Manfaat dahsyat latihan pernafasan bagi tubuh

Setiap manusia yang hidup pasti bisa bernafas. Namun tidak semua dari manusia yang hidup tersebut melakukan latihan pernafasan padahal banyak sekali manfaat latihan pernafasan bagi tubuh. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengenal lebih dulu definisi dari pernafasan itu sendiri.

Definisi Pernafasan

Pernafasan adalah proses menghirup udara dan mengeluarkannya. Organ yang terlibat dalam proses pernafasan yakni hidung, kerongkongan, paru-paru. Udara dihidup melalui hidung dan disaring oleh bulu hidung, kotoran berupa debu dan lain-lain yang melalui hidung secara otomatis akan dibatukan. Kemudian, udara yang masuk akan melewati kerongkongan dan masuk ke paru-paru. Diparu-paru terjadi pertukaran oksigen dengan karbondioksia. Karbondioksida kemudian dikeluarkan melalui jalan yang sama yakni kerongkongan dan hidung.

Jika kita ambil inti sari proses pernafasan maka tujuan dari bernafas adalah untuk mengeluarkan karbondioksida dan menghirup oksigen. Semakin banyak melakukan pernafasan otomatis semakin banyak oksigen yang kita ambil. Semakin banyak oksigen yang kita ambil semakin sehat badan kita.

Pernafasan sebaiknya tidak dilakukan melalui mulut pada saat menghirup. Karena mulut tidak memiliki pertahanan diri dari benda asing yang masuk.

Dalam hubungannya dengan kesehatan, proses pernafasan yang baik yakni nafas panjang akan menghasilkan energi lebih banyak. Sedangkan pada bela diri, pernafasan juga sering dipakai untuk memperoleh energi dan mengalirkan energi pada titik tertentu sehinga titik yang dialirkan energi tersebut menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Bisa kebal dan lebih bertenaga.

---

Manfaat pernafasan yang lain adalah sebagai berikut : 

1. Menjaga kesehatan jantung. 
2. Menenangkan anarah
3. Meredakan stress

Testimony latihan pernafasan

Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan bercerita bagaimana saya mengikuti latihan pernafasan dan mengambil manfaat yang besar dari latihan tersebut. Latihan saya mulai sebulan bersama klub bela diri wing chun di Bogor. Pernafasan yang saya lakukan adalah mengambil nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Dilakukan sampai batas tertentu (merasa pusing). Jika pernafasan dilakukan dengan benar, maka kita akan bisa berkeringat dan tubuh menjadi panas. Pernafasan ini bisa dilakukan kapan saja termasuk ketika merasa sakit badan saat bangun tidur. Efeknya, tubuh menjadi berenergi dan merasa siap dalam segala aktifitas. 

Tenaga dalam dari pernafasan

Bisakah kita memiliki tenaga dalam dari teknik pernafasan ini?. Jawabannya tanyakan pada praktisi tenaga dalam. Namun dari beberapa sumber yang saya dapat, secara teknis latihan pernafasan dengan cara tertentu dapat memfokuskan energi pada satu titik. Berikut ini saya lampirkan video yang cukup keren dari seseorang yang sudah melakukan latihan pernafasan bertahun-tahun.



Post a Comment

2 Comments

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.