Tips Menulis artikel review pro google

Artikel Review adalah artikel yang ditulis oleh seseorang untuk memberikan gambaran seperti apakah suatu produk. Ulasan tersebut hanya bisa dibuat jika kita sudah pernah mencoba, atau memiliki pengalaman dengan produk tersebut. Akan sangat lucu jika kita mengulas motor A tapi tidak pernah mencobanya sama sekali. Bagaimana mungkin kita tahu kalau tempat duduknya tidak bikin ngangkang kalau tidak pernah menaikinya untuk perjalanan jauh?. Bagi orang yang ahli dibidang ini mungkin saja, tetapi bagi yang tidak pernah?. 


Tips Menulis artikel review pro google


Kemudian, artikel review ternyata tidak bisa sembarangan ditulis. Ada beberapa artikel blog ini yang dikritik oleh google dan menjadi racun segera harus dicopot. Kenapa saya bisa mengetahui itu dikritik oleh google?. Ini karena saya telah mengganti domain blog. Sudah tahu?. Blog ini tadinya bernama "Everything Learning" dengan ada embel-embel blogspot dot com-nya. Saya tahu kalau mengganti domain itu artinya saya harus siap mengajukan blog ini untuk direview ulang oleh Google agar dapat bisa bermain Adsense lagi. Iklannya hilang dan harus nunggu sampai diapprove.

Saya sudah menunggu beberapa hari. Setelah memasang slot iklan adsense kemudian ada kabar bahwa blog ini tidak memenuhi kriteria. Lho kok bisa?. Pikir saya waktu itu. Padahal ketika saya mengajukan blog ini untuk main adsense dulu langsung approve. Didalamnya juga ada beberapa artikel review yang saya maksud. Tetapi rupanya untuk yang domainnya sudah ganti lebih diperhatikan oleh google. Jadi proses reviewnya sendiri memakan waktu lama. Saya pikir artikel saya dibaca juga oleh orang. Untuk itulah saya pikir ada baiknya jika saya bagikan sedikit tips supaya tidak melanggar TOS-nya GA. 

Waspadai kata sensitif dalam artikel  

Artikel sensitif adalah artikel yang didalamnya ada beberapa kata yang bertujuan untuk menjatuhkan, mengajak orang untuk menganggap suatu produk itu tidak baik. Nah saya baru 'ngeh' kalau ada artikel saya yang dikomentari buanyak sekali dan ada sedikit kata yang dimaksud. Agak menyinggung dan ada kemungkinan untuk dapat menjatuhkan dan mempengaruhi orang untuk tidak memakai produk tersebut. 

Kata sensitif lainnya adalah.. anda bisa baca di TOS GA. Ini wajib. Sebab jika anda tetap melakukannya saat ini, mungkin anda bisa bernasib sama. Silahkan dibaca disini.

Jika produk yang direview memang terdapat kecacatan?

Jujur adalah priorritas nomer wahid. Tapi mungkin tidak untuk blog dengan Adsense. Perhatikan pemilihan kata atau diksi-nya. Memang aneh rasanya, kita membagus-baguskan suatu produk yang ada cacatnya. Jujur itu artinya 100% mengatakan apa yang dialami. Tidak kurang juga tidak lebih. Artinya, jika produk memiliki masalah sebaiknya memang diberitahukan agar pengguna tidak kecewa.Tetapi apa bila cacatnya cukup nyata nantinya justru tidak memberikan keuntungan bagi yang direview. Anda tahu kan diinternet ini banyak sekali yang bertujuan untuk menjatuhkan produk lain sehingga ia bisa bertengger sendirian?. Nah mungkin google menginginkan kita tidak melakukannya supaya lebih aman.

Saran saya, jika memang produk yang direview ada kekurangannya tidak usah diungkapkan dengan kata-kata yang menyinggung. Bagaimananya saya juga kurang tahu. Silahkan dicari sendiri.

Waspadai komentar dalam artikel review

Komentar adalah perkataan yang ditujukan untuk menanggapi suatu pernyataan. Jika komentarnya jelek maka bisa dikatakan suatu pernyataan juga ikut jelek. Dari penelitian saya, ada beberapa artikel blog ini yang komentatornya anonim. Atau memakai akun google plus palsu. Lalu mereka berkata yang aneh-aneh. Tapi saya merasa bahwa itu baik-baik saja karena saya memfilternya sendiri sebelum dipublish. OOn-nya, saya tidak tahu kalau komentar juga berpengaruh. Ibarat makanan, mungkin anda menyuguhkan makanan yang bersih. Tiba-tiba ada orang melempar 'tai-ku-ching' didekat makanan tersebut. Lalu apakah ada yang masih berselera untuk makan?. 

Untuk itu, ada baiknya jika niche anda adalah tentang review produk untuk tidak mengaktifkan fitur komentar. Sebagai gantinya, anda bisa memakai komentar facebook. Saya belum pernah coba sih. Tapi sepertinya itu lebih aman.

Mungkin hanya itu tips menulis artikel review pro google yang dapat saya berikan. Saya tahu kalau ini hanya dari sudut pandang pribadi saja. Untuk itu jika anda sudah pernah membuat artikel demikian dan ternyata baik-baik saja, sudilah anda untuk memberikan sedikit pencerahan dikolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment

2 Comments

  1. Jadi komentar artikel termasuk yang diperhatikan google juga? Waduh... Baru tau

    ReplyDelete
  2. Iya mas.. kalau saya berkata-kata kotor ditempat anda mungkin banget kan kalau komen saya dihapus atau jika tidak google yang akan menghapusnya. Atau hanya adsensenya saja yang didisable.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.