Thursday, 12 March 2015

Cara daftar dan pasang widget alexa diblog

Mengingat cara daftar dan pasang widget alexa diblog itu agak ribet, ada baiknya kalau saya buatkan sedikit tutorialnya. Saya ingin berbagi sedikit pengalaman dalam melakukakn pendaftaran blog ke situs alexa. Begini, dulu itu saya gaptek. Apa-apa tentang internet selalu pusing. Salah satunya pas mencoba memasang widget alexa, itu sampai jam dua pagi baru beres. Jadi saya mencari tutorialnya di blog lain saya buka satu-satu lalu dicoba. Hasilnya nihil!. Mungkin saya aja yang oon. ^^ Nah karena saya kasihan sama orang yang maap nih saya tidak nyebut ya.. ^^ sama kayak saya lah, maka saya coba berikan sedikit cara daftar dan pasang alexa sekaligus.

Langsung aja cuy..

Cara daftar alexa

1. Kunjungi alexa, klik disini aja.
2. Anda akan disuruh memasukan alamat email. Kalau sudah tekan create.
3. Ada pemberitahuan untuk masuk ke gmail, untuk login gmail, silahkan klik disini
4. Di kotak surat anda apakah ada email dari alexa?. Kalau ada silahkan dibuka dan klik tautan yang diberikan. Lihat gambar dibawah ini.

link alexa dari email untuk verivikasi

Itu maksudnya, pendaftaran anda berhasil, silahkan kunjungi.. http: nah itu diklik aja. Nanti anda akan diarahkan ke website alexa.

5. Sesudah sampai diwebsite alexa melalui link yang diberikan, anda akan menemukan kolom untuk mengisi password. Itu adalah password alexa anda. Contohnya, Alkirom889 itu adalah password yang kuat. Ada huruf kapital dan angka.

6. selesai. Langkah pendaftaran beres.

Cara mengklaim website di alexa

Mengklaim adalah memberitahu bahwa anda adalah pemilik dan pengurus situs tertentu. Untuk melakukannya silahkan ikuti panduan berikut.

1. Klik add my site pada dashboard alexa anda. Lihat gambar.

tambahkan site anda di  dashboard alexa

2.Sudah?. Nanti ada jendela munculan. Disitu silahkan masukan alamat website anda. Lalu klik view plan and pricing. Dan anda akan dibawa ke halaman daftar harga. Tenang.. ini cuma mengklaim aja tidak perlu bayar. OK?.

3. Nah sampai disini silahkan scrool down. Bergeraklah kehalaman paling bawah sampai ketemu kalimat " You can create basic comparison or claim a site with a free alexa account". Bingung?. Lihat gambar lagi.

klaim situs anda dialexa

4. Anda sudah berada dihalaman claim site?. Disitu kan ada perintah masukan alamat blog?. Silahkan masukan saja alamat blog anda pada kolom "enter a site url". Lalu klik "continue"

5. Anda akan dibawa ke halaman pilih metode. Pilih yang kedua saja.

Pilih metode dalam mengklaim

6. Silahkan buka dasboard anda, jika belum membukanya silahkan klik disini
7. Sudah?. Silahkan ke menu > template > HTML >
8. Cari kode <head>. Tekan CTRL + F, lalu masukan kode <head> kemudian enter. -.-
9. Ketemu?. Balik ke tab alexa, disana tadi anda disuruh untuk memasukan alexa id kedalam mode HTML, copy kode tersebut lalu paste tepat dibawah kode <head>. Lihat gambar.

copy kode verivikasi alexa

pastekan di bawah kode head

Simpan template, lalu masuk ke alexa dan klik verify my ID. Beres.

Cara Pasang widget alexa diblog

1. Buka dashboard>tata letak> klik "tambahkan gadget">pilih "HTML"
2. Akan ada jendela munculan, silahkan paste kode dibawah ini.

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/webset-elo. oncom"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=webset-elo. oncom"></script></a>          atau kode berikut ini untuk widget jenis ada rank dan jumlah link yang mengarah ke blog anda?. <a href="http://www.alexa.com/siteinfo/webset-elo. oncom"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=webset-elo. oncom"></script></a>
Pilih salah satu aja. Jangan maruk.^^ ganti yang warnanya merah dengan nama website anda. Kalau sudah silahkan di "simpan".

Catatan, saya melakukan ini sambil bikin artikel hanya butuh 15 menit. Saya rasa anda bisa lebih cepat.

Selesai tutorial ini. Semoga berhasil. Lihat juga : Alexa saya turun dari hari ke hari

Artikel Terkait

2 comments