File hilang dan menjadi short-cut? pakai antivirus ini.

Beberapa hari yang lalu, teman saya meminta bantuan untuk mengatasi masalah di laptopnya. Ceritanya, semua folder lenyap dan menjadi short-cut. Sudah coba discan pakai antivirus tetap tidak bisa. Memang tidak semua antivirus juga mujarab untuk tipe virus tertentu. Sejak awal membeli laptop, saya belum pernah mengalami hal yang aneh-aneh karena sudah memasang 2 antivirus terbaik versi blog arydoweh. Yakni Avira dan Smadav. Silakan baca artikel lengkapnya di : 2 kombinasi antivirus paling ampuh!

Avira sebagai proteksi utama dari virus komputer.

Virus komputer semisal trojan, sality dan kawan-kawan memang sering mengganggu dan kebetulan virus-virus tersebut dapat menempel pada folder atau file yang ada dikomputer kita. Dari mana datangnya?. Virus itu menular. Bisa dari website yang memang banyak malwarenya atau dari warnet yang sudah terinfeksi dan kita membawanya melalui flashdisk.

Mengapa saya memasang avira, tidak yang lain. Karena saya pernah punya pengalaman yang menyenangkan dengan avira. Dulu pernah saya menghapus 2000 lebih virus dikomputer warnet pakai avira. Saya tidak mau tahu dan tidak mau bertanggung jawab dengan warnet tersebut karena saya menyewa dan tidak merusak. Hanya menscan supaya flashdisk saya aman. Sepertinya sih beberapa file dihapus oleh avira. Semua file yang berekstensi .exe dihapus seketika dan memang avira ini agak kejam dengan file berekstensi .exe.

Sejak saat itu saya percayakan semua pada avira. Dan terbukti avira sangat handal, sehingga laptop saya tidak pernah terinfeksi.

Smadav sebagai proteksi tambahan + flashdisk

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa virus itu menular. Salah satunya melalui flashdisk. Nah, smadav ini sama halnya seperti avira. Dia juga mampu membabat virus lokal jenis apa saja. Sampai saat ini, Smadav sudah punya revisi 10.0 dengan penambahan virus baru. Biar gratis, Smadav sudah menjanjikan flashdisk kita bersih dan aman.

Saya sendiri jika kewarnet selalu mengecek antivirus apa yang dipakai. Jika belum ada smadavnya maka akan saya install.

Nah untuk kasus file hilang dan menjadi short-cut maka cukup menggunakan Smadav saja. Sekali scan semua file yang terhide dan menjadi short-cut akan kembali seperti semula.

Berikut ini adalah gambar smadav rev.10.0


Smadav rev 10.0


Pada gambar diatas, kita bisa lihat kalau smadav yang saya gunakan adalah versi gratisan. Biar gratis yang penting adalah kemampuannya. Kalau ingin menscan seluruh bagian komputer silakan ceklis semua kolom cek diatas. Yang terpenting adalah System C karena virus hobi nempel disini. Lalu pada pengaturan scan, Pilih scan semua komputer. Setelah itu smadav akan bekerja secara otomatis. 

Smadav juga selalu jadi yang terdepan ketika ada drive yang masuk ke komputer. Ada flashdish, USB Hp dan card reader, semua discan total. Inilah mengapa saya suka sama Smadav. Buatan anak indonesia lagi?. Hebat ya. Begitulah caranya supaya file yang hilang dan menjadi short-cut bisa kembali lagi. Yakni dengan menggunakan antivirus Smadav, jangan lupa pakai avira juga.

Post a Comment

3 Comments

  1. 3 tahun putus sama antivirus, udah lupa rasanya komputer diberatin sama Antivirus :D
    Secara saya juga nggak suka download/ akses link nggak jelas/link spam/website abal-abal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anti virus nggak memberatkan sistem kok. Kalau berat berarti kepenuhan tuh memorinya. Uninstall program tidak penting dan jarang dipakai dan ganti dengan anti virus untuk memberikan perlindungan terhadap komputer. Kalau tidak macam-macam dengan website yang ada malwarenya tidak pasang antivirus juga tidak apa-apa tapi hanya untuk jaga-jaga saja.

      Delete
  2. anti virus apa oom yang mudah di unduh? tapi jangan buatan indonesialah kapok

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.