Mencoba modem usb Huawei e3131a

Modem usb merupakan modem yang berbentuk mirip dengan flashdisk. Modem usb dapat dipakai dimana saja karena bentuknya yang mungil. Saat ini sudah tidak jaman seorang siswa harus belama-lama diwarnet dan menghabiskan banyak uang disana hanya untuk browsing. Karena dengan modem Usb dan membeli paket data sebesar 30 ribu rupiah saja kita bisa browsing dirumah selama lebih dari 3 minggu.

Tentunya, tergantug dari pemakaian. Jika yang di jelajahi adalah gambar, maka kuota lebih cepat habis. Akan tetapi ini sudah termasuk hemat jika dibandingkan dengan ke warnet yang apabila kita sehari menghabiskan 5000 saja, maka satu minggu kita sudah menghabiskan 30 ribu rupiah.

Modem usb kini dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Ada yang 100 ribuan sampai yang paling mahal, 500 ribuan. Jika harga ini menurut anda terlalu mahal, anda masih bisa menggunakan android sebagai modem. Tapi jika anda tetap lebih suka memakai modem usb dengan alasan lebih praktis, maka tidak ada salahnya anda mencari daftar harga modem terbaru. Dengan begitu anda bisa membeli modem yang terbaik dan termuah.


Modem usb Huawei e3131a. Saya membelinya kira-kira tahun lalu. Saya tidak ingat kapannya. Yang jelas tahun lalu. Pada awal memakai, saya sebetulnya mengalami kebingungan. Bagaimana cara memasang kartu SIM dan bagaimana cara menyambungkan untuk internetan. Namun dengan sedikit coba-coba akhirnya ketemu juga. Karena anda mungkin datang kesini dengan kata kunci 'cara pakai modem usb' maka saya akan sedikit menjelaskannya. Langsung saja.

Menghubungkan modem usb ke pc

1. Buka cover atau penutup modem. Kalau modem anda baru biasanya agak susah membukanya. Saya sendiri untuk membukanya memakai pisau dapur.

2. Lihat gambar diatas, yang warna orange itu adalah kartu SIM. Masukan saja SIM card anda.

3. Colokan ke laptop. Pada gambar diatas sudah dalam posisi dipakai.

4. Tunggu untuk install driver secara otomatis. Kalau ada bacaan next, tekan saja terus sampai proses selesai.

5. Buka aplikasi Mobile Partner yang sudah diinstall.

Nanti tampilannya kurang lebih seperti ini.

Tampilan mobile partner huawei


Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, banyak sekali fiturnya, Coba saya sebutkan satu per satu.

  • SMS = ini untuk berkirim pesan singkat. 
  • Statistik = menampilkan data statistik dari kekuatan sinyal.
  • Dial = untuk menelpon
  • Phone book = buku telpon, tempat nomer hp disimpan
  • Setting = mengatur modem sesuai keinginan
  • Data tracking = men-track atau merekam pemakaian data.
  • Wifi = untuk terhubung dengan internet tanpa kabel. Bisa untuk lebih dari satu pc/perangkat
  • Lampu indikator = melihat kuat atau lemahnya sinyal secara langsung.
Selama satu bulan ini saya menggunakan modem colok dengan alasan karena hp advan saya rusak parah. Dan harus diganti dengan yang baru. Selama menunggu dana masuk, saya terpaksa harus sms-an telponan dan internetan dengan modem colok/usb.

Untuk harga modem Huawei e3131A ini dulu saya beli seharga Rp.130.000. Sekarang mungkin turun atau justru naik karena nilai rupiah sedang jatuh bangun.

Post a Comment

2 Comments

  1. Saya punya modem Huawei E3131A, tapi ketika dipakai untuk menelpon kenapa failed terus ya. Ada solusi untuk masalah ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tahu gan.. Trouble shotnya kan suka ada ya. Kalau dipake sms bisa seharusnya buat nelpon juga bisa.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.