Perbedaan Pos dan Laman di blogspot

Pertama kali ngeblog, saya tidak tahu apa perbedaan Pos dan Laman di blogspot. Kini semua itu sudah luar kepala. Karena setiap hari selalu berkutat dengan itu dan juga selalu belajar. Untuk menerangkan perbedaannya saya akan pakai contoh saja karena saya tipe orang yang kalau tidak dicontohkan maka tidak cepat paham. 

Pengertian Post

Post adalah tempat dimana kita akan menulis semua artikel. Kita sering menyebutnya dengan halaman posting. Atau halaman yang nantinya akan diindex oleh google sehingga bisa dilihat oleh semua orang. Untuk membuat postingan terbaru atau artikel terbaru maka kita membuatnya melalui tombol Enteri baru/New Post. Didalamnya nanti ada mode menulis Compose dan HTML. Kemudian pada Pos, disitu ada settingnya berupa Labels/tag dan juga beberapa settingan lain. 

Perbedaan Pos dan Laman di blogspot

Pengertian Laman

Laman adalah tempat yang ditujukan untuk menulis halaman Tentang saya, tentang blog, Kebijakan privasi, dan juga laman lainnya. Ini diindex oleh mesin pencari tapi tidak ada orang yang mencari halaman seperti ini. Buat apa?. Sehingga kalau kita mengetik misalnya "kebijakan privasi" pada mesin telusur, tanpa ada tambahan "everythinglearning blogspot dot kom" misalnya, sulit untuk menemukan halaman kebijakan blog ini. Paling mesin telusur akan memberikan kebijakan privasi miliki website tertentu atau artikel yang menerangkan tentang apa itu halaman privasi. Nanti setelah anda sampai diblog ini barulah anda bisa menemukan laman tersebut.

Untuk memahaminya, coba silahkan buat satu laman saja. Ikuti cara dibawah. Lalu setelah itu publikasikan. Coba cari di home page blog anda, apakah anda menemukan laman yang baru saja dipublikasikan?. 

Mengenai letak dari laman sebuah blog, itu berbeda-beda. Saya pribadi meletakannya dipaling atas dibagian menu.

Oya, pada laman biasanya tidak ada pengaturan label/tag, penjadwalan dan lain-lain. Hanya ada deskripsi penelusuran saja. Yang jelas anda sudah mulai paham kan apa perbedaannya?. Sekarang yang menjadi pertanyaan?. Sudahkah anda membuat halaman kebijakan privasi, tentang blog dan saya?. Jika belum, mulai sekarang anda bisa melakukannya.


Untuk dapat menggunakan laman kita tidak bisa langsung klik enteri baru melainkan harus menuju dashboard>laman>laman baru. Perhatikan gambar dibawah ini.


Laman baru

Setelah itu buat halaman about me anda. Jelaskan saja anda ini siapa?. Supaya saya bisa kenal dekat dengan anda caranya bagaimana?.

Setelah selesai, anda bisa langsung melihatnya. Dengan cara klik view/lihat pada Laman>view. Lihat gambar dibawah.

Klik view page


Untuk cara menaruhnya diblog, anda sebelumnya harus memiliki menu navigasi. Atau paling mudah bisa dengan menambah widget "page". Nanti semua laman yang anda buat akan muncul disana.


Pemasangan widget laman diblog


Silahkan Pergi ke Dashboard>Layout>klik Add gadget> Pilih pages/laman. Lalu silahkan diatur sesuai keinginan. Contohnya dibawah ini.



Pengaturan sebelum pasang


Anda boleh melihat laman milik saya agar lebih mengerti. Fungsi dari laman tersebut.
Ini contoh laman Kebijakan Privasi.
Yang ini contoh laman tentang saya 
Anda juga harus membuat sanggahan atau disclaimer.

Saya harap anda mengerti sekarang.

Post a Comment

27 Comments

  1. saya juga menggunakan laman untuk about privacy dll

    makasih mas info bermanfaat untuk blog, bisa bikin laman mandiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah mas.. Mas Wong kan udah jago hehe..^^

      Delete
  2. Untuk laman, saya gak pernah pakai add gadget mas Ary, gak apa-apa khan?? Paling sering ya selalu new page, nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan beda-beda mas.. menyesuaikan templatenya. Template ini sendiri sudah disertai gadget page yaitu dimenu bar paling atas. Kadang ada yang meletakannya difooter.

      Delete
  3. Jadi tambah ilmu, makasih mas infonya ^^

    ReplyDelete
  4. Jadi penting gak sih ngeposting laman? Maaf newbe hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat penting apabila tujuan ngeblog adalah untuk mencari uang. Saat ini juga ada peraturan google yang mewajibkan sebuah website untuk memberitahu pengunjung bahwa website tersebut menggunakan cookies. Dan tempate memasang cookies adalah di laman bukan di halaman posting (new post).Apa bila sebuah blog bertujuan untuk pribadi maka tidak perlu memasangnya. Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  5. Makasih jadi ngerti sekarang,,,,,,

    ReplyDelete
  6. saya baru aja ngalamin seperti kata admin "Pertama kali ngeblog, saya tidak tahu apa perbedaan Pos dan Laman di blogspot" hehe
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjugannya.. kita sama-sama masih belajar kok.

      Delete
  7. Terima kasih, sangat bermanfaat... salam.

    ReplyDelete
  8. thanks share nya bro, sangat membantu ane yang newbie di blogger :D

    ReplyDelete
  9. Sangat penting apabila tujuan ngeblog adalah untuk mencari uang. Saat ini juga ada peraturan google yang mewajibkan sebuah website untuk memberitahu pengunjung bahwa website tersebut menggunakan cookies. Dan tempate memasang cookies adalah di laman bukan di halaman posting (new post).Apa bila sebuah blog bertujuan untuk pribadi maka tidak perlu memasangnya. Terimakasih sudah mampir. maksutnya tu gimana gan?? maaf newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, blog pribadi yang tidak akan dimonitesasi ya tidak perlu memakai laman khusus untuk menjelaskan bahwa website tersebut memakai cookies atau misalnya punya kontak, privacy policy dan sebagainya hal tersebut tidak dibuat pun tidak apa-apa. Sebaliknya, seperti blog saya ini, kan saya monitesasi, maka saya membuat laman khusus untuk menjelaskan kepada pembaca dan memudahkan mereka menghubungi saya.

      Delete
  10. ok om, makasih ilmunya nih, tapi ane baru tau nih, jadi kaya Disclaimer dan Privacy Policy dll itu masuknya Di pos GPP kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tidak didalam postingan tapi di laman khusus saja. Karena toh kalau diindex saya rasa tidak akan menarik pengunjung.

      Delete
  11. Anak baru nih masih ngga ngerti apa-apa huft. Main ke newmuthmainnah.blogspot.com yuk kasih kritik dan saran biar blog aku bisa sebagus ini

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.