Sunday, 26 July 2015

Lebih susah mana main COC atau CC?

4 Hari sudah saya memainkan game Clash of Clan. Sebelumnya saya sudah memainkan Castle Clash lebih dari 3 bulan. Meskipun tergolong newbie, tapi pikiran saya bukan lagi seorang newbie karena sebetulnya castle clash adan Clash of Clan itu sama saja. Yang membedakan hanya aturan mainnya saja. Nah mengenai peraturan permainannya, siapa yang lebih susah?. Clash of Clan atau Castle Clash?. Hmm harus diakui aturan main COC lebih ketak ketimbang CC. Nah berikut ini saya coba bahas apa saja kesulitan main gam COC ini.



TH 3 Clash of Clan

1. Sulitnya mendapat GEM

Gem adalah sebuah batu mulia yang dapat digunakan untuk mempercepat pembangunan. Kalau di Castle clash warna gemnya adalah pink sedangkan di Clash of Clan warnanya hijau. Pada awal permainan, kita bakal dikasih 250 gem di COC. Gem sebaiknya tidak digunakan sembarangan. Karena sulit sekali mendapatkannya. Yakni dengan menyelesaikan quest di CC dan membangun kastil di Clash of clan. 

Untuk Castle Clash mendapatkan gem itu sangat mudah. Setiap hari kita bisa menyerang musuh untuk mendatkan sejumlah Gold dan Mana (kalau di Clash of clan elixir). Jika kita memenuhi target sesuai Quest maka akan mendapat 20 Gem. 

Tapi di Clah of Clan, lain lagi ceritanya. Untuk mendapatkan gem kita harus membangun kastil atau menyelesaikan quest yang ada. Hanya saja quest yang diberikan tidak mudah. Misalnya untuk membangun TH 5 kita diberi 10 Gem sedangkan untuk dapat membangun TH 5 kita harus memiliki 150.000 Gold. Dan itu perlu berhari-hari, tidak langsung bisa dilaksanakan hari itu juga.

2. Hero hanya untuk yang levelnya tinggi.

Di dalam Castle Clash ada hero yang bisa dibeli dengan shard. Dapat shard juga mudah. Tapi di Clash of clan (Barbarian KING) tidak bisa didapatkan begitu saja. Musti butuh usaha dan kesabaran. 

3. Lamanya upgrade TH

Town Hall adalah pusat kota yang harus dilindungi di Clash of Clan. Sebaliknya, di Castle Clash kita tidak perlu melindungi TH. Mau dilindungi atau tidak sama saja. Tetapi di Clash of clan, agar musuh tidak mendapatkan bintang kita harus melindungi TH karena ini adalah bangunan utama dengan HP terbanyak. Kesulitan memainkan game ini terletak dari lamanya upgrade TH. Untuk TH 4 saja butuh sekitar 1 hari lebih. Untuk upgrade TH selanjutnya bisa bermingu-minggu.

4. Pemain banyak yang mencuri

Semakin banyak pemain tentu semakin seru atau malah semakin banyak musuh?. Hm, di Castle Clash ada fitur pertemanan. Kalau tidak berteman anda bisa menyerangnya kapan saja. Kalau berteman anda tidak bisa menyerangnya. Di Clash of Clan tidak ada fitur ini. Yang ada hanya clan. Jika didalam clan dibatasi hingga 50 misalnya, maka selanjutnya sejuta pemain atau paling kecil 100 pemain siap mencuri gold anda kapan saja. 

Di Castle clash pemainnya jarang membuka game. Jadi dibiarkan sampai berhari-hari pun tidak perlu khawatir akan diserang. Itulah beberapa kesulitan di Clash of Clan yang lebih sulit dari Castle Clash. Omong-omong mainnya santai aja, wong cuma game. Menang kalah itu biasa.

Artikel Terkait