Wednesday, 28 October 2015

Jangan mengendurkan semangat menulis artikel

Buku adalah sumber inspirasi yang sangat luas. Maka belilah buku walau hanya 1 buah dalam sebulan. Seperti buku Mimpi sejuta dolar yang sudah saya buatkan resensinya disini.

Dari buku tersebut saya mau mengkutip sebuah kalimat positif. "Jangan kendur!". Jika kita mengendurkan diri pada disiplin, maka esok atau lusa kita akan lebih kendur lagi. Mendengar kata tersebut saya langsung buka laptop dan membuat sedikit artikel. Ya, yang saya mau bahas disini adalah ketika kita sudah membuat suatu disiplin dan kita melanggarnya walau hanya sekali saja, maka kemungkinan besar kita akan lebih mengendur lagi esok atau lusa.

Ini benar-benar terjadi pada blog ini yang dulunya saya ingin sekali mengisinya dengan 1000 artikel. Lalu saat ini baru ada 365-an artikel. Dulu saya berandai-andai, " Jika saya bisa membuat 2 artikel sehari, maka saya bisa membuat 730-an artikel dalam setahun. Dan itu artinya, tahun 2016, total artikel blog ini sudah sampai diangka 1000." Lalu kemudian saya merubah logo blog ini dan mengganti slogannya menjadi "tempat download informasi yang update sehari sekali". Artinya, saya sudah mengendurkan diri karena seharusnya saya menulis 2 artikel perhari. 

Perempuan mengetik diatas kasur


Benar saja, dalam sehari, tidak, bahkan dalam 3 harian, saya baru bisa menulis satu artikel!. Ini gila menurut saya. Kenapa?. Karena dulu saya bahkan sempat menulis 3 artikel perhari, pernah juga lebih dari itu jika ditotal dengan blog yang lain. Tapi kini karena saya membuat alasan (mengendur), maka satu artikel pun tidak bisa dibuat dalam 2 hari. Jelas sikap kendur terhadap disiplin yang sudah saya buat ini akhirnya benar-benar memundurkan saya.

Jika saya mencoba membandingkan dengan blog Juragan Cipir, saya bisa bilang, mbak Indri Lidiawati itu sudah punya sikap disiplin yang tinggi. Karena dalam sebulan saja, dia bisa membuat 80 artikel!. Yang artinya, dalam sehari dia mungkin menerbitkan 2-3 artikel. Dan ketika saya membaca artikel buatan beliau, ternyata panjang semua alias tidak ada artikel dibawah 100 kata. Sangat jauh sekali bila dibandingkan dengan blog ini yang artikelnya rata-rata pendek.

Disini saya hanya ingin mengingatkan diri sendiri tentang pentingnya sikap disipilin. Sekali saja kita melanggar, maka akan ada kesempatan berikutnya buat melanggar lagi. Seperti halnya saat mengendarai motor. Mungkin kita pernah berpikir untuk tidak 'menerobos' lampu merah karena ingin disiplin dan patuh terhadap rambu lalu lintas, tapi setelah kita memberikan kesempatan untuk 'melanggar' walau hanya sekali, lantas itu menjadi jalan untuk melanggar lagi dikemudian hari. Bisa jadi malah menjadi kebiasaan.

Kalau dikaitkan dengan blog, sangat mungkin blog akan mati jika kita mulai mengendur atau tidak mendisiplinkan diri dalam menulis karena membuat alasan-alasan. "Saya tidak bisa menulis diblog karena laptopnya mati". "Saya tidak bisa update karena kuota sudah habis". "Saya tidak bisa mengunjungi blog sahabat karena sinyalnya sedang lemah". Semua alasan itu nantinya akan mengendurkan semangat kita dalam menulis artikel. 

Untuk itu, jangan mengendurkan semangat menulis artikel walau hanya satu artikel sehari. Semangat!

Artikel Terkait

6 comments