Tuesday, 12 May 2015

8 tips merawat laptop agar tidak mudah rusak

Laptop adalah istilah untuk komputer personal yang tipis dan dapat dilipat sehingga dapat dibawa kemanapun saat bepergian. Beberapa orang sering menyebutnya dengan netbook/notebook yang bila diterjemahkan berarti buku internet/ buku catatan. Keduanya  memiliki fungsi yang sama, namun digunakan untuk pekerjaan yang berbeda. Yakni bila netbook lebih sering digunakan untuk pekerjaan ringan seperti berinternet, mengetik atau mungkin melihat video. Sedangkan notebook sudah dapat melakukan pekerjaan seperti mendesign dan mengolah projek dengan software tertentu yang tidak dapat dilakukan dengan netbook.

Memiliki laptop adalah merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Paslnya, dulu laptop adalah barang yang sangat mewah dan dijual dengan harga tinggi. Namun saat ini laptop yang ada dipasaran sudah dapat dibawa pulang dengan harga 2 jutaan saja. Berhubung laptop adalah barang yang rentan kotor dan juga lecet maka diperlukan perhatian khusus agar laptop kita tidak cepat rusak. Berikut ini saya coba uraikan 8 tips merawat laptop agar tidak mudah rusak.

Laptop

1.Pakai keyboard protector

Bagian laptop yang menurut pribadi lebih sering terkena debu dan kotoran adalah keyboard. Keyboard laptop yang dijual saat ini memiliki design yang sengaja dibuat agar bisa dipasang keyboard protector atau pelindung keyboard. Harganya terakhir saya beli hanya 10 ribu rupiah saja. Sehingga setiap minimal 2 bulan sekali seharusnya kita dapat membelinya. Fungsi dan cara kerjanya sangat sederhana, pada awalnya laptop yang terkena debu atau kejatuhan kerikil kecil kedalam keyboard tentu membuatnya tidak dapat ditekan. Dengan memasang keyboard protector maka debu dan kerikil tersebut akan terhisap dan menempel ke keyboard ptotector. Sehingga bisa dikatakan kalau ini juga untuk membersihkan keyboard. Selain itu juga bisa mencegahnya dari terkena cipratan air atau minyak ditangan.


2. Pakai screen guard/ anti gores.

Layar adalah bagian kedua yang cukup sering menerima "cap tangan".  Jika ini dibiarkan tentu penampilan lepi menjadi tidak enak dipandang. Seperti halnya smartphone, layar juga sering kita pegang saat membuka laptop atau saat kita ingin menunjuk sesuatu. Jika berkeringat maka tentu akan menimbulkan cap tangan pada laptop. Lalu kita buru-buru membersihkannya dengan tangan juga atau tisu mungkin, namun itu justru membuat minyak menjadi kemana-mana. Solusinya adalah dengan memakai screen guard atau anti gores. Harganya agak ekstrim memang. HP ukuran 480 x 800 px saja sudah 30 ribuan. Apalagi laptop yang sudah sampai 14 inch. Namun tentu itu sebanding dengan apa yang kita dapatkan.
Cara kerjanya juga sederhana. Anti gores akan menahan atau meredam goresan pada layar sehingga layar tidak akan cacat. Karena layar adalah bagian utama yang menampilkan gambar sudah pasti tidak boleh "luka". Jika ini terjadi kemungkinan purna jualnya akan sedikit mengalami kesulitan. Jarang orang yang mau laptop cap penggorengan. Benar?.

3. Charger

Charger atau yang sering disebut dengan "casan' saja adalah pemasok energi dari laptop yang kita gunakan. Tanpa charger, laptop bagai motor ninja tanpa bensin. Keren sih, tapi tidak bisa jalan. Jadi untuk apa?. Sering kali kita tidak apik dalam merawat charger. Selesai gunakan main tekuk sana sini dan digulung dan kadang ditindih dengan sesuatu. Namun diluar itu, yang jarang kita sadari adalah saat memakainya. Saya mendapati ada lecet dibagian streker/ colokannya. Padahal selama ini tidak pernah dipakai ngupil dan sejenisnya. Ternyata ini disebabkan oleh percikan api saat kita memasukan streker ke stop kontak. Panas ini bisa melelehkan bagian tersebut dan jika diterusakan tentu saja akan rusak. Oleh sebab itu perhatikan saat anda mencolokan charger ke stop kontak, apakah timbul bunga api walapun itu kecil?. Jika iya sebaiknya dicabut dan dipindahkan ke stop kotak yang lain.

4. Service jika diperlukan

Ada hal-hal yang tentu kita tidak dapat lakukan sembarangan. Hal tersebut semisal membongkar laptop untuk memperbaiki komponen yang rusak. Karena laptop biasanya disegel pada bagian yang bisa dibongkar maka pihak yang dapat melakukan perbaikan adalah service center. Kalau kita melakukannya juga hal ini akan mengakibatkan hilangnya masa garansi. Pada kasus seperti ini service center lah diperlukan. Jika rusak lebih baik segera masukan ke 'bengkel' laptop agar segera dapat dipakai lagi.

5. Membersihkan debu dengan clear.

Di supermarket sudah banyak sekali produk pembersih laptop. Salah satunya yang saya gunakan adala mr.muscle clear for electronic. Agar layar selalu tampak bening sebaiknya seminggu sekali selalu dibershikan. Jangan menyemprot langsung kelaptop. Gunakan kanebo atau lap bersih yang daya serapnya tinggi.

6. Penggunaan Baterai

Baterai adalah hal utama yang membuat laptop bisa mobile atau dibawa kemana saja. Sayangnya baterai laptop harganya sedikit mahal. Sehingga sangat diwanti-wanti agar penggunan baterai laptop harus diawasi. Terutama adalah ketika sudah overheat. Hal ini bisa terjadi ketika salah pasang charger. Baterai laptop akhirnya overheat atau kepanasan dan berimbas pada komponen laptop yang ada didekat baterai itu sendiri. Solusinya adalah menggunakan pendingin. Biasanya penjual laptop yang baik hati selalu memberi bonus cooler. Sehinga sejak awal kita tidak perlu khawatir dengan panas. Kalau anda sedang kepanasan mungkin anda bisa memasang cooler dibadan anda. Well, just kidding.

Baterai juga ada masa tuanya. Berapa tahun sampai baterai jadi tua?. Itu tergantung dari seberapa sering anda memakai laptop anda. Semakin sering, seperti saya saat ini yang bisa sampai 8 jam nonstop sehari, mungkin baterai saya akan bertahan sampai tahun 2015 akhir ini. Seterusnya saya memprediksi akan sering ngedrop. Dan yang terparah mati selamanya.

ada satu perangkat lagi yang sebenarnya sangat penting. Dan saya kira juga harus dimasukan disini.

 Merawat Mouse

Walapun sejatinya mouse adalah komponen yang terpisah dari laptop namun peranannya sangat penting dan tidak tergantikan. Memang jika untuk keperluan browsing atau sekedar mengetik saja mouse tidak akan sering dipakai karena bisa menggunakan touch pad. Tetapi jika sudah berhubungan dengan design dan sebagainya mouse pastilah dipakai dan menjadi pengerak utamanya. Oleh karena itu, mouse juga perlu perhatian. Dua tahun adalah batas wajar mouse rusak. Jika bisa bertahan lebih dari itu maka bisa dikatakan awet.

Mouse dari jenis kabelnya ada dua. Yang dapat digulung otomatis dan tidak. Kabel yang sudah ada penggulungnya memang sedikit lebih cepat rusak. Alasannya adalah tidak ada kekuatan pasti seseorang dalam menarik kabel. Hal ini tidak dapat diukur, satu orang dengan yang lain berbeda kekuatannya. Jika kita terlalu kencang menariknya bisa mengakibatkan putus pada ujung kabel usb. Sedangkan untuk usb yang kabelnya besar dan harus digulung dengan tangan kerusakan yang sering terjadi adalah kabel tertekuk. Usahakan untuk tidak terburu-buru dalam menggulung. Kalau bisa, belilah dua buah mouse yang dapat digulung otomatis untuk bepergian dan yang manual  untuk pemakaian dirumah.

Selain 6 hal diatas yang merupakan perawatan dari luar, kita juga harus tahu bagaimana memperlakukan laptop dari dalam yakni,

7. Jangan install yang "aneh-aneh".

Selama ini laptop saya belum pernah terserang virus. Belum pernah batuk pilek dan sebagainya. Karena sudah diberi antivirus dan juga tidak menginstall yang aneh-aneh. Biasanya kita yang hobi dengan komputer akan mencoba sesuatu yang baru. Termasuk merusak komputer itu sendiri untuk bahan uji coba. Hal baik yang bisa didapat adalah kita jadi tahu apa permasalahan yang timbul dan bisa mengatasinya. Namun bisakah kita menjamin keawetan laptop jika terus diperlakukan demikian?.  Untuk itu saya pribadi jika ingin menginstall sesuatu yang kiranya itu sedikit  berbahaya, maka saya install diwarnet atau komputer perusahaan. 

8. Jangan membuka situs yang diblokir.

Situs terlarang yang mengandung malware sering sekali diblokir dengan alasan untuk melindungi komputer dari kerusakan akibat virus. Sebaiknya memang tidak membukanya meski kita tahu itu tidak cukup berbahaya. Kerusakan laptop sering sekali dikarenakan oleh virus. Selain itu virus bisa menular lewat pemakain flashdisk. Saya merekomendasikan ada pc khusus untuk scan virus. Yang tidak terhubung dengan pc lainnya. Menscan dahulu flasdisk tersebut sebelum mencolokannya dilaptop kita akan menghindarkan dari terserang virus.

Saya pernah punya pengalaman pahit soal ini. Jadi flashdisk teman saya banyak virusnya, dan saya meminjamnya. Ketika dicolokan di PC orang langsung nge-blank alias layar hitam saja. Perlu restart beberapa kali hingga pc bisa dihidupkan. Dan setelah hidup, data diflashdisk tersebut hilang total. Padahal isinya adalah tugas sekolah yang dikerjakan mati-matian. 

Akhirnya saya bila main kewarnet selalu mendownload smadav terlebih dahulu dan melakukan scan menyeluruh sebelum pakai. Tapi itu dulu, sekarang saya sudah pakai laptop. Jadi bye-bye virus!.

Itulah 8 buah tips singkat tentang cara merawat laptop agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat. Baca juga : 

Artikel Terkait

8 comments