6 Adzan terbaik yang pernah ada.

Adzan adalah panggilan untuk menunaikan sholat. Adzan seharusnya dibawakan dengan sebaik-baiknya. Karena adzan yang baik akan menarik perhatian orang dan juga menentramkan hati. Besar kemungkinan jika anda datang di blog ini untuk mencari adzan terbaik yang pernah ada. Maka saya katakan anda sudah berkunjung ditempat yang tepat. Karena berikut ini, saya akan berikan beberapa video embed dari Youtube yang menurut saya, ini adalah 6 video adzan terbaik yang pernah saya dengar.


Adzan Qori Internasional H.Muammar Z.A





Adzan ini saya pribadi tidak tahu kapan diambilnya. Yang jelas ini ada di Youtube. Anda boleh langsung menuju Youtube atau silahkan tetap disini untuk mendegarkannya. H. Muammar adalah qori internasional yang paling saya kagumi. Apa lagi saat beliau membawakan sholawat mukhtar. Subhanallah.. tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Begitu juga dengan adzan beliau. Itu adalah adzan paling sempurna yang pernah saya dengar. Saya yakin banyak juga yang mampu, tetapi kenapa hanya H. Muammar yang banyak ditampilkan di Youtube dan ada dalam bentuk mp3 diberbagai web itulah alasan mengapa saya sebut sempurna.

Adzan Maghrib di Trans 7


Mohon maaf, saya tidak mendapatkan informasi siapa muadzinnya. Tapi adzan ini juga sangat indah. Terutama kalau dibawakan saat subuh. Pas sekali lagamnya. Iramanya mirip sekali dengan adzan makkah yang juga masuk daftar di blog ini. Hanya saja terdapat ciri khas yaitu pada bagian akhir dari setiap nada yang rata-rata sama. Anda muadzin?. Silahkan dipelajari dan diamalkan. Subhanallah..deh.

Adzan Makkah oleh Syech Ali Ahmad Mulla



Anda tentu sudah akrab dengan suara merdu sang maestro Adzan dari Makkah, Syech Ali Ahmad Mulla. Setiap hari kita mendengarkannya melalui berbagai perangkat oleh karenanya kita bahkan ada yang hafal nadanya. Saya terkejut ketika melihat sosok beliau. Suara merdu itu ternyata berasal dari orang yang sudah punya usia. Subhanallah.. 


Adzan maghrib ANTV



Yang ini adzan maghrib dari ANTV. Mengenai muadzinnya saya tidak mendapat informasi. Adzan ini lagamnya agak berbeda dari 3 adzan diatas. Saya kurang paham mengenai jenis lagunya tetapi jika telinga saya masih berfungsi sebagaimana mestinya, saya rasa ini adalah pengembangan dari adzan Syech Ali. Saya suka sekali apa bila ada qori yang membawakan adzan ini, terutama di tempat tinggal saya sekarang ini (Jakarta Utara). Hampir tiap pagi saya menunggu adzan ini dibawakan. Saya pernah sekali mencobanya dan kata orang tua saya "nratap ati". Artinya memang lagam lagunya enak sekali. Jadi saat dikumandangkan kita merasa sangat bersemangat. Subhanallah..

Adzan Maghrib oleh Akmal Maulana




Ini adalah gilirannya anak muda. Adzan ini berbeda versi lagi dengan yang diatas. Saya tidak tahu apakah ini pengembangan dari lagu milik Syeh Ali atau bukan. Tapi jika boleh saya menduga, ini merupakan lagu Nahawan. Sederhana, atau repetitif tidak jadi masalah. Karena itu tetap indah. 


Adzan oleh Syech Mishary Alafasy



Adzan ini baru saja masuk Indonesia. Sejak beberapa bulan lalu sudah berkumandang di beberapa stasiun tv swasta. Dan memang lagunya juga indah. Awalnya, saya  pribadi merasa agak heran dengan lagam ini. Ini adalah lagam untuk ngaji Al-Quran yang sering dibawakan oleh Syeh Mishary atau Muhammad Toha dan Ahmad Saud. Tetapi justru ini trobosan terbaru dan sudah akrab ditelinga kita. Saya pikir adzan ini sangat baik jika dibawakan pada waktu subuh. 

Itulah beberapa adzan pilihan dengan lagam yang berbeda. Jika anda adalah seorang Muadzin, 6 lagam ini bisa anda hapalkan dan praktikan setiap hari untuk 5 waktu yang berbeda. Mudah-mudahan setiap kali anda mengumandangkan adzan adalah penghapus dari dosa dan pengangkat derajat. Amin.

Post a Comment

2 Comments

  1. Azan.. Hmmm... Bagaimana pun juga azan yang dapat menggetarkan hati pendengarnya, itulah azan yang menurut saya bagus. Tapi yang namanya azan juga emang betul, jangan dibawakan dengan asal-asalan, malah kedengarannya kayak main-main. Dihayati sewaktu azan & suaranya dibuat merdu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakat juga diperlukan sih, kalau memang sudah bakat mah adzan kayak gimana aja tetep enak didengar. Yang kurang bakat, adzan dibuat lagam apa aja kadang menimbulkan pertanyaan, "ini siapa sih yang adzan?". Makanya harus sering berlatih, jangan hanya nyanyi saja yang dilatih.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.