Nasi kucing vs nasi bebek

Pernah makan nasi kucing?. Hm, rasanya gimana sih?. Mungkin anda penasaran.. Untuk itu saya ingin bercerita tentang bagaimana saya makan nasi kucing pertama kali. 

Jujur, seumur hidup saya, baru pertama kali ini saya makan nasi kucing.  Awalnya saya ingin mencari makan malam. Biasanya sehabis buka puasa, saya tidak langsung makan. Tetapi menunggu setelah sholat tarawih. Itu karena kalau langsung makan berat biasanya perut jadi begah dan tidak enak saat sholat tarawih.

Didalam perjalanan saya mencari makan (di sunter muara), saya tidak menemukan sesuatu yang beda. Kebanyakan ya nasi goreng atau mungkin warteg saja. Kadang ada juga nasi uduk yang buka malam hari. Tapi untuk malam tersebut saya tiba-tiba tertarik untuk mencoba nasi kucing. Saya tidak tahu persis itu apanya yang nasi kucing?. Kenapa disebut nasi kucing. Yang jelas menurut pemikiran saya, nasi kucing itu ya nasi campur lauk pauk. 

Kucing dan bebek gif

Pertama saya masuk dan duduk diwarung nasi kucing tersebut. Lalu karena ditanya oleh penjual ya saya bilang "nasi kucingnya satu". Si penjual agak bengong sedikit. Entah mikir apa. Tapi tangannya mulai mengambil bungkusan sebesar kepalan tangan anak balita. Saya lihatiin aja. Jadi?. ini yang namanya nasi kucing?. Kok sedikit sekali?. Baru tahu saya, mungkin si penjual heran. Baru kali itu ada yang beli nasi kucing cuma sebungkus terus dimakan ditempat lagi. Duh..

Karena gengsi, akhirnya saya bilang "mas dua aja deh". Lalu saya disodori sendok. Batin saya "Nasi aja dikit kok pake sendok?". Biasanya saya makan itu satu piring kadang nambah lha ini cuman dua kepal saja?. 

Bungkus pertama saya buka. Saya tambah kaget aja. Kenapa isinya cuman nasi dan secuil daging ikan asin?. Hmm.TT nelongso amat ya?. Karena saya dilihatin sama orang lain yang juga beli nasi kucing akhirnya saya makan saja cepat-cepat.  Beberapa suap sudah saya makan, seret geuningan..  si penjualnya langsung nawarin, "minumnya apa mas?". Saya cuma pesan teh manis saja. 

Bungkus kedua saya buka. Masih dengan nasi kucing, karena gengsi..akhirnya tangan saya bergerak menuju 'pejit'. Pejit itu usus ayam, hati, kadang daging juga. Tapi biasanya sih usus ayam. Saya sambar saja lah dari pada malu. Masih tidak puas, saya makan lagi gorengan satu.

Well, semuanya jadi 9000 rupiah. Alhamdulillah buat ganjal perut.

Sekarang saya tahu apa itu nasi kucing. Nasi kucing memang benar-benar nasi tambah lauk pauk (ikan) yang ditujukan buat makan kucing. Tetapi saat ini dijual untuk kalangan yang hobi makan sedikit dengan harga murah.

sementara nasi bebek sendiri saya belum pernah coba. Berdasarkan pengalaman teman saya, nasi bebek itu ya nasi tambah bebek goreng dengan sambal. Sepertinya nasi bebek lebih layak buat dimakan deh ketimbang nasi kucing. Karena kalau beli nasi bebek sudah pasti dapet bebek gorengnya. Kalau beli nasi kucing cuman dapet nasinya saja kucingnya enggak. Dan lagi dari segi rasa, sepertinya juga lebih enak nasi bebek. 

Kira-kira jika anda jadi saya, apa yang anda lakukan diwarung tersebut?. Nambah lagi atau cepat-cepat disudahi saja?. Silakan berkomentar.

Post a Comment

4 Comments

  1. Wah kalo saya mah bungkus aja dah, daripada makan diliatin orang-orang yang keheranan. Saya juga belum pernah nyoba tuh Mas. Saya pikir nasi plus kucingnya?? Hehehe... Kucing yang dipegang Mas Ary tuh di pp G+

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, hehe saya pikir beli nasi dapet kucing satu gitu. Iya itu unyu banget hehe.

      Delete
  2. kalau saya mending di sudahi aja deh dari pada malu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sumpah saya juga malu bingit waktu itu. But it is old story..

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.