Cara mengatasi cegukan saat tidur

Cegukan adalah peristiwa dimana bagian diafragma berkontraksi dan menimbulkan bunyi hik berulang-ulang. Bisa terjadi selama 5 menit atau lebih. Cegukan jelas sangat mengganggu dikarenakan dapat terjadi sewaktu-waktu. Dan kebanyakan orang tidak bisa segera menghilangkannya karena tidak tahu caranya. Maka saya coba bercerita tentang ketika saya tidur dan mengalami cegukan.

Saya tidur biasa, jam 10 malam. Tidak mengalami hal aneh apapun saat mulai tidur. Juga tidak makan makanan yang mengandung cegukan. ^^ tapi sekitar jam 2 pagi tiba-tiba saya batuk berkali-kali. Dan karena hal tersebutlah saya jadi cegukan. Padahal mata saya ngantuk bukan main tetapi apa daya, saya jadi terjaga selama setengah jam gara-gara cegukan itu. 


Rambut pirang sedang tidur

Minum air putih

Pada cara pertama, saya sering dinasehati oleh orang tua untuk minum air putih jika mengalami cegukan. Saya sendiri tidak begitu mengalami perubahan apa-apa baik setelah atau sesudah minum air putih. Yang ada hanya "plempoken" atau bahasa Indonesianya kembung gara-gara terlalu banyak minum. Tentu saja malam itu saya langsung minum sampai beberapa gelas. Lalu saya coba pejamkan mata lagi. Cara ini nonsense sekali. Saya tetap cegukan dan batuk-batuk.

Bersin bisa hilangkan cegukan

Kalau ini saya melihat di film kartun. Dulu ada franklin si kura-kura dan kawannya. Dia mengalami cegukan karena bersin, tetapi cegukan itu sendiri hilang saat dia bersin. Akhirnya saya coba bersin dengan sengaja. Yang ini juga nonsense sekali.. 

Ketika saya sudah sangat kesal karena tidak bisa tidur dan terus mengeluarkan bunyi "cekik" akhirnya otak saya pun mengingat suatu artikel tentang cegukan. Didalam artikel yang pernah saya baca tersebut ada cara paling ampuh untuk mengatasi cegukan. Yakni..

Pakai kantong plastik

Nah, cara yang ini sangat manjur dan langsung berefek saat itu juga. Dalam keadaan mata masih merem, saya coba menghembuskan nafas kedalam kantong plastik dan menarik nafas dari udara yang ada dikantong plastik tersebut. Jadi ibarat orang sedang memakai helm udara, hanya bernafas dengan udara yang ada didalamnya saja. Tahukah anda, begitu saya selesai melakukan itu cegukan langsung hilang. Ajaiib!!  Akhirnya saya bisa langsung tidur tanpa gangguan lagi. Terimakasih pembuat artikel.. ^^

Begitulah cerita saya tentang cara mengatasi cegukan saat tidur semoga bila hal ini terjadi, anda sudah tahu apa yang harus anda lakukan. Terimakasih sudah membaca.

Post a Comment

4 Comments

  1. Memang tidak enak lagi lagi cegukan apalagi tak kunjung berhenti pernah merasakan sampai penasaran pergi ke dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa mas?. Wah cegukannya mungkin mengeluarkan kata "duit" kali ya mas jadi langsung kedokter. Hehe

      Delete
  2. ternyata ada cara spt ini ya, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Leony.. Unik memang, tapi 100 persen menyembuhkan cegukan.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.