Tuesday, 24 February 2015

Cara menjadi kontributor Pixabay + Dapat uang

Pixabay adalah website penyedia gambar berlisensi gratis yang cukup populer saat ini. Beberapa kontributor shutter stock juga menyumbang image di Pixabay. Saya pribadi sudah mengupload 10 gambar plus satu yang masih diproses oleh mereka. Lalu bagaimanakah caranya untuk menjadi kontributor di pixabay?. Mudah!

Cara mendaftar pixabay

1. Ambil Kamera anda sekarang!
2. Ambil gambar dengan resolusi tinggi serta kualitas yang bagus.
3. Pilih dari 10 gambar yang paling bagus untuk diajukan.
4. Punyai keanggotaan di Pixabay dengan cara mendaftar. Jika anda belum punya silahkan klik disini.
5. Setelah menjadi member, anda tinggal mengupload image yang sudah disiapkan sebelumnya.
6. Tapi... sebelum mengupload silahkan diperiksa dulu. Apakah image yang anda punya sesuai dengan kriteria dibawah ini?

Kriteria gambar di Pixabay

a. Lebar gambar salah satunya harus ada yang 1920 atau lebih besar. Misalnya jika resolusi yang anda punya adalah 1920 x 3400 pixel, maka anda sudah lulus syarat pertama.

b. Kualitas gambar tidak boleh jelek.
Iya lah!. Mana ada yang mau gambar jelek. Kalau muka anda jelek itu masih tidak apa-apa. Tapi jika sudah jelek lalu gambarnya pun begitu bagaimana orang mau melihatnya?. Mungkin ini kurang spesifik mari lihat poin berikut.

c.  Tidak boleh ngeblur, (ngeblur rata).
Ini juga saya rasa jelas. Gambar blur atau buram tidak bisa dipakai banyak orang.

d. Jangan abstrak/ buatlah yang dibutuhkan saja.
Terkadang gambar abstrak itu keren sekali. Tapi, kalau diperutukan, mungkin tidak ada yang mau memakainya. Gambar boleh indah, tetapi buatlah yang bisa dipakai oleh orang.

e. Jangan kotor.
Misalnya anda mau mengambil foto bak sampah. Kira-kira kalau bak sampahnya kelihatan kotor dan membuat mual yang melihatnya apakah ada yang mau mendownload?. Saya rasa tidak. Jadi kalau mau mengambil foto bak sampah pastikan untuk membuang sampahnya lebih dulu. Cuci kalau perlu dan barulah lakukan pemotretan.


7. Silahkan masuk ke akun anda dan pilih upload image
8. Pilih upload.
9. Lakukan tagging atau pelabelan dengan benar. Misalnya gambar anda adalah tentang blog. Maka beri label blog, blogging, blogger. Jangan keluar dari tema dan tidak spesifik. Usahakan pelabelannya jelas. Harus ada 3 label minimal.

Lihat screenshot dibawah ini dengan seksama.

Seleckt files pixabay




Open image in my computer

Wait for loading


Tagging process


Selesai. Lho?. Dapat uangnya kapan??

Karena di Pixabay ini sistemnya gambar kita boleh dipakai orang secara gratis maka kita hanya bisa mendapat bayaran jika ada orang yang memberi donasi lewat paypal. Jadi, tinggal tunggu apakah anda disetujui atau tidak. Jika iya, kabar baiknya anda bisa langsung memasang akun paypal anda disana. Jadi kalau ada yang mendownload dari luar negri dan cukup berbaik hati maka anda akan mendapat donasi secangkir kopi seharga 12 ribu rupiah. Nikmat kan?.  Anda juga bisa memberikan link website anda disana jadi kalau ada orang asing yang ingin berguru cara design atau apa itu bisa langsung mengunjungi website anda.

Sulit bro kalau begitu caranya.

Lha?. Siapa yang bilang mudah?. Diawal saya bilang mudah adalah untuk bagian mendaftar dan jadi kontributor. Sedangkan untuk mendapat uang mungkin anda harus serajin salah satu member pixabay, Skeeze. Dia join 9 bulan dan sudah mengupload kurang lebih 3300 gambar!. Sudah didownload 222.095 kali. Aneh sekali kalau dia mau membagikan foto kualitas tinggi ini secara GRATIS. Itu tidak mungkin kalau dipikir secara logika. Melakukan pemotretan butuh uang, tenaga dan juga pikiran. Menguploadnya saja juga perlu tindakan. Lalu kalau tidak ada "cecingnya" masa iya orang melakukan itu suka rela?. mikir. Berarti memang dia mendapat donasi yang cukup besar dari sana. Entahlah. Ini hanya dugaan saja. Saran saya, jangan paksakan kalau tidak mampu. Saya mencoba karena ingin tahu yang besar dan juga keyakinan akan peluang. Saya tidak perduli kalau itu tidak berhasil, setidaknya saya sudah mencoba. Hanya 2 kemungkinan, berhasil atau jadi ahli menggambar.


Kalau pun tidak dapat uang, menjadi kontributor anda sudah dapat..

Karya anda akan dipajang diblog orang dan banyak website didunia. Bukan tidak mungkin foto anda masuk website terkenal. Nanti orang cari, ini siapa fotografernya??. Lalu mereka mulai menghubungi anda. Buatlah diri anda punya mindset orang sukses. Jika dari awal anda sudah berpikir "susah lah.. gagal lah.. ribet lah.. pusing.." bagaimana mau sukses sedangkan untuk sukses memang perlu susah-susah duu, ada kegagalan, yang jelas juga harus ribet. Mereka yang sukses adalah yang berhasil menghapus semua pikiran yang memblok jalan kesuksesan itu sendiri.

Solusi lain jika ingin dapat uang

Jika anda ingin mendapat bayaran tinggi, ikutlah shutter stock. Disana setiap item yang didownload diberi hadiah 3 ribu rupiah lebih. Jika anda punya 500 item dengan satu harinya ada 100 download saja, sehari sudah menghasilkan 300 ribu. Sebulan sudah 9 juta. Tapi, namanya juga perjuangan. Tidak semudah yang kita bayangkan. Persaingannya sangat lebih ketat dari ukuran celana Mrs.Puff, si ikan kembung yang selalu menguji sponbob untuk dapat SIM tapi selalu berakhir dengan menabrak sesuatu lalu jadi menggelembung. Namun ya, setelah sukses semua terasa nikmat. Senikmat satu cangkir kopi dari pixabay.

Untuk caranya daftar di shutterstock anda boleh melihat dulu artikel dari vecktoringgraphic disini

Semua dibahas total olehnya. Gampang dihubungi dan bisa diajak ngobrol. Kalau saya, bukan member shutter stock jadi jangan tanya saya.

TUNGGGUU!
SAYA TIDAK PUNYA KAMERA!, CUMA PUNYA SOFTWARE MENGGAMBAR. BOLEH JOIN TIDAK?.

Kenapa tidak?. Anda boleh bergabung asalkan image yang anda punya juga masuk kategori diatas. Dan yang pasti bisa dipakai oleh orang. Saya sendiri lebih suka ilustrasi dari pada foto. Saya memasukan semua hasil karya disana. Semoga beruntung.

Artikel Terkait

10 comments