Kisah sukses blogger India, Hars Agrawal

Kisah sukses blogger tak datang dari Indonesia saja. Dari India, sebuah artikel berjudul, "setelah 2191 hari menjalani blogging saya katakan, blogging luar biasa." telah menginspirasi banyak blogger didunia. Termasuk saya, dan mungkin anda setelah sampai diakhir artikel ini. Saya memang percaya dengan blogging. Menjadi blogger adalah hal yang sangat positif untuk kehidupan. Andai pun tidak menghasilkan, berbagi saja sudah dapat pahala. Dan dengan cara ini, minimal sudah punya celengan akhirat.

Kepercayaan saya tersebut dibuktikan dalam artikel milik Hars Agrawal, pemilik ShoutMeLoud. Dia adalah orang yang paling menginspirasi diri saya saat ini. Bahkan saat membaca artikelnya saja semangat saya berkobar-kobar. Ada rasa haru yang dalam diartikel tersebut. Ada dendam positive yang harus segera dilampiaskan. 

Saya tahu mungkin anda punya orang lain yang menjadi inspirator. Tapi anda tidak akan rugi kalau mau berkunjung disana. Meskipun bahasanya Inggris dan mengharuskan kita belajar, akan tetapi semua setelah kita mengerti bahasa Inggris semua ilmu yang ada disana bisa kita serap habis. Lagi pula bahasa yang dia gunakan cukup mudah dimengerti. Jadi silahkan kunjungi sekarang.

Foto Hars Agrawal, simple traced by ary.

Foto Hars Agrawal, quick simple traced by ary.

Cerita Hars dan bagaimana ia bisa sukses.

Hars memulai semuanya dengan ketidaktahuan. Ia memulai karier bloggingnya  seperti kita. Ia memang tidak punya ide tentang memonitesasi blog. Ia melakukan blogging hanya karena hobby, menikmati proses menulis dan berbagi. Namun hal itu malah membuat banyak pembaca senang. Bagi Hars, blogging tiddak dijadikan hanya sekedar hobi tetapi menjadi profesi. Oleh sebab itu mungkin menulis 10 ribu artikel baginya masih dianggap kurang. 

Setelah lulus dari perkuliahan, dia bekerja di Convergys selama 6 bulan dan pada saat itu jugalah ia memulai blogspot dan membagikan semua yang diketahui. Sejak kecil, Hars memang menyukai hal berbau komputer. Main game, mempelajari software, bersosial media, semua dilakukannya. Namun justru itu membuatnya menyesal. Pada penerimaan mahasiswa, dia sempat ditolak empat kali. Ajaibnya, setelah itu dia diterima disatu kampus yang sebelumnya mewawancarai dia tentang sosial engingeering dan heking. Sesuatu yang benar-benar ia suka dan kuasai.

Saat usia 22 tahun, dia mulai mandiri dengan bekerja pada Convergys tepatnya setelah wisuda. Bagi dia setiap orang bisa membentuk masa depannya masing-masing. Akan seperti apa hidup kita dimasa depan, kita yang menentukan. "Saya berpikir, saya adalah pembetuk masa depan. Saya bisa membentuknya menjadi seperti apa", Hars Agrawal owner ShoutMeLoud.com 

Karena pemikiran seperti itu, kemudian dia tidak lagi bekerja dengan perusaahan tersebut setelah 6 bulan dan mulai mencoba peruntungannya sebagai profesional blogger. Tapi disaat yang sama satu perusahaan  baru menawarinya pekerjaan. Disini mungkin dia sedang perang batin. Beruntung temannya memberi tahu, akan lebih baik jika bekerja saat ini dan tetap blogging. Disaat blog sudah memberikan hasil lebih dari bekerja, mulailah menjadi profesional blogger. Itulah yang terbaik.

Hikmah dibalik kecelakaan

Hars mengalami sesuatu dengan kakinya. Disitu dia harus menjalani istirahat total selama 6 bulan. Selama menjalani hal tersebut, ia melakukan blogging dengan optimal. Setelah ia diperbolehkan untuk bergerak, saat itu blognya telah menghasilkan kurang lebih $2000. 

Sebuah kejadian mengerikan dalam hidup berubah menjadi menyenangkan karena menggunakan pendekatan yang berbeda. Jika kebanyakan orang merasa hidupnya telah hancur, tidak dengan Hars. Ia menggunakan semua kemampuan diatas kekurangannya saat istirahat total. Dan kabar baiknya, keberuntungan tetap mengikuti. Bertemulah ia dengan Rahul Bansal dan bekerja sama membangun ShoutMeLoud. 

Setelah berhasil dengan blognya, ia membuka ShoutDreams sebagai induk dari semua blognya. Itu berkat kerja sama dengan seorang anak Drop Out yang 'gila' dengan teknologi bernama Sid. Hars merekrutnya untuk diajak bekerja membangun ShoutDreams. Keyakinan akan masa depan membuat Hars menemukan jalan menuju kesuksesan. Saat artikel ini ditulis penghasilannya perbulan sudah sampai $7000. Mungkin lebih.

berikut ini sedikit terjemahan memakai otak saya sebagi translator dari artikel milik Hars, berikut silahkan dibaca.

Untaian motivasi dari Hars Agrawal.

6 tahun lalu, saya sudah mempelajari banyak hal. Banyak keyakinan saya yang pupus, dan saya mengerti bahwa hidup itu tidak mudah dan tidak akan langsung enak. Ada hari baik dan buruk, masalahnya hanyalah bagaimana kita menghadapinya. Itu lah hidup. Itulah bagaimana anda membayangkan seperti apa hidup anda nantinya. Salah satu teman saya menyarankan untuk membaca buku yang berjudul "the secret", dan setelah membacanya, saya juga menyarankan anda. Itu akan membantu anda menyelesaikan masalah dengan cara yang baik dan membuat hidup lebih baik. Buku ini adalah untuk siapa saja yang ingin memiliki hidup yang berarti. Ini adalah beberapa hal yang dapat dibagikan dari pengalaman saya selama 28 tahun :

-Miliki goal/impian, itu akan membantu untuk terus maju.

-Anda adalah pencipta dari hidup anda. Anda bisa membuat apa saja. Jadi buatlah sesuatu yang besar, dan mimpilah yang besar.

-Mau anda benar atau salah, kami adalah orang yang 'jujur' dan akan tetap 'jujur'.

-Masalah anda adalah milik anda. Dan itu akan tetap hadir dalam hidup. Simpanlah energi untuk keluar dari masalah dari pada terus menghawatirkannya.

-Apa yang terjadi kepada anda sekarang ini adalah hasil dari tindakan dimasa lalu, apa yang akan terjadi nanti adalah apa yang anda lakukan saat ini.

-Kunci sukses itu adalah kepercayaan diri.

-Temukan kekuatan diri, mungkin orang ingin menjadi si A atau si B. Jadilah dirimu sendiri dimana tidak ada orang lain yang sama sepertimu.

-Jangan mengorbankan masa depan hanya untuk masa kini. Temukan keseimbangan antara masa depan dan masa kini untuk hidup lebih baik.

-JANGAN BERBAGI MASALAH DENGAN ORANG LAIN, KARENA MEREKA SIBUK DENGAN URUSANNYA SENDIRI.

-Lakukan sesuatu dengan maksimal, jangan pamrih atas hal itu.

-Sukses itu adalah sebuah jalan yang sangat panjang, ketika sudah menapakinya, jangan berhenti!

-Blog adalah duniamu, tulislah segalanya dari hati. Maka itu akan menghadirkan rasa cinta dari jutaan orang.

Ada satu kata saya cetak tebal, saya (ary). Itu karena saya sadar selama ini orang sibuk mengurus dirinya sendiri. Sebenarnya saya ingin sekali meminta bantuan kepada orang lain agar membangun blog ini menjadi lebih baik bersama-sama. Saya tahu, kepentingan mereka tidak bisa ditunda. Oleh karena itu jika 10.000 artikel saja ditulis Hars sendirian selama 6 tahun, maka bagi saya bukan tidak mungkin kalau menulis 1000 artikel untuk blog ini. Semangat kawan pintu kesuksesan sudah terbuka, tapi masih perlu berlari untuk masuk kedalamnya. Mari lari bersama menuju kesuksesan!

Lihat juga : 

Post a Comment

8 Comments

  1. Mantabs sangat memberi inspirasi untuk sukses ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mas kisah sukses Hars dengan blognya memang sangat menginspirasi.

      Delete
    2. Iya nih mas kisah sukses Hars dengan blognya memang sangat menginspirasi.

      Delete
  2. Trnyata dia punya 8 Blog ya mas. hem.., sepertinya sama banyaknya dgn Pat Flynn. Kayaknya untuk Sukses butuh 8 Blog dan Ribuan Artikel.

    Oh ya, kok Google Plus Followernya ada banyak banget ya. sampai ada 400 ribu orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tidak tahu tentang google plusnya. Hehe. Kalau tentang blog yang sampai 8 itu memang dia bangun berinduk di Shoutdreams. Jadi nama lainya ShoutMeloud dan yang lain juga Shout2-an pokoknya. Saya satu aja belum terurus nih hehe..

      Delete
  3. Artikelnya sangat menginspirasi mas. Kreatif dan menambah semangat untuk tetap menulis di ke-15 blog (2 diantaranya custom domain) yg saya kelola sendirian sejak setahun belakangan ini. Harapannya bisa memberi manfaat kepada semua pihak. Terimakasih atas info menariknya dan salam kenal dari blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, anda tipe pekerja keras bang, 15 blog itu sangat banyak. Saya satu saja update jarang-jarang. Hehe.

      Delete
  4. wah...sangat menginspirasi, jadi tambah semangat hehe

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.