Mencairkan JHT di Bogor biar nggak bolak-balik

Jaminan Hari Tua ternyata bisa dicairkan.  Hanya saja ada beberapa persyaratan untuk dapat mencairkan JHT. Dan pada hari ini 8 september 2016, saya melakukan pencairan JHT. Saya ingin menceritakan bagaimana caranya. Kebetulan saya tinggal dikota hujan Bogor, dan pernah bekerja di Jakarta selamat 3 tahun.

Apa yang harus anda lakukan jika ingin mencairkan JHT di Bogor?.

Anda harus mempersiapkan dokumen berikut ini dengan lengkap.

  • Kartu Jamsostek (Jaminan social tenaga kerja), dan photocopynya 2 lembar.
  • Kartu Tanda Penduduk dan Photocopynya 2 lembar juga.
  • Kartu Keluarga asli, dan Photocopynya 1 lembar.
  • Surat Faklaring atau Surat pengunduran diri dari tempat kerja serta photocopynya 1 lembar.
  • Untuk perserta JHT yang mengundurkan diri dimulai dari 1 september 2015 maka ada syarat tambahan yakni. Surat keterangan dari Perusahaan (tempat kerja) yang ditujukan untuk BPJS Ketenagakerjaan. Dibuat ditempat kerja dan anda harus mengantarnya ke kantor BPJS ketenagakerjaan didekat tempat anda bekerja. Baiknya, tanyakan saja kepada HRD.


Setelah semua dokumen lengkap, maka anda bisa langsung mengantri untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan data di SINI (lihat gambar).

Syarat mengajukan pencairan JHT


Nanti anda akan diberi formulir pencairan JHT. Tugas anda selanjutnya adalah mengisi formulir tersebut dengan benar sesuai KTP dan Kartu Jamsostek.  Setelah itu anda akan diberi tahu tempat pencairan JHT.

Tempatnya saya lupa namanya. Pokoknya kalau dari arah Mancur, itu ikutin saja jalan yang ke arah jambu 2. Nanti pas sebelum persimpangan rel kreta disitu adanya sebelah kanan.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bogor


Kebetulan, saya tinggal di dekat Empang Bogor selatan. Jadi saya diarahkan ke BANK BJB di Empang Bogor Selatan. Disitu saya diarahkan lagi oleh satpam untuk mengisi formulir pendaftaran BANK BJB. Pembuatan rekening  dibantu teller cantik dan baik hati gratis alias tidak bayar. Hanya dikenakan biaya administrasi sebesar 12.000 untuk 2 buah materai.

Nah setelah itu selesai semuanya. BANK nanti akan mentransfer Uang JHT ke rekening BJB yang baru dibuat setelah 1 minggu atau paling maksimal 2 minggu.


Paling itu saja yang bisa saya bagikan. Supaya anda tidak bolak-balik ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Bogor kalau mau mencairkan JHT lebih baik periksa kelengkapan datanya. Karena males juga bolak-balik Cuma buat melengkapi data dan ngambil formulir. Jika ada yang mau ditanya nanti tanyakan ke tellernya.

Post a Comment

11 Comments

  1. JHT Itu jaminan hari tua kan ya, ternyata bisa dicairin juga ya sebelum pensiun. Kirain pas pensiun doang. Emang bank nya harus BJB ya?! Kalo di DKI gimana tuh mas?? Makasih loh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pengalaman nyairin nya saya tulis diartkel selanjutnya mas hehehe. Soalnya agak panjang juga cerita sampai cairnya. Sepertinya harus dengan bank BJB juga mas. Karena saya diminta buat buku tabungan (gratis)

      Delete
  2. Ooh macam tu. Okelah okelah.... Ditunggu

    ReplyDelete
  3. persyaratan pencairan bpjs apa aja ya
    untuk pengunduran diri bulan juni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Regulasinya mungkin sudah berubah, jadi informasi ini mungkin sedikit kurang update. Sebaiknya kesana dulu dengan data yang sudah saya kasih diatas.

      Delete
  4. Kalo jht bisa di cairkan apa harus nunggu umur brp???

    ReplyDelete
    Replies
    1. JHT setahu saya bisa dicairkan setelah beberapa bulan pengunduran diri dari perusahaan. Info lengkapnya sebaiknya langsung ke tempat

      Delete
  5. Saya mau tanya , saya masih punya kartu jamsostex yg dulu blom di rubah JHT apa itu masih bsa di cairkan terma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu, lebih lengkapnya silakan menghubungi langsung pihak Jamsoteknya.

      Delete
  6. Maaf mau tanya mas. Untuj paklaringnya memang harus dilegalisir ? Trus legalisirnya dimana ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paklaring memang sudah seharusnya ada legalisirnya bukan?. Kalau mau legalisir ya harus datang keperusahaan tempat anda bekerja langsung.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.