Mendapatkan partner ngeblog itu gampang-gampang susah.

Partner atau bahasa Inggris dari kata pasangan memang tidak seharusnya digunakan untuk judul diatas. Karena partner yang saya maksud adalah lebih kepada rekan kerja atau teman sedangkan pasangan dalam bahasa Indonesia adalah suami-istri/ pacar dan sebagainya. 

Jika anda sekarang adalah seorang blogger yang bekerja siang malam mengupdate blog tentu anda merasakan bagaimana susahnya ngeblog. Apa lagi jika masih pemula sekali, alias masih sangat awam dengan blog. Maka ngeblog itu bisa saya samakan dengan nguli otak. Karena kita benar-benar dipaksa untuk mengatur dan membuat sesuatu (blog) yang belum pernah dibuat sebelumnya. Selanjutnya kita harus mengisinya dengan berbagai macam artikel. Dan semua dilakukan sendiri. Sekali lagi, semuanya dikerjakan sendiri.

Apakah capek?. Ya tentu saja. Saya pribadi pernah sampai lembur gara-gara cuma menginginkan template blog yang bagus yang loadingnya tidak lambat dan segala tetek bengeknya. Untuk itu, sebenarnya kita bisa saja menyingkat acara ‘pemula’ tersebut hanya dalam waktu 1 hari saja.

Bagaimana?. Yakni dengan mendaptkan partner ngeblog. Baik dia sudah bisa atau belum, partner tetap akan berguna dan akan saling menguntungkan. 




Parnter ngeblog tingkat pemula

Partner pemula biasanya hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk mengerti langkah awal membuat artikel. Karena tujuan kita untuk partner ini adalah untuk mengajari bagaimana cara membuat blog dengan baik dan benar. Namun disisi lain, kita juga bisa meminta dia untuk saling mengisi artikel. Biasanya artikel seperti ini bsia didapat dengan memasang lapak pengiriman artikel diblog seperti yang dilakukan oleh Juragan Cipir saat ini. Tapi dengan partner yang pasti, tentu kita bisa bekerja sama sesering mungkin.

Dan saat ini, saya juga sedang mencoba mengajari seorang teman saya apa itu blog. Bagaimana membuatnya dan sampai dia membuat artikel. Tidak capek dan sangat mudah. Karena pada dasarnya ngeblog itu kan menulis artikel. Pengaturan ini dan itu semua bisa dilakukan selama satu jam saja.
Beberapa hari yang lalu saya sempat bercerita tentang ibu Dewi, nantinya beliau adalah partner saya dalam ngeblog. Lihat artikel singkatnya di : Ternyata rekan kerja saya punya blog juga!

Partner ngeblog tingkat menengah.

Partner ngeblog yang ini menurut pribadi sulit dicari. Karena sudah pasti dia bisa ngeblog. Dan jika kemampuannya setara maka terkadang ada perbedaan teknik dan ‘aji-aji’. Kalau sudah begitu biasanya cek-cok. Tapi partner ini sudah tidak perlu lagi diajari ini itu. Malahan dia bisa saling mengisi artikel dengan kita tanpa kita pusing memikirkan apakah sudah SEO atau belum.
Dimana letak sulitnya?.  Mencari partner ngeblog seperti ini jelas sulit karena mereka juga punya blog dong?. Dan yang namanya manusia, ya tentu mengurusi rumah sendiri ketimbang punya tetangga. Kecuali memang ditipkan. Itu saja mengurus rumah sendiri kadang kerepotan dan terbengkalai.

Partner ngeblog tingkat mahir.

Yang ini adalah keberuntungan anda jika anda mampu mendapatkannya. Misalnya anda punya teman dan dia sudah jago ngeblog. Ya itu berarti anda sangat beruntung karena anda bisa belajar banyak dari dia tanpa perlu pusing. Blogger seperti ini sudah mampu mengatur blognya dengan baik. Mampu mengupdate blognya dengan frekuensi yang tidak tinggi. Menciptakan inovasi dalam ngeblog atau membuat trobosan baru untuk blognya sehingga dapat memperingan pekerjaan mengurus blog. Contoh untuk blogger seperti ini adalah pemilik Juragan Cipir.

Dulu saya saat pertama kali membuat blog, tidak ada yang membimbing. Padahal sebetulnya saya punya teman yang sudah lebih dulu punya blog. Sangat disayangkan saya tidak berpartner dengan dia waktu itu. Ya sudahlah, sekarang tinggal mencari partner ngeblog saja.

Oya, saya berada dimana ya?, Pemula, mengengah atau mahir?.  Yah, saya harus akui kalau saya masih pemula. Kemampuan saya hanya adalah membuat artikel saja. Lebih dari itu tidak ada. Meski demikian, saya masih punya kesempatan yang lebar untuk menjadi mahir. Yakni dengan terus belajar. Teruslah hijau.

----------------------------------

Jika anda ingin berpartner dengan saya dan menerima artikel saya setiap minggunya gratis dengan timbal balik yang sama, silakan hubungi saya melalui kontak blog ini. Dan langsung akan saya jadikan admin blog ini. Terimakasih. Simak juga : Ngeblog 7 jam sehari tanpa berhenti, hati-hati serangan jantung.

Post a Comment

2 Comments

  1. Wah keren nih cari partner. Saya mah dibawahnya pemula Mas Ary, mungkin sebutannya pemula piyik, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nggak dong, mas Hendra dah punya blog berarti bukan pemula. Tapi mungkin merasa terus menjadi pemula (hijau daun).

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.