Wednesday, 29 October 2014

Pentingnya deskripsi penelusuran pada blog


Pentingnya deskripsi penelusuran pada blog


Artikel ini saya tulis untuk pengingat saya pribadi dan juga atas saran suhu Devi dari sahabat blogger 77. Dulu saya sewaktu masih awam dengan blogger, saya sama sekali tidak mengerti mengapa artikel saya tidak kunjung masuk ke halaman pertama google. Namun sekarang saya menemukan jawabanya. 

1.Kualitas seo. 

Nilai seo memang penting untuk blog, terutama untuk masuk jajaran halaman pertama google. Nilai seo yang rendah mengakibatkan blog tidak segera dideteksi oleh google. Memang benar beberapa website berita memiliki nilai seo yang rendah, akan tetapi website berita sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Saking dibutuhkannya bahkan beberapa speed dial di Opera Mini atau pun di UC browser dipasangi portal berita. Itu sebabnya apabila  web sudah besar, tak perlu lagi mengkutak-kutik template agar seo friendly. Meski nilai seo-nya dibawah blog saya, tetap saja trafiknya besar luar biasa.


2.Deskripsi penelusuran.

Pada waktu itu saya memang sudah menulis sekitar 20 artikel, namun dari semuanya saya tidak mendapat kunjungan yang cukup. Alasan logisnya adalah karena robot google tidak mengindeks artikel yang saya buat. Setelah berguru, saya mendapati kalau saya belum mengaktifkan fitur deskripsi penelusuran.
Maka dari itu pada artikel ini saya coba mencatat kembali cara mengaktifkannya.

1.Buka dashboard anda > Setelan > Preferensi penelusuran.

setelan preferensi penelusuran
Klik ya, silahkan diisi deskripsi blog anda lalu klik simpan perubahan.


2.Untuk memberi deskripsi pada judul artikel. Silahkan buat artikel anda dan perhatikan setelan entri.

Setelan entri, deskripsi penelusuran


Deskripsi penelusuran ini nantinya akan membarntu pengunjung pada hasil search google. Sehingga agar pengunjung bisa tertarik melihat artikel yang kita buat, kita wajib membuat judul yang deskriptif. Judul yang mengandung makna sebenarnya, lugas, atau tidak ambigu. Sayangnya saya sering melanggar yang satu ini. Nantinya saya akan membuat judul yang baik.


contoh cuplikan deskripsi penelusuran


Kriteria judul yang baik adalah tidak terlalu panjang atau pun terlalu pendek. Menurut suhu Devi, judul yang terlalu panjang akan terpotong saat tampil digoogle. Kalau menurut saya pribadi, judul yang terlalu pendek tidak menarik pengunjung. Jadi bagaimana bisa membuat judul pendek dan menarik? Silahkan berfikir sendiri.

Ini adalah contoh judul yang kurang deskriptif.
Cara membuat gambar

Sedangkan ini adalah judul yang deskriptif
Cara membuat gambar dengan Ms.Word

Ini adalah contoh judul yang panjang atau longtail
3 Cara mudah membuat video di android gratis

Ini contoh judul yang pendek namun deskriptif
Skabies dan pengobatannya

Satu contoh lagi.
Gatal dimalam hari? Awas skabies!

Butuh sedikit waktu bagi google untuk mengindeks artikel baru kita terbitkan. Namun bila blog baru saja dibuat dan tidak belum begitu aktif, bisa jadi akan terindeks setelah berminggu-minggu.


Artikel Terkait

6 comments