Berbagai cara mendatangkan pengunjung ke blog

Ada berbagai cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Dari cara-cara tersebut, pasti ada yang sudah anda terapkan dan hasilnya ada yang berhasil dan juga masih nihil. Sebenarnya trafik itu bisa didapat dengan mudah jika kita sudah tahu triknya. Saya hanya pakai logika sederhana, artikel banyak + kualitas = trafik. Blog walking + artikel menarik = trafik. Itu saja. Tapi coba saya jabarkan sedikit saja.


Berbagai cara mendatangkan pengunjung ke blog

Blog baru, belum ada artikel, belum ada pengunjung = wajar

Saya sudah mencoba membuat banyak blog, dari semuanya sudah saya isi artikel minimal 5. Hanya 5 artikel dan trafiknya saat ini masih minim. Menurut pandangan pribadi, ini wajar sekali. Pada awal pembuatan blog ini pun saya juga mengalami hal yang sama. Artikel baru 5, itu pun membuatnya susah sekali. Trafiknya jelas tidak ada. Kalau pun ada itu setelah saya tinggal selama 3 bulan-an. Karena blog tersebut masih baru, kemungkinan untuk muncul dihasil pencarian masih belum maksimal. Tapi ada beberapa hal yang saya lakukan pada blog baru agar cepat diindex oleh google.

- Buat artikel yang semuanya berkaitan. Untuk membuat hal seperti ini kita perlu nge-niche.
- Daftar ke google webmaster
- Lakukan ping google. (memanggil robot google untuk menelusuri blog kita)

Setelah itu, baru ada pengunjung. Itu pun masih sangat minim. Tapi sudah terindex dan ditempatkan diurutan pertama dihasil pencarian. Lebih lengkapnya bisa dibaca di : Apa yang harus dilakukan pada blog baru?

Timbulkan kesan pertama yang baik

Adakah alasan bagi saya untuk membookmark blog ini?
Apakah blog ini sangat bermanfaat bagi saya?
Apakah blog ini begitu bagus sehingga harus saya follow?

Meskipun blog tersebut adalah blog baru bukan berarti isinya juga menggambarkan orang baru. Kadang ada orang yang sudah pro tetapi membuat blog baru dengan tujuan tertentu. Blog semacam ini tentu akan dibookmark tanpa harus diminta. Itu karena timbul kesan pertama yang baik terhadap blog. Menurut saya, setiap orang yang berkunjung keblog kita selalu menangkap kesan yang diberikan. Jika ia membaca dan merasa bahwa itu penting, maka bersar kemungkinan ia akan kembali dan bahkan membookmark. 

Untuk melakukan hal tersebut saya belum bisa ^^. Tapi sejauh ini, saya melihat kalau membuat blog yang kita bisa adalah yang terbaik. Saya pribadi hanya bisa design dan gambar serta dunia grafika. Maka sudah pasti saya ahli dibidang itu. Setidaknya, saya lebih bisa membuat artikel tentang itu dibandingkan membuat artikel tentang hukum. Sehingga apa yang saya tulis di blog adalah berdasarkan pengalaman saya dibidang tersebut. Dan kesan pertama yang didapat adalah "orang ini banyak pengalaman, saya akan bookmark". Untuk bisa seperti itu maka kita juga harus menulis artikel dengan fokus. Lihat di : 5 W artikel jadi tidak fokus

Seperti yang terjadi pada juragan cipir. Saya berkali-kali membaca artikel yang sama karena saya merasa bahwa itu akan bermanfaat dimasa depan. Ia jago dibidang adsense dan saya ingin belajar banyak. Begitulah kira-kira. 

Artikel sudah banyak dan berkesan, tinggal blogwalking

Meskipun artikel anda bagus dan punya kekuatan, masih ada satu lagi yang harus dilakukan. Blog walking. Ini penting. Anda harus berkunjung ke blog orang lain, kalau bisa masih satu tema, lalu baca artikel disana (jangan asal lewat!) dan terakhir silahkan beri tanggapan atas apa yang sudah dibaca. Tunjukan antusias anda terhadap artikel tersebut agar empunya juga merasa bahwa artikelnya sudah dibaca. 

Kadang saya sedih kalau komentarnya nggak nyambung. Itu bisa terjadi karena tidak membaca keseluruhan, langsung scroll ke kolom komentar dan bilang "artikelnya bermanfaat bla bla bla..". Perlu saya ingatkan, blog walking itu harus ikhlas.. jangan karena ingin dapat kunjungan balik. Jangan berkata "kunbal ya..". Itu menandakan kalau blog anda belum eksis. Justru dengan membaca keseluruhan dan berkomentar dengan antusias maka akan timbul penasaran dari empunya. Selanjutnya, terserah dia apakah mau berkunjung balik atau tidak. 

Blog walking juga jangan hanya pada blog yang itu-itu saja. Saya lihat mbak Ririn.. Tahu kan mbak Ririn?. Beliau adalah Pemilik blog cara-ririn. com, orang yang benar-benar rajin blog walking!. Saya melihat banyak sekali komentar beliau dimana-mana. Lalu apa bagusnya?. Foto profilnya jadi teringat oleh otak kanan kita entah sadar atau tidak sadar. Selanjutnya, saat sudah hafal betul dengan muka orang tersebut, maka pasti ada tindakan "kunbal". Saya sendiri kenal juragan cipir dari blogwalking. ^^

Terakhir, anda jangan percaya artikel ini. Mengapa?. Blog itu rumit. Tapi bisa dipermudah. Membaca artikel ini saja tidak akan membuat blog jadi ramai. Anda harus melakukan tahap demi tahap. Belajarlah dari orang yang sudah ahli dan lakukan apa yang dilakukannya. Lakukan itu setidaknya 6 bulan berturut-turut. emm.. Kabar buruknya, saya bukan orang ahli dibidang ini^^. Jadi silahkan cari lagi artikel tentang cara mendapatkan trafik.

Tapi sebagai gambaran saja, inilah yang saya lakukan selama ini.

- Sehari satu artikel. Trafik = 10-20 pv diawal bulan. (pemula/newbie 2014)
- Memperbanyak baca blog orang dan blogwalking. Trafik = 40=80 pv.
- Jumlah artikel sudah 100. Trafik = 300 pv.
- Template ganti responsive + pasang widget related articles. Trafik naik ke 600 pv 
- Jumlah artikel 180, trafik 1000 pv
- Menerapkan SEO + menambah link terkait dalam artikel. Trafik naik lagi jadi 1500 pv.
- Artikel ditambah terus = >1500 pv

Ini hanya perhitungan kasar.. tidak akurat. Hanya sebagai gambaran. Dari situ ada beberapa kata kunci, "artikel, blogwalking, template + widget related post, SEO". Silahkan cari artikel yang berhubungan dengan 5 hal diatas di google pencarian dan lakukan, insyaAllah trafik anda akan bertambah. 

Post a Comment

8 Comments

  1. kebetulan pengunjung blog saya masih minim banget mas, makasih sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha yang bener mas Budi??. Minimal satu artikel diview 1000 orang kali?.^^

      Delete
  2. Ternyata ganti domain, sama aja kayak kita bikin blog baru ya Mas, semuanya serba baru, saya lihat alexa rank blog ini, baru juga. Emang gak bisa alexa rank yang lama dipindahin ke yang baru ya??!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mas.. jangan khawatir. Ini hanya soal "waktu". Justru semakin cepat ganti domain makin menguntungkan diakhir.. Saya ganti supaya ga telat.. kalau saya terus memakai blogspot sampai alexa ramping + banget, malah lebih gaswat itu. Nanti coba saya share lagi tentang perihal ganti domain.

      Delete
  3. kebetulan saya baru mulai ngeblog mas Ary alias newbie, dengan tips2 n trick ngeblognya mas Ary, saya merasa terbantu sekali, terimakasih dan salam kenal

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.