Ketahui jenis charger sebelum membeli HP

Membeli handphone apapun sepertinya adalah masalah kecil. Tidak perlu skill khusus untuk melakukannya. Namun ketidaktelitian anda bisa membuat anda menyesal membeli sebuah HP. Seperti halnya saya yang pada beberapa waktu lalu, saya pernah mencoba mencari charger ke pasar malam Jiung (Jakarta). Ternyata charger yang saya miliki itu adalah tipe langka yang tidak dijual di toko-toko pinggiran. Apa yang terjadi selanjutnya adalah HP tersebut kini nganggur tak dimainkan. Dijual pun tak laku, dan seandainya pun laku paling setara dengan makan nasi padang 5 bungkus. Lihat cerita saya membeli charger di : Menunggu malam sambil blogging

Nah, berikut ini adalah 3 buah charger yang saya kenal dan pernah saya pakai.


1. Charger "gepeng"

Agar google tidak marah dengan saya maka saya terjemahkan sedikit ke Inggris ya.
 "Gepeng", what is gepeng?. In Indonesia, gepeng also called by flat. It isn't always flat, but it may be something that has a small size of thickness.  Artinya gepeng yang saya masud adalah datar, dengan ketebalan yang tipis. Untuk lebih jelasnya mari lihat gambar.


Charger gepeng


Nah kurang lebih gambarnya seperti diatas. Anda bisa lihat bahwa colokannya benar-benar tipis.Charger ini adalah tipe yang paling sering ada dipasaran saat ini.

2.Charger "Nokia".

Charger Nokia?. Anda pasti sudah tahu, bila diimajinasikan bentuknya seperti jarum jahit, namun dengan diameter lebih besar. Gambarnya silahkan browsing sendiri. Karena saya tidak bisa mengambil gambarnya. Charger tipe ini masih banyak dipasaran, ini karena nokia masih menjadi kepercayaan para bapak-ibu di tanah air Indonesia ini.

3. Charger "Music Box".

Charger ini saya sebut musix box supaya mudah karena nama aslinya saya tidak tahu. Charger ini sama dengan charger diatas (gepeng) hanya saja pada sudutnya lebih menyiku. Biasanya dipakai untuk music box sehingga saat saya membeli charger ini penjual mengatakannya,"itu untuk musik box ya?". Charger ini jarang dipakai di smartphone, lebih kepada HP china dan kamera. Gambar yang saya ambil ini juga dari kamera, lihat selengkapnya di : Review kamera Olympus 14 MP dengan berbagai effect

Charger musik box


4.Charger langka

Charger ini sejujurnya tidaklah begitu langka, namun keberadaanya sulit ditemukan -.- 

Saya pribadi menyesal telah membeli HP ini. Maklum kepincut harganya yang murah meriah dengan embel-embel ada kameranya, bisa mutar mp3 lagi?. sudahlah tidak pelu dibahas. Yang ini saya sebut langka karena bentuknya benar-benar aneh. Sangat tipis, dan sangat lebar. Gambarnya tidak bisa saya tunjukan karena barangnya sudah tak kasihin keponakan dengan catatan saya benahi dulu supaya bisa dicharge dengan charger universal. Tapi bila saya gambarkan di photoshop kurang lebih seperti ini : 

Charger langka

5. Charger Universal

Ini bukanlah charger HP melainkan hanya charger yang dapat mengatasi masalah baterai jika 4 buah charger diatas tidak bisa anda temukan. Bentuknya anda sudah tahu?. Kurang lebih seperti ini : 

Charger Universal

Ini adalah alternatif jika anda sudah tidak punya pilihan dengan charger lama anda atau ketika anda mencari charger tersebut, ternyata masuk kategori langka. 

Banyak sekali ya chargernya?. Saya bukan tukang jual charger tetapi saya punya teman dan keluarga dengan hp yang berbeda sehingga saya mempunyai koleksinya. Sedikit tips dari saya, jika charger anda mulai rusak ambilah gunting atau peralatan tajam lainya yang bisa anda gunakan untuk memotong kabel charger anda. Lalu setelah anda gunting masukan ketempat sampah, dengan demikian anda tidak perlu lagi pusing memikirkanya. Hal ini juga selalu saya lakukan bila mendapati kabel charger yang sudah mati. Ini semua karena saya pernah punya pengalaman, marah-marah karena satu charger pun tidak menyala (mati semua).

Beberapa orang berkutat pada benda yang sudah mati dan ingin mereka hidup kembali. 
Ary setyobudi

Post a Comment

0 Comments