Sunday, 7 June 2015

Marhaban ya Ramadhan! Puasa sebentar lagi!

Alhamdulillah.. sebentar lagi kita yang muslim bakal memasuki bulan suci Ramadhan. Senang sekali pastinya, karena saya pribadi sangat merindukan suasana puasa. Dari mulai jam 3 pagi kita sudah bangun untuk sahur, subuh berjamaah, sampai buka saat magrib bahkan diteruskan dengan sholat malam hari, semuanya dihitung ibadah. Apa lagi yang kurang?. Dibulan suci Ramadhan kita juga diberikan hadiah spesial oleh Allah SWT. Dimana pada tanggal 17 dan malam ganjil setelahnya kita semua insyaAllah akan mendapat malam Lailatul Qodar. Malam Lailatul Qodar adalah malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Pada malam tersebut suasana alam menjadi tenang hingga pagi hari. Ah Pokoknya puasa itu ajib banget deh..


Senang dengan datangnya Ramadhan saja ada hadiahnya!

Ya, kalau anda pernah ngaji, bersenang dengan datangnya bulan Ramadhan saja, Allah sudah menjanjikan jasad kita haram disentuh api neraka lho?. Pernah suatu ketika saya mendengarkan kultum. Bahwa pada dasarnya manusia itu berdosa. Dan hukuman bagi orang yang lebih berat dosanya dari pada pahalanya adalah neraka. Tapi, khusus untuk yang senang terhadap datangnya bulan Ramadhan insyaAllah, meski dicemplungkan ke neraka pun kita tidak merasa panas. Begitulah inti dari kultum tersebut. Jadi bersenanglah ketika sudah dekat dengan Ramadhan.  Dan ini adalah DP BBM-nya.. 

Puasa sebentar lagi


Hadis makan sahur

Hari pertama puasa diawali dengan makan sahur. Biasanya kita yang tidak terbiasa bangun pagi jam 3 akan merasa nguantuk sekali. Bahkan mungkin jika disodorkan ayam panggang didepan muka kita sekali pun, kita masih sulit buat bangun. Makanya kadang ada juga yang tidak sahur tapi tetap puasa. Sayang sekali sih, karena sahur itu sunnah dan Rasulullah Saw pun juga menganjurkannya. Berikut sabdanya, :




Harus sahur ya!

Jadi sebaiknya kita selalu menyempatkan makan sahur. Wong cuma makan aja kok susah?. Kecuali kalau sebelum makan sahur kita disuruh lari pagi dulu keliling bundaran HI 10 kali. Mungkin saya juga mikir-mikir lagi. Tapi kan ini hanya bangun sebentar, makan dan sikat gigi (wajib) lalu sholat subuh. Kadang saya juga ketiduran sih pas nunggu subuh ^^.  Makanya disunnahkan untuk mentakhirkan sahur atau sahur disaat sebelum imsyak. Kira-kira imsyak itu 10 menit sebelum sholat subuh. Dan kita makan 10 menit sebelum imsyak. Jadi perhitunggannya, kita bangun 20 menit sebelum sholat subuh so, sunnahnya dobel-dobel. 



Dulu saya pernah punya pengalaman waktu SD kelas 2. Waktu baru pertama kali mencoba puasa satu hari penuh. Saya puasa latihan dulu dari kelas satu SD setengah hari dan baru pas kelas 2-nya seharian penuh. Dan gara-gara ketiduran, jadi tidak sahur. Beuh!. Mantep bener itu puasa. Saya sore hari sekitar jam 5 itu gemetaran. Kaki serasa tidak kuat menahan badan. Baru kali itu saya kelaparan dan kehausan sampai gemetar. Jadi sahur itu walaupun sunnah, sebaiknya kita jadikan wajib saja. Toh enak kan?, makan pagi, bangun pagi, sehat broh.


Sahur on the road

Untuk yang hobi Sahur On The Road atau yang biasa disingkat dengan SOTR. Saya hanya mengingatkan saja, supaya hati-hati. Bulan Ramadhan memang mengurangi kejahatan. Tetapi bukan berarti hilang sama sekali. Kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa kita. Sehingga jangan sampai kegiatan yang bertujuan untuk membantu 'saudara' kita malah menjadikan kita dalam keadaan yang sulit. 




Setelah sahur dan menunaikan ibadah sholat subuh, selanjutnya dari mulai terbit fajar kita sudah masuk waktu puasa. Mulai dari waktu tersebut kita harus mulai menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa. Yang sering saya lihat sih minum disengaja. Karena jujur saya juga pernah melakukannya. Itu waktu SD. Namanya juga anak kecil. Dan waktu itu saya juga harus membatu nenek untuk mengangkut batu yang selanjutnya bakal dipecah dan dijadikan seukuran jempol orang dewasa. Kalau itu masuk ke pekerjaan yang berat seperti kuli panggul ya berarti bisa di qodo. Tapi akhirnya juga tidak di qodo. -.-

Selamat berbuka puasa!

Dan waktu yang paling dinantikan selanjutnya adalah berbuka!. Biasanya 1 jam sebelum buka itu ibu-ibu sudah sibuk menyiapkan minuman segar dan makanan pembuka semisal kurma atau es buah. Hal yang sering terjadi adalah kita lupa doa. Karena sudah nunggu bedug selama satu jam dan disambi nonton tv yang iklannya sirop cap mbah marijan, saya juga pernah bahkan sering langsung nyruput air berwarna. Ingat ini hanya DP BBM saja, bukan buat 'ngiming-ngimingin' anda ya..




Sholat Isya dilanjut dengan tarawih

Setelah selesai berbuka dengan yang manis, kita sebaiknya menunaikan sholat Magrib dulu baru dilanjut makan besar. Dan setelah selesai, maka tinggal nunggu Isya dan Sholat tarawih. Tapi sepertinya untuk tahun ini saya tidak bisa full sholat tarawih berjamaah. Karena saya diperusahaan sudah dibagi shift. Jadi paling kalau benar-benar niat saya akan sholat tarawih sendirian dirumah. Sholat tarawih itu tiap-tiap malamnya punya 'hadiah' tersendiri. Misalnya untuk malam pertama sholat tarawih. Akan dihapus dosa-dosa kita seakan-akan kita adalah anak yang baru lahir (suci). Jadi jangan sampai kelewat tuh. Hanya saja untuk malam pertama pasti masjid penuh sesak. Baru setelah minggu ke dua nanti masjid akan terasa melebar. Yang saya kagumi dari masyarakat RW 5 Sunter Muara, itu mushola tidak pernah kosong. Kecuali kalau mau lebaran, soalnya semua pada mudik. Hmm ini dia DP BBM khusus buat 'superman' yang mau tarawih.



Itulah sedikit DP BBM kegiatan kita dibulan suci Ramadhan. Semoga Ramadhan tahun ini kita diberi kesehatan supaya dapat menunaikan puasa sebulan full tanpa bolong. Amin. Boleh tekan tombol share-nya koq ^^

update 18 Juni 2015

Mohon maaf, dp yang saya buat ini belum diuji coba semua. Saat ini baru yang nomer satu, sotr dan hadis sahur saja yang bisa bergerak di perangkat android saya (samsung galaxy v). Nanti akan diperbaiki segera. Termakasih

Fix, semua Dp bisa bergerak. Tapi kualitasnya harus diturunkan. Kedepan sebelum terbit akan saya uji coba terlebih dahulu.

Artikel Terkait

10 comments