Cara menghilangkan noise dalam audio mp3

Dalam artikel terdahulu saya pernah memberikan ulasan tentang auda city sebuah software pengelola audio yang cukup bagus. Dapat digunakan untuk menghilangkan noise dalam audio mp3, memotong mp3 dan memberikan efek-efek lain yang keren. Pada kesempatan kali ini, saya coba untuk memberikan tutorial pertama cara menggunakan auda city sebagai alat untuk menghilangkan noise dalam mp3.Langsung saja,

  • Install audacity, cari aplikasinya atau baca ulasannya disini.
  • Buka audacity.

Silakan cari contoh mp3 yang didalamnya ada suara misalnya tepuk tangan atau suara brisik lainnya. Sebaiknya untuk latihan cari yang sederhana saja seperti suara yang diambil dari sebuah video dimana sebelum music dimulai ada percakapannya atau sesudah music berhenti masih ada jeda yang terlalu panjang disertai tepuk tangan.

Saya punya video dari Kelly Clarkson yang lagi nyanyi Stronger secara live. Saya dapat dari unggahan seseorang di youtube. Karena saya ingin melihatnya terus-menerus dilaptop akhirnya saya mendownloadnya dan mengubahnya menjadi mp3. Tetapi karena  sebelum dan sesudah dia bernyanyi ada suara yang mengganggu maka saya memperbaikinya.

Apa bila anda ingin melakukan uji coba juga sebaiknya pakai audio ini. Saya berikan gratis tetapi hanya untuk review saja ya. Downloaddisini.

Silakan buka file mp3 yang sudah anda download di Audacity. Nanti kurang lebih hasilnya seperti ini.

tampilan audacity


Yang perlu anda ketahui Cuma 4 hal.

1.Gelombang suara

Yang warnanya biru dan bergelombang diatas adalah gelombang suara, apa ya istilahnya. Ah pokoknya sebut saja gelombang suara. Setiap suara yang dihasilkan dari benda mempunyai gelombang termasuk tepuk tangan. Tetapi tinggi rendahnya gelombang suara masing-masing benda itu berbeda. Sehingga ketika misalnya dalam sebuah mp3 ada suara tepuk tangannya maka kita tinggal mencari gelombang suara tepuk tangan tersebut. Biasanya gelombangnya lebih tinggi ketimbang suara music.

2. Start Point

Start Point hanya istilah untuk awal dimana audio diputar. Ada mulai tentu ada akhir. Untuk end point berada dipaling kanan.

3. Slider pengatur kekuatan audio.

Slider tersebut digunakan untuk mengatur keras atau pelan suara dari sebuah audio.

4. Selection tool + zoom tool.

Dua buah alat yang akan kita gunakan untuk mengurangi noise dalam sebuah audio.

Sekarang tinggal bagaimana kita mencari audio tepuk tangan yang saya maksud?. Anda bisa memutar audio dengan short cut (tekan tombol spasi satu kali). Lalu dengarkan secara manual dibagian mana yang terdapat bunyi yang mengganggu tersebut. Audacity akan memainkan audio setelah anda menekan tombol spasi. Dan saat itu juga, anda bisa melihat Start Point berjalan kearah kanan. Bila anda menemukan ada suara tepuk tangan atau suara berisik, saat itu juga tekan tombol spasi untuk menghentikan pemutar music.

Nah sekarang anda harus melakukan zoom untuk menemukan tepuk tangannya ada disebelah mana. Lihat gambar dibawah ini,


Gelombang tepuk tangan



Pada gambar diatas, saya sudah menemukan dimana letak tepuk tangan Kelly saat bernyanyi.  Sekarang tinggal kita hapus dengan cara menseleksi (gunakan selection tool), tekan tahan shift lalu pilih/seleksi dengan menggeser krusor kearah yang diinginkan. Setelah itu hapus dengan menekan tombol delete.


Jika anda jeli, anda mungkin akan menghasilkan music yang bagus tanpa noise sedikitpun. Semoga berhasil.

Post a Comment

0 Comments