian, yang medium ada Hammer Dwarf, dan yang paling kuat, Savage Ogre. Kelebihannya bergerak sangat cepat namun tidak bisa menyerang pasukan terbang.

Ranged artinya berjarak. Pasukan type ranged adalah pasukan yang menyerang bangunan terdekat dengan jarak tertentu. Yang termasuk pasukan ranged itu Hunter, Centaur (Manusia kuda), Shotgun Dwarf. Pasukan ini mampu menyerang apa saja. Kelebihannya Hit pointnya sangat banyak tapi lambat dalam menyerang.

Magic attack troop adalah pasukan yang menyerang menggunakan kekuatan sihir. Pasukan ini punya attack yang cukup tinggi namun hitpointnya sangat rendah dibandingkan pasukan lainnya. Yang pertama ada Pyromancer. Pyromancer ini mirip penyihir dalam film Lord of the ring. Griffin adalah hewan burung setengah kuda. Kalau kamu pernah melihat film Harry potter, disana ada Buck Beak perliharaan Hagrid yang pernah dinaiki juga oleh Harry potter. Dan yang terakhir ada Fairy Dragon. Kecil tapi mematikan. Dragon punya Hitpoint yang kecil tapi attacknya sangat besar yakni sebesar 580 pada level 1.

Destroyer attack troop adalah pasukan yang menyerang bangunan type defence (menara). Punya hitpoint paling besar dibanding yang lain. Pasukan ini bagi saya f4ck sekali. Karena meskipun dipelihara, pasukan ini tidak mampu berbuat banyak. Pasukan ini dimulai dari Treant, Mecha Man, Ornithopter (Pesawat hely).

Relic Hall adalah bangunan untuk membeli magic. Ada banyak sekali magic yang kamu bisa beli untuk dipakai saat menyerang. Salah satu yang terkuat adalah hujan meteor.

Arena adalah tempat kamu bisa melakukan expedition (ekpedisi). Ekspedisi adalah fitur untuk menyerang base orang lain hanya dengan menggunakan hero. Fitur ini dalam sehari hanya bisa diakses satu kali saja. Setiap kali akses hanya diberi kesempatan sebanyak hero yang kamu miliki. Jika kamu hanya memiliki 5 hero maka saat kelima hero kamu koid semua berarti kesempatan kamu sudah habis. Jika kamu berhasil menghancurkan base orang lain pada fitur ini maka kamu akan mendapatkan merit. Merit adalah semacam emas atau apalah itu yang bisa kamu gunakan untuk membeli hadiah. Tempat menukarkan merit dengan hadiah adanya di bangunan ware house. Ware house kalau dibahasa Indonesiakan adalah gudang penyimpanan.

Kamu juga bisa melakukan pertempuran antar Hero di Arena. Kalau menang kamu bisa mendapatkan honor badges.

3. Defence

Bangunan Defence adalah bangunan terkuat didalam game karena berfungsi untuk bertahan. Hanya ada 2 bangunan, yakni tower (menara) dan wall (dinding). Untuk mengatur bangunan ini kamu perlu melihat TH atau Town hall terlebih dahulu. Berapa level Town Hall kamu?. Sesuaikan design base kamu dengan level TH kamu. Silahkan cari sendiri base Design yang bagus buat town hall yang kamu inginkan digoogle.

Nah untuk bangunan sudah, selanjutnya ada beberapa fitur didalam game ini yang perlu kamu tahu.

HBM dan Trial

Saya sudah pernah menjelaskan apa itu HBM dan Trial diartikel lain. Pada intinya base kamu bakal diserang komputer. Kalau menang kamu bakal mendapatkan beberapa hadiah. Bisa gold, mana, gem atau banyak lainnya. HBM bisa kamu ikuti setelah base kamu sudah mencapai might 3000-an. Kamu bisa mencoba HBM level A dulu. Jika Might kamu sudah cukup kuat, kamu juga bisa mencoba Trial. Tapi kamu tidak bakal menang jika level hero kamu baru 40-an.

Quest

Didalam game ini juga disediakan Quest atau misi. Quest dapat kamu akses secepatnya ketika might kamu baru 2000. Dengan mengakses fitur ini kamu bisa mendapat beberapa hadiah sama seperti HBM dan Trial. Semakin kuat might kamu, maka hadiah yang diberikan juga semakin menggiurkan.

Messa

Messa adalah tempat kamu bisa melawan musuh yang isinya cuma hero saja, Anggap saja ini dungeon tapi pasukannya adalah hero level 60an + boss. Untuk bisa menang di Messa kamu bisa join ke group lain yang punya pumkin duke. Tanpa pumkin duke, akan sangat sulit membabat si Boss. Hit point Boss sangat besar. Susah dikalahkan kalau tidak memakai hero yang paten. Tetapi dengan ada dua teman kita yang memakai pumkin duke, boss bukanlah masalah besar. Setelah menang dari Messa, nanti kamu akan mendapatkan hadiah beragam.

Lost Realm

Lost realm adalah tempat kamu untuk adu kekuatan dengan Hero milik CPU. Disini kamu memerlukan might sebesar 10.000 untuk bisa mengaktifkan fitur Lost Realm. Setelah kamu mengaktifkannya nanti kamu bisa mendapatkan batu biru, rubby. Dengan batu biru kamu bisa memiliki hero yang punya 2 buah talent. Misalnya pada Hero Druid, ada dua buah talent yang dia miliki. Yang pertama talent aktif yakni kemampuan yang bakal aktif ketika hero melakukan penyerangan atau diserang secara fisik. Sedangkan talent passive adalah kemampuan hero yang aktifnya otomatis. Hero druid memiliki talent aktif yang dapat menyembuhkan 2 orang alies dengan menaikan attacknya selama 5 detik. Dia bagusnya dikasih talent passive yang bisa meredam serangan musuh (saya lupa nama talentnya). Dengan mengakses fitur ini, kamu bisa mendapatkan 1 lagi talent passive buat hero. Jika talent passive 1 dan 2 sama maka talent 2 tidak akan aktif tetapi jika berbeda maka bisa aktif bersamaan secara otomatis.

Might itu apa?

Might adalah kekuatan base kamu. Pada gambar diatas might saya baru 6770 karena baru memulai lagi. Yang lama hp saya rusak.

Honor Badges itu apa?

Honor Badges itu bintang. Tuh yang ada dibawah might saya. Ini digunakan buat membeli hero atau menaikan level hero. Kalau kamu pemula dan level hero (bintang 1) kamu baru 20, kamu bisa naikin levelnya (bintang 2) agar bisa naik level 21 dst. Honor badges ini susah mencarinya. Jangan digunakan buat membeli hero!

Gem itu apa?

Gem adalah apa ya?. Saya juga tidak tahu. Ini seperti berlian begitulah. Gem ini bisa digunakan untuk apa saja. Seperti mempercepat pembangunan, membeli hero, menukan taltent aktif 1 para hero dan masih banyak lagi. Gem ini susah sekali mendapatkannya, jangan digunakan sembarangan. Gunakan saja untuk membeli hero (terkadang dapat hero legendary lho).

Sudah itu dulu saja. Semoga bisa membantu. Ini belum selesai, nanti saya kasih trik supaya might kamu cepat naik. Nantikan saja.

Post a Comment

23 Comments

  1. wah baru tahu tentang castle clash. kayaknya ramai juga. tahunya sih coc he he tapi belum pernah mainnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai mencoba.. nanti kecanduan mas hehe.

      Delete
    2. Boss mau nanya..barrak nya dmana bos...maaf bru aj download CC

      Delete
    3. Kalau di CC namanya bukan Barrack tapi base camp. Kalau digambar sih nggak ada yang namanya base camp, tapi saya namain pasukan. Disitu tempat rekrut pasukan.

      Delete
    4. Enter your name di mana sih nyarinya ko w telusurin g ketemu ya??? Mohon pencerahannya

      Delete
  2. bang, ganti bhs gmn caranya nih CC, kok bhsa turki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tentang pengaturan itu adanya di setting. Nanti ada pilihan bahasa, pilih aja english.

      Delete
  3. saya mau tanya nih..
    saya klik arena keluar enter you name,saat di buat nama tsb malah ada tulisan invalid...gimana caranya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah jarang mainin game ini gan.. jadi nggak bisa kasih solusi. Tapi mungkin itu disuruh masukin nama akun castle clashnya gan. Bukan nama agan.

      Delete
    2. Gimana sih bikin nickname di CC , gua coba" gagal terus , kasih saran dong

      Delete
    3. Sorry saya ga bisa jawab, coz dah ga main lagi gan. Setau saya sih ga ada nick name deh...

      Delete
  4. Kalo agan agan gak bisa kasi nama . berarti nama yang agan" masukan sudah terpakai orang ... Coba kombinasi dengan angka . atw cari nama lain . mungkin bisa membantu . thx'd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalau itu baru saya ngerti, thanks ya gan sudah ngasih tau.

      Delete
  5. Gan penghasil duit itu bisa habis ga ya? kalo awal main kan ada rumput, klo habis pngaruhnya apa? Satu lagi, pekerja itu fungsinya apa ya,dan pengaruh dri jumlahnya?
    Mohon pncerahan...(maklum newbie bgt..hehe)
    Thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry nih baru bales gan, penghasil duit atau tambang itu ga bakalan abis gan. Emang awal2 tambangnya kayak yang kuno gitu.. tapi kalo dah level atas mah gak ada. Pekerja mah buat upgrade barang.

      Delete
  6. trus cara gunain matrial bkat run lv6 gmna bro udah ada10 ini....?

    ReplyDelete
  7. gmna cra gnain bakat run lv6 yg ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti cari referensi ke web luar negri gan. Soalnya ane juga ga main ini lagi, maklum HPnya ga mumpuni.

      Delete
  8. Gan kalau bertarung di arena ko hero saya ga muncul ya cuma musuh nya aja..jadi cepet mati saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heronya harus diset dulu di hero altar gan. Caranya masuk hero altar, nanti set siapa yang mau ditempatin. Hope it help.

      Delete
  9. Gan koq gk ad penywrang lawan lain yg nyerang base saya sama box history nya tolong ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bug nggak?.. Masa ga diserang sama sekali?. Ya mungkin karena ini sudah di NOvember 2017, banyak gamers pindah ke game Moba. Mungkin sekarang jadi aga sepi. Wong saya sendiri juga udah setaun ga main game ini.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.