Friday, 26 June 2015

Susahnya mengambil gambar (selfie) dengan kucing

Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat dekat dengan manusia. Tak heran jika kini banyak orang menjadikannya sebagai teman selfie. Termasuk dalam hal ini saya sendiri. Itu karena pupil mata kucing yang membesar disaat malam hari sangat menggemaskan. Walaupun tidak di malam hari, kucing tetap saja menggemaskan.

Namun untuk mengajak musuh bebuyutan tikus ini ber-selfie ria ternyata cukup sulit juga. Sebab kucing adalah hewan yang tidak sepintar monyet atau anjing yang bisa dilatih untuk diam, duduk, atau mengambilkan sesuatu. Saya pribadi untuk mengarahkan kepala kucing buat menatap kamera saja merasa agak kerepotan. Beruntung si 'unyu-unyu' ini masih 'balita'. Jadi masih mau digendong-gendong walau dengan satu tangan. Berbeda dengan 'bapaknya' yang berat sekali saat digendong.


Jika selfie saja sesulit ini, saya bertanya-tanya, bagaimana seorang photografer profesional melakukan pemotretan terhadap kucing atau hewan lainnya ya?. 

Karena penasaran, saya pun mencari artikel di google. Ternyata ada teknik khusus buat mengambil foto kucing dengan baik. Berikut ini saya kutip dari ternakkucing.blogspot.com

Cara membuat Foto Kucing yang Jelas dan Tidak Blur.
  • Sebaiknya gunakan Kamera DSLR (Digital Single Lens reflex) Karena kucing selalu bergerak dan tidak bisa diam. 
  • Lakukan pemotretan dengan cahaya yang cukup, bila cahaya terlalu gelap gunakan Lampu kilat.
  • Fokuskan pada mata kucing.
  • Hindari Getaran, atau goncangan pada saat meng Klik kamera.
  • Fokus kan pada mata Kucing, karena mata mencerminkan ekpresi kucing.
  • Ulangi pemotretan beberapa kali sampai mendapat gambar yang paling jelas.
Dari tips diatas, saya menggaris bawahi kata "fokuskan pada mata kucing". Menurut saya, mata kucing itu memang bagian kucing yang paling menggemaskan. Tapi karena kucing itu tidak bisa diam jika melihat benda bergerak atau suara cicak dan sebagainya, maka mengambil gambar kucing bisa sangat tricky.

Nah berhubung disini saya cuman orang biasa (bukan photografer) dan juga tidak punya tripod atau hp berkamera 13 Mp buat selfie, maka ya hasilnya seadanya. Tapi minimal buat diabadikan masih bisa. Tips diatas itu diperuntukan bagi mereka yang ingin mengikuti kompetisi internasional pemotretan kucing. Bukan untuk tukang selfie amatiran seperti saya ^^.

Ini dia hasil foto selfie saya bersama kucing.

ciluk baa


Tadinya ada banyak sekali photonya, tapi menurut saya semuanya failed. Hanya yang ini saja yang saya rasa masih sedap dilihat. Kamera saya juga tidak memadai maka hasilnya ya seperti itu. Maklum, kamera vga. Oya, karena saya terlalu fokus sama si kucing, jadinya mata saya tidak melihat kamera. Meski demikian, saya tetap memajang ini sebagai photo profil saya baik di google plus maupun facebook. Sebetulnya saya juga punya beberapa video lucu pas dia dan saudaranya sedang minum susu. Tapi mungkin saya uploadnya nanti saja di youtube, kalau diblog terlalu berat.

Simak juga :
- Keluargaku dan kucing peliharaan
- Cara memandikan kucing kampung

Artikel Terkait

20 comments