Kata kasar yang paling sering disebut saat marah

Saat marah orang akan langsung nafsu untuk mengucapkan sesuatu. Dan orang yang jarang menuntut ilmu seperti saya biasanya adalah kata yang kasar yang keluar. Padahal, kalau saya melihat agama. Islam adalah yang cukup melarang soal ini. Menggerutu, mengumpat dan sebagainya saja sangat tidak dianjurkan. Tapi namanya juga manusia suka lupa. dan juga memang setelah berteriak, emosi sedikit reda. Apa lagi kalau teriaknya tidak pakai suara.

Ketika boss warnet marah.

Saya pernah menjumpai orang diwarnet. Ini orang rada sedeng sih. Jadi temen saya sudah mesen di bangku nomer 1. Tiba-tiba orang ini main pake dan klak klik sana-sini. Entah mau ngapain Si penjaga warnet cukup sabar, dia menasehati orang ini dengan berkata,"maap pak ini udah dipesen, bapak di nomer 2 aja kan kosong?". Lalu reaksi si orang ini apa?. Dia diem saja cengigas cengingis seolah-olah gila. Dan saya pun merasa ilfil dengan hal itu. Penjaga warnet bilang lagi, "Paaak, maap ini sudah dibooking. Bapak pindah aja ke nomer 2, itu kosong pak belum dipake". Masih belum berubah reaksinya. Saya saja sampai melihat giginya yang ompong karena meringis terus.

Tiba-tiba penjaga warnet mengambil segelas air dan dibuat kumur-kumur. Proot.. kena muka si bapak ini. Langsung sadar sobat. ^^  Tidak, ceritanya begini. Jadi dia langsung berteriak "Astagfirulaaaah!!!". Dia lalu mengusap mukanya sendiri. Saya melihat dia ambil wudhu dan setelah itu si bapak yang duduk langsung pindah. Alhamdulillaah. Begitu sobat cara yang benar. Tapi ya, jarang orang seperti itu.


Hmm mari kita teruskan saja ke artikel,

Bagong, kata kasar disunda tapi halus/biasa dijawa.

Bagong adalah bahasa kasar dalam bahasa sunda. Ini karena biasanya orang sunda mayoritas mengatakan ini kalau sedang marah. Ya, bagong baik dalam bahasa sunda ataupun jawa memiliki arti yang sama yaitu babi. Tapi ada yang unik dari kata ini, yaitu kenapa di Jawa ada orang disebut bagong dan mereka sama sekali tidak marah?. Hal ini karena di Jawa, bagong adalah kata yang tidak pernah disebut ketika marah.Dan dalam kehidupan sehari-hari, kata bagong ini saya sendiri tidak tahu kenapa dipakai untuk sebutan orang. Jadi kalau anda memaki orang jawa dengan bagong, mungkin mereka senang.

SAIDI BAGONG

Kapak adalah bahasa kasar jawa

Hal ini juga terjadi pada kata kapak. Kapak adalah alat untuk menebang kayu. Tapi kenapa di jawa, kata kapak ini sangat kasar?. Entah dari mana ceritanya saya juga kurang tahu. Memang kalau dipikir itu lucu, misalnya saya marah kepada anda lalu saya katain kapak!!.Apa reaksi anda?. Tidak sobat, kata ini sangat kasar dan tidak boleh diucapkan. Saya sendiri menulis kapak (bukan bahasa jawa sebenarnya) karena takutnya nanti anda ikut-ikutan bilang dancok saat marah. Eh..

Kata lain yang sering disebut ketika marah adalah,

Heli, si 'anjing' yang lucu

Saya tahu lagu anak-anak ini rupanya sering dinyanyikan orang dewasa juga. Mungkin terngiang dikepala sehingga ketika marah pun heli disebut-sebut. Kenapa tidak menyebut Allah saja ya?. Karena setan memang suka dengan kata kasar. Kalau kita mengucap istighfar, maka mereka kesal dan mengumpat. Jadi mereka menggoda kita supaya berkata demikian, jika berhasil mereka senang bergembira dan jingkrak-jingkrak. Kata ini sih dimana-mana ada. Mungkin ini juga pertanda kenapa anjing itu liurnya dinajiskan terberat.

Oya jangan namai anak sembarangan, meski hely adalah nama yang bagus mungkin hiena lebih keren. Hiena juga nama binatang. Jarang disebut, tapi juga jangan dipakai untuk nama anak. Berilah nama anak yang baik-baik semisal Abdur rahman, Siti Rohimah. Mengikuti dari Asma'ul husna.

Saya rasa segitu dulu saja. Nanti kalau ada yang aneh dari sebuah bahasa akan saya bahas lagi. Karena bahasa itu beragam ada yang baik dan buruk. Pastikan anda tahu mana yang baik untuk digunakan dan meninggalkan yang buruk.

Post a Comment

6 Comments

  1. saya kadang keluar "kampret' nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih sial.. atau demn!. Gitu mas.. he. Tapi harus dibiasain istighfar..

      Delete
  2. Alhamdulillah saya gak pernah dikatain demikina hehe

    ReplyDelete
  3. Hahaha aku baru tau kalo bagong itu nda babi. Padahal sunda juga. Efek nggak dibolehin kata kasar sama ayah. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak boleh atu neng.. marah nyebut itu mah. Nyebut mah Allah. ^^

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.