tidak update atau buat artikel apa saja yang penting update?

Januari lalu hingga sampai saat ini adalah masa paling suram buat blog saya. Biasanya diupadate hingga dua artikel atau minimal satu artikel sehari, tapi pada bulan-bulan tersebut i'm totally lost of idea. Paling ada hanya satu atau dua artikel itu pun frekuensinya berkurang hingga 3 hari sekali. Kadang malah seminggu baru update. Lalu kemana saja saya ketika tidak update blog?. Yang jelas masih tetap dirumah, hanya saja mood ngeblog saya hilang. Dan lebih suka mainin castle clash dari awal lagi.

Berbicara tentang update blog, setelah membaca artikel milik para juragan sekaligus pemilik webite berdomain 'uang-uangan', saya jadi sadar bahwa kemampuan update blog dengan cepat itu sangat diperlukan. Apalagi jika blog sudah cukup dikenal, telat update saja mungkin akan dipertanyakan kemana pemilik blog?. Termasuk yang menjadi publisher adsense. 

Typing gif


Dari beberapa tokoh yang sudah sukses menggeluti dunia periklanan, saya lihat ada rata-rata mereka adalah orang yang memiliki kemampuan update artikel yang tinggi. Sebut saja admin juragan cipir, Hars Agrawal, Linda ikeji dan masih banyak lainnya. Hampir setiap hari mereka mengupdate blog dengan konten fresh. Bahkan kalau lagi 'gila' 5 jam bisa langsung posting beberapa artikel sekaligus. Yang jelas sudah termasuk SEO ini itu.  Dan yang lebih hebat lagi artikelnya puanjang panjang. Tidak seperti blog ini yang mayoritasnya kurang dari 500 kata.

Pertanyannya, bagaimana saya mencontoh mereka?. Bisakah saya seperti bahkan lebih dari mereka?. Padahal seorang admin blog juga sering kali kehilangan ide menulis. Bagaimana mereka mengatasinya?. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga membaca artikel milik Media kompilasi yang dioleh oleh mas Dwi Sugiarto. Didalam artikelnya, saya sangat setuju jika kita lebih baik update blog dengan isi apa saja ketimbang mati gaya. Juragan cipir juga begitu. Alasan mbak Indri lidiawati membuat Juragan cipir menjadi blog gado-gado adalah karena dengan begitu beliau bisa menulis sesuka hati tanpa harus mikir 'aduuh hari ini trik blog apa lagi yang mau dibagikan ya?, semua sudah dibagikan.. TT'. 

Belakangan ini, blog juragan cipir juga bertranformasi menjadi sebuah website sekaligus forum. Sudah seperti kaskus-nya juragan. Beliau juga menerima tulisan kita untuk dipublish disana. Sehingga yang namanya lost update itu tidak pernah terjadi di juragan cipir. Itu dia kelebihan blog gado-gado alias tanpa niche.

Setelah beberapa bulan saya mengalami hilang update, akhirnya saya menyadari kalau saya memang bukan tipe orang yang mampu dengan niche tertentu. Saya orangnya general. Jadi apa saja dilahap yang penting enak. Tapi tetap, saya mempertimbangkan memiliki blog yang punya niche. Tujuannya adalah suatu saat blog tersebut tumbuh lebih besar dengan brand yang diusungnya. Ya tentunya frekuensi updatenya adalah 3 hari sekali, seminggu atau sebulan sekali. Pokoknya saya malas sekali.

Kesimpulan

Jika blog anda adalah gado-gado, bersyukurlah karena anda bisa mengupdate blog tanpa harus memikirkan artikel apa selanjutnya. Jika blog anda punya niche tertentu, anda harus sedikit memaksa diri anda untuk menulis artikel apa saja yang masih ada hubungannya dengan niche tersebut. Yang jelas jangan sampai blog mati gaya terlalu lama.

Saya rekomendasikan untuk membaca artikel milik MK : Kehilangan ide menulis?. Buat artikel berdasarkan gambar

Post a Comment

13 Comments

  1. iya bener gan , males itu sering muncul apalagi blogger males update -_- ... sepi dah pengunjung blog kita :(
    saya juga sangat setuju dengan blog gado gado tidak terbatas dari ide :D ... sukses terus ngeblognya gan

    ReplyDelete
  2. Membangun blog gado gado memang banyak keuntungannya mas kita jadi blogger sejati menulis apa saja yang kita mau sehingga kemampuan menulis kita semakin baik kalau sudah begitu artikel jenis apa saja bisa dibuat dengan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saya jujur dengan tidak ngeniche malah tidak terlalu terbebani.

      Delete
  3. Yaaah sama sih. Tahun ini kayaknya jadi jarang ngeblog. Tapi gak apa-apa. Namanya juga jenuh. Yang ngebedain tiap manusia cuma tingkat kemalasannya kok. Sooo, ayo aktif ngeblog lagi \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. mood menulis itu tidak menentu. Kadang semangat.. kadang malas. Saat ini saya lagi semangat 45 ^^ alhamdulillah.

      Delete
  4. Saya juga blog gado-gado Mas, jadi nggak bingung mau update apa?? Yang penting update sering.

    Abianya gado-gado enak sih Mas, apalagi sambil nunggu waktu berbuka, hmmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat belajar, gado-gado emang cocok. Kalau buat bisnis, lebih baik ngeniche sih. kalau bisa malah otoritas.

      Delete
  5. punya saya juga blog gado-gado mas. gado-gado emang enak. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, gado gado itu mirip kethoprak kan ya?. Campur aja semua bahan sama seperti membuat artikel. Dicampur-campur malah tambah asik.

      Delete
  6. yaa kadang juga saya kalau lagi mood aja ngeblog nya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mood emang harus diperhatikan ya mbak, kalau naik turun terus nanti jadi mengganggu konsistensi ngeblog.

      Delete
  7. Gado Gado emang Maknyusss :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.