Memasak mie instan yang baik dan benar.


Memasak mie instan yang baik dan benar.


Salam sehat!

Mie instant mungkin bukanlah pilihan terakhir anda, bisa jadi anda memang gemar makan mie karena sekarang ini variasi rasa yang diciptakan tidak terbatas lidah. Dari Sabang sampai Merauke semuanya kenal dengan makanan instan ini. Bahkan sampai ke negara tetangga saja kita akan menjumpai mie siap santap dalam 5 menit ini. Itu semua karena kemudahan dalam membuat mie instant. Tidak pelu jago masak, tidak perlu skill khusus, bumbunya sudah tersedia tinggal masukan air dan celup, mie siap dihidangkan. Tapi apakah cara anda sudah benar?. Jika caranya salah, bisa jadi anda bernasib sama seperti kakak teman saya. Anda bisa membacanya disini.

Bagaimana memasak mie yang baik dan benar?

1. Nyalakan kompor
2. Didihkan air dalam panci.
3. Masukan mie, tunggu 3 menit. Sambil menunggu siapkan bumbunya.
4. Tuang mie kedalam mangkuk yang sudah berisi bumbu.
5. Buang air mie!
6. Cuci bersih panci sampai tidak ada minyaknya!

Nah begitulah cara yang benar. Mungkin saja kakak teman saya tersebut memakan mie dalam jumlah yang banyak dengan cara yang salah. Hasilnya bisa dilihat sendiri kan?. 


Mengapa harus dibuang airnya?

Air bekas memasak mie mengandung minyak. Jangankan nempel diusus, nempel ditangan anda saja sulit kan membersihkannya?. Anda bisa membayangkan tumpukan lemak menempel diusus dan sulit dibuang. Ini bukan menduga saja, saya pernah mengikuti seminar kesehatan sehingga saya tahu sedikit. Kalau tidak salah saat operasi usus, dokter sampai harus mencuci usus dengan air dari selang. Allahu 'a'lam, saya tidak tahu persis apakah itu benar atau tidak. Tetapi jika memakai logika, minyak yang disemprot air saja sukar hilang bagaimana diusus?. Intinya jangan dipakai lagi air bekas tersebut.

Cuci bersih pancinya!

Panci yang tidak bersih saat dicuci masih mengandung minyak, dikhawatirkan minyak ini nanti juga termakan oleh kita. Jadi bersihkan sebersih mungkin, jangan sampai ada lengket-lengket minyak yang tertinggal. 

Intinya, jika caranya benar mudah-mudahan hasilnya juga benar. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

2 Comments

  1. Cara masaknya sehat tetapi menurut banyak ahli mie instan gak sehat gimana coba jadinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak sehat kenapa masih dibuat mie?. Logikanya, mie itu boleh dikonsumsi, namun jangan berlebihan. Saya setuju kalau mie tidak sehat, faktanya saya tetep makan mie hehe.. yah sekarang harus dikurangi..

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.