Cara ganti domain blogspot jadi .com

3 Maret 2015, blog ini resmi berganti domain menjadi .com sekaligus merubah nama blog dari Everything Learning menjadi Ary Doweh. Cara dan bagaimananya, sudah dijelaskan oleh blog lain. Ada di cara seo bali dot kom dan juga aditya-web dot kom. Semua sudah dipaparkan selengkapnya. Jadi saya tidak perlu membahas tutorialnya. Hanya sedikit saja yang akan saya bagikan yaitu bagaimana saya merubah nama domain menjadi seperti sekarang ini.

Cara ganti domain blogspot jadi .com

Beli domain.

1.Punyai uang untuk beli domain.

Yang harus anda lakukan pertama adalah membeli domain. Caranya mudah saja. Pertama anda perlu menyiapkan uang sejumlah Rp .95.000. Lalu pergi ke idwebhost. Anda boleh gunakan yang lain. Ini adalah tempat kita membeli domain dan hosting.

Domain, saya mengartikannya sebagai sebuah nama untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah website. Jika anda pernah melihat IP addres atau alamat dari website anda seperti ini misalnya 0899588741 ^^. misal saja. Bagaimana anda mengingat deretan angka seperti itu dalam waktu singkat?. Bandingkan dengan bila saya menggantinya dengan Arydoweh saja. Anda tidak perlu repot harus membaca angka karena angka memang bukan untuk dibaca. 

Hosting, saat ini pengetahuan saya soal itu hanyalah tempat menyimpan file sebuah website. Misalnya saya upload gambar ke blog. Pertanyaannya, data gambar itu ada dimana?. Mungkin itulah fungsi dari hosting. Sebuah keberuntungan bagi blogger yang menggunakan blogspot karena kita digratiskan oleh google. ^^ jadi tidak perlu bayar ini itu. Cukup ganti domain saja.

saya tidak berani kasih rekomendasi, karena saya baru saja ganti domain. Soal nanti kedepan seperti apa barulah saya ceritakan. Jika ternyata hasil dari idwebhost memuaskan + sekali. Maka saya akan memberi rekomendasi.

2.Cari nama domain yang pas

Setelah punya uang dan sudah memilih tempat anda mau beli domain, anda bisa mencari nama yang paling pas untuk nama blog anda saat ini. Saya pribadi sulit menemukan nama "E-Learn" kalau pun ada TLD-nya bukan .com tetapi .net. Karena ada begitu banyak orang memakai domain yang mirip, maka saya putuskan memakai nama pribadi dan mengubah konsep blog ini dari Everything Learning menjadi Ary doweh. Mengapa harus Ary + Doweh?. Itu adalah nama saya, dan panggilan saya sewaktu kecil. Jadi terserah anda pakai nama apa saja, yang jelas kalau bisa sesingkat mungkin. Contoh OLX, Bukalapak, dan sebagainya. Semakin unik, semakin baik.

Mengenai jenisnya. Kan ada banyak tuh pilihannya. Ada .com lalu .net dot.biz dan banyak sekali. Saya pikir .com lebih baik karena hampir diseluruh dunia memakainya. Anda boleh pakai .net untuk blog yang membahas jaringan, atau biz untuk bisnis. Tapi apakah saya tidak boleh memakainya jika tema blog berbeda?. boleh saja. Bebas koq, tapi saya pribadi jarang mengetikan .co.id atau .biz dan sebagainya kebanyakan pakai .com. Lagi pula  dot yang lain harganya ada yang lumayan cukup mahal. Coba anda pakai .me atau .co.id atau .jp ^^ wah mungkin anda orang yang sudah punya penghasilan tinggi.

3. Transfer uang pembelian.

Kalau sudah, anda harus mentransfer sejumlah uang ke alamat rekening dari idwebhost atau yang lain. Anda juga bisa menggunakan paypal. Sebelum anda mentransfer, pastikan dulu mendapat invoice. Yaitu pesan singkat berisi kode/nomor dari pesanan. Nanti anda harus pergi ke ATM dan saat melakukan transfer, masukan nomer tersebut didalam "BERITA".  Sebelumnya, cek dulu nomor rekening, serta nomer invoice anda. Semuanya harus diteliti supaya tidak terjadi kesalahan.

4. Konfirmasi pembayaran.

Silahkan konfirmasi jika sudah melakukan transfer. Jika bank yang digunakan sama, perlu waktu sampai 10 menit lebih untuk diterima. Jika bank yang digunakan berbeda maka bisa memakan waktu hingga 24 jam. Jadi pastikan menggunakan bank yang sama.

Pada tahap ini, anda sudah selesai dalam pembelian domain. Atau, domain sudah resmi menjadi milik anda. Langkah selanjutnya berarti mengganti domain lama dengan yang baru.

Penggantian domain

Saya pribadi saat pertama kali mencoba mengganti domain menemukan sedikit kendala. Yaitu saat memasukan nama domain tidak bisa-bisa. Satu hari saya coba tunggu namun tidak bisa juga. Settingan cname dan DNS sudah mengikuti petunjuk tetapi memang tidak bisa. Akhirnya saya chat dengan CS-nya idwebhost. 6 jam kemudian tepat pada jam 11 malam, kendala teratasi. Domain sudah berganti dan semua link yang mengarah ke everthinglearning blogspot com kini dialihkan atau diredirect ke www.arydoweh.com.
Ini yang saya suka. CS-nya cukup responsive. Baik ditweeter, atau pun facebook mereka aktif.

Mengenai cara lengkapnya, anda boleh mengikuti panduan di link berikut ini. 


sumber diatas sangat lengkap dari a sampai z dibahas tuntas. Namun bukan jaminan kalau kita bisa langsung lancar. ^^ kecuali kalau anda tergolong orang pintar mungkin sekali coba langsung jadi. Saya sendiri 2 hari baru kelar acara ganti domainnya. Tidak apalah.. yang penting sudah ganti.

Mengapa sih harus ganti domain TLD?

Saya juga bingung, kenapa harus ganti ya?. Padahal mah sama saja antara yang pakai blogspot dan tidak keduanya pakai .com juga. Tapi...Setelah dilihat lagi, ternyata nama blog saya jadi lebih singkat. Mengetik e sampai dot kom itu butuh jari yang cepat. Mengetik arydoweh hanya 8 huruf saja. Olx hanya 3 huruf. Google cuma 6. Tidak perlu pakai blogspot-nya. Jadi dari segi pengguna saja ini sudah lebih ok.

Kalau anda serius ingin mengembangkan blog menjadi sesuatu yang besar, saya pikir cukup unik jika sebuah web sudah berpenghasilan jutaan rupiah tapi nama numpang ke google. Lebih unik lagi, namanya bankBeNIqno.blogspot dot kom  dan mereka mengatakan bahwa "ini website resmi dari bank bla bla bla.. selamat anda mendapat hadiah nothing". Hm, dengan ada embel-embel blogspot, kemungkinan orang itu untuk bisa melakukan penipuan adalah nol. Sebabnya adalah, orang lebih punya rasa percaya dengan yang tanpa embel-embel. Apa jangan-jangan anda percaya?.

Supaya lebih semangat lagi ngeblognya. Dengan membayar 95.000 setahun atau 12 bulan. Anggap saja sebulan kita cuma bayar 8000 untuk bayar domain. Dan kalau nanti tidak diperpanjang bisa expired. Artinya kita akan tetap update blog donk?. Lalu perpanjang lagi. Sebenarnya 8000 itu kalau dihitung sehari, mungkin hanya 266 perak. Biaya kencing tiap hari saja lebih mahal dari ganti domain lho. ^^ Jadi kenapa tidak ganti domain?. Masih ingin mencoba dan baru belajar?. Saya pikir memang lebih bijak belajar dulu sampai berhasil dan ganti domainnya saat ditengah-tengah sebelum berhasil dan memulai. Kapan itu?. Sekarang lah.. ^^

Post a Comment

9 Comments

  1. Replies
    1. Saya mantap?. Hehe. Saya bukan makanan mas ^^.

      Delete
  2. wah akhirnya ganti domain juga ya.
    hem.., nama yg ini bagus mas, lebih mudah dan lebih singkat. selamat ya mas ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. susah mas nama yang lama. Orang Indo kurang kenal. Lagi pula E sampai com itu memang panjang. Jangankan mengingat, membaca saja keteteran kalau begitu mah. Ya akhirnya saya pakai nama pribadi. Lebih asik jadinya ^^

      Delete
  3. Selamat buat ganti domain, jadi malu sama Mas Ary, saya aja belum ganti-ganti domain. Btw, bagaimana dengan AdSense?? Ada pengaruhnya gak Mas? Jadi pengen ganti juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih..^^ lho kenapa harus malu?. Kan tidak ada yang menyoraki atau membuat kita jadi meme?. ^^ . Untuk adsense, saya no komen dulu hehe. Karena ganti domain, maka adsense harus diotoritas baru nanti bisa tampil lagi diblog. Dan itu artinya kita harus daftarkan lagi blog yang sudah ganti domain. Nah, jadi saya harus memperbaiki blog ini sampai maksimal dulu nanti baru daftar. Saya pikir itu lebih baik. Ya silahkan mas.. saya dukung ^^ dan semoga makin mantap juga blog mas Hendra.

      Delete
  4. rencana mau beli..tanks infonya

    ReplyDelete
  5. maksudnya saat melakukan transfer, masukan nomer tersebut didalam "BERITA apa ya?

    ReplyDelete
  6. Em sudah pernah melakukan transfer rekening belum ya?. Kalau sudah, disana kan ada 'Berita'. Gini deh nanti saya buatkan artikelnya juga supaya lebih jelas lagi. Terimakasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.