Soal kesibukan dan blog

Tekanan pekerjaan


Bagaimana mengatur blog yang jumlahnya lebih dari satu sementara pekerjaan dunia nyata menuntut waktu yang cukup banyak?. Well, itu memang bukan hal yang mudah. Saya akui setelah tidak lagi bekerja pada suatu perusahaan mengatur waktu adalah PR utama saya. Sebab dengan berbagai kesibukan yang saya jalani sekarang ternyata membuat blog saya jadi tidak terurus. Syukur Alhamdulillah, blog ini tetap menghasilkan dan tetap memiliki pengunjung yang konstan bahkan meningkat dari tahun lalu.

Hari ini pun saya mengorbankan waktu tidur malam saya yang sekarang berkurang 3 jam dari seharusnya 6 jam. Tapi itu bukan apa-apa karena dulu pun saya sering begitu. Nah sedikit saya akan membagikan tips dalam mengurus blog yang banyak jika ternyata pekerjaan didunia nyata lebih banyak.

1. Atur jadwal

Jadwal kegiatan sangat penting perannya dalam kaitannya dengan perkembangan blog. Apabila blog kita masih baru sebaiknya jadwal pembuatan artikel lebih diperketat. Dalam hal ini, diperketat artinya blog digunakan sebagai penghasil uang bukan sekedar hobi atau iseng. Mengatur jadwal bisa memberikan banyak waktu untuk membuat artikel, dengan begitu blog bisa lebih terkontrol.

Pengalaman saya yang masih cetek ini, ternyata dalam mengelola blog ketika artikel blog sudah banyak, dan komentar yang diterbitkan juga banyak. Dan.. banyak artikel yang sudah diterbitkan serta banyak yang menembus page one google search maka ditinggalkan berminggu-minggu tanpa kontrol pun masih aman.

2. Memiliki admin ke-2

Saya rasa, admin blog yang sudah berkembang sebaiknya ditambah dari teman atau dari kerjasama dengan pemilik blog lain. Ada beberapa orang yang bisa dipercaya untuk mengurus blog seperti yang terjadi pada blog milik Juragan cipir yang kini adminya ada 2, yakni Mbak Indri Lidiawati dan keponakannya. Tadinya pun untuk blog ini saya mau cari admin kedua. Tapi teman-teman saya tidak ada yang menganggap ini serius. Maka ya sudah.. tangan saya masih bisa mengetik.

3. Buat skala prioritas

Antara blog dan aktivitas dunia nyata, mana yang lebih penting?. Saya rasa pasti ada satu atau dua aktivitas dunia nyata yang kurang penting dibanding blog. Nah aktivitas seperti nonton tv dan bermain game bisa dikurangi dan diganti dengan membaca. Lalu dari hasil membaca kita bisa buat materi untuk dipajang diblog. 

4. Kembali ke niat awal

Ingat lagi niat awal kita membuat blog. Rata-rata orang berhenti ngeblog karena mereka tidak punya niat yang kuat atau alasan kuat mengapa saya harus ngeblog?. Karena mereka tidak tahu apa manfaat ngeblog. Dan tidak tahu kira-kira apa untung dan rugi jika tidak nge-blog?. Dan lagi, aktivitas blogging ini ternyata hanya sedikit sekali yang mau melakukan. Dari data yang saya dapat, blogger Indonesia kini jumlahnya sekitar 3 juta lebih. Itu pun tidak semua aktif. 

Niat saya pribadi adalah membuat blog yang bermanfaat. Menjadikan blog ini sebagai ladang pahala. Goalnya, mencapai 1000 artikel ditahun 2015. Tapi sampai sekarang goal itu tidak bisa terpenuhi karena banyak sekali alasan yang saya buat. Sekarang, blog ini sudah bermanfaat, dan juga jadi ladang pahala. Tinggal bagaimana saya bisa mencapai 1000 artikel?. Jawabanya ada diatas, mengatur jadwal kembali.

Apakah anda juga mengalami hal serupa?. Mulai saat ini saya membuka blog ini untuk dipakai bersama. Anda boleh mengirim artikel apa saja tanpa ada batasan kecuali artikel sensitif. Nah untuk prosedur kirimnya, artikel yang anda kirim akan saya filter dulu yang lulus langsung terbit namun mungkin juga perlu diedit.  Bisa dikirim ke email saya (lihat kontak!). Anda juga boleh minta review dari saya boleh mengenai website atau apapun namun saya membatasi review produk tertentu yang saya nilai sensitif. Semoga bisa tetap ngeblog selalu. 

Post a Comment

2 Comments

  1. saya senyum-senyum sendiri baca artikel masnya.

    kalau boleh cerita, saya ngeblog sudah dari dulu lamanya. cuma karena zaman dulu masih sibuk dengan kuliah. yah jadinya blognya terbengkalai..

    setelah lulus kuliah, saya pun bingung karena kesibukan menurun drastis. usaha mencari pekerjaan di dunia nyata smpai saat ini belum membuahkan hasil.

    nah kemarin bulan september 2015, saya rilis blog pribadi. dengan maksud biar dirumah ada kesibukan lain selain ngelesin.. namun ternyata ngeblog menarik perhatian saya mas, dan membuat saya hilang fokus mencari pekerjaan di dunia nyata.

    entah salah siapa.. hahah #apa ini yang dinamain passion?

    maaf curcol | salam kenal juga

    ReplyDelete
  2. Wow, super sibuk banget mas Ary. BTW lagi sibuk apa nih?? Yang paling penting dan utama adalah NIAT. NIAT kuat pasti ngalahin segalanya... Oke mas, tetap semangat...

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.