Saturday, 18 July 2015

Trafik nyungseb saat libur lebaran

Sudah beberapa hari tidak ngeblog ternyata trafiknya langsung jatuh sekali ya?. Benar-benar nyungseb sampai kedasar. Apakah anda juga mengalaminya?. Well, blog ini mengalami penurunan hingga 50% dari hari biasa. Ini wajar mengingat semua orang sedang sibuk bepergian (mudik) dan bersilaturahmi ke saudara terdekat sehingga mereka melupakan aktivitas browsing atau mencari informasi di internet untuk sejenak. Walapun begitu, pasti ada juga blog yang trafiknya meledak justru di saat trafik blog lainnya nyungseb semua. Blog apakah itu?. Saya tidak tahu. Yang jelas pasti ada. Setidaknya, trafiknya masih stabil dan tidak nyungseb. ^^

Namun saya meyakini, beberapa blog yang malah dihujani trafik saat libur lebaran diantaranya adalah blog Display picture dengan artikel tentang lebaran, Blog Meme Komik libur lebaran, blog tentang destinasi wisata, dan blog portal berita lebaran.

Trafik nyungseb saat libur lebaran

Blog Display Picture 'libur lebaran'

Blog display picture adalah blog yang menyediakan berbagai gambar untuk keperluan BBM atau juga dapat dipakai untuk Photo profil di berbagai sosial media. Sudah pasti keyword yang paling 'menyedot' pengunjung adalah 'ucapan lebaran, dp lebaran,'. Atau mungkin ketupat lebaran. Saat ini sudah banyak sekali pengguna BBM. Bahkan mungkin aplikasi lain digencet sama BBM karena setelah mendapat update, BBM jadi semakin rame. Untuk mengungkapkan rasa gembira saat datangnya hari raya 'idul fitri, tidak cuma dapat dilakukan dengan membuat kata ucapan saja tetapi juga bisa melalui gambar. Namun website semacam ini jumlahnya tidaklah banyak, Padahal pencariannya juga lumayan dan persaingannya di mesin pencari sangat rendah.

Tapi bagaimana dengan trafik artikel lainnya?. Saya rasa sama saja. Tetep saja nyungseb. Karena memang di momen liburan ini, artikel judul apa saja menjadi seperti 'kuburan'. Cuma sepi yang ditemani suara jangkrik.

Blog Meme Komik

Blog serupa dengan DP BBM yang mungkin bertengger di page one dengan trafik yang besar adalah blog Meme komik. Sekarang itu jamannya meme. Hm, anda sudah tahu meme komik kan?. Meme komik adalah sebuah gambar yang diberi kata-kata nyleneh sehingga dapat membuat orang yang melihatnya jadi cekikikan  hingga sakit perut. Karena blog ini juga merupakan penyedia gambar-gambar yang unik, tentu saja yang menginginkan juga banyak. 

Blog Destinasi wisata

Blog wisata adalah blog penyedia informasi seputar tempat-tempat wisata. Wajar kalau blog ini banjir trafik justru disaat liburan. Tapi logikanya sih, orang yang ingin liburan ketampat wisata tidak hari itu booking dan langsung berwisata bukan?. Tetapi sudah jauh-jauh hari sebelumnya. Biasanya aktivitas mencari destinasi wisata dilakukan pada saat seminggu atau bahkan sampai sebulan sebelum liburan. Sementara disaat liburan, trafik blog ini sama saja. Tetep nyungseb.

Blog portal berita lebaran

Didalam portal berita, sudah termasuk resep masakan lebaran, mudik, dan destinasi wisata juga. Blog semacam ini jumlahnya banyak dan persaingannya ketat sekali. Hari apa saja, mau hari raya, hari kiamat mungkin?. Berita tetap dibutuhkan. Dan salah satu cara untuk mendapatkan 'berita' adalah dengan mengakses website portal berita. Dengan unsur dramatis, blog portal berita bisa mendapat trafik yang besar walau semua orang sedang berlibur.

Dari semuanya, saya sudah mengambil benang merahnya. Apakah anda juga?. Pada intinya, kita bisa memanfaatkan momen libur lebaran untuk menjaring visitor dengan cara membuat artikel tentang libur lebaran juga. Dengan syarat, artikel tersebut sudah dibuat beberapa hari sebelum libur, bukan pas liburnya. 

Blog ini bagaimana ya?. hm, artikel paling laris dari blog ini adalah lirik sholawat. Dibulan apa saja yang menyokong trafik paling besar adalah lirik sholawat. Alhamdulillah berarti orang Indonesia dan Dunia masih pada cinta dengan nabi Muhammad. Tapi selain dari itu, trafiknya nyungseb sekali.

Ngomong-omong, dari tadi saya berkata nyungseb. Anda pasti  tidak akan menemukan kata 'nyungseb' di KBBI. Karena ini adalah bahasa sunda dari jatuh. Kalau tidak salah jatuhnya kepala dulu. Kalau salah ya mohon dibenarkan ^^. Maksudnya, kalau salah mohon dimaafkan karena manusia memang banyak salahnya termasuk saya. Mohon maaf lahir bathin ya.. jika selama ini saya sering bercanda lebay dengan anda. Selamat liburan!.

Artikel Terkait

4 comments