Tips menambahkan teks pada gambar

Kebanyakan orang, terutama yang bukan designer seperti saya pastilah saat menambahkan teks pada gambar mempunyai ciri khas. Apa itu?. Tidak harmonis, menutup bagian penting dari gambar dan sebagainya. Berikut ini adalah tips dari seorang ahli kritik tentang bagaimana menambahkan teks kedalam gambar yang bagus.


1. Kunjungi Palleton.com

Palleton, jika anda baru mendengarnya, saya akan jelaskan sedikit. Palleton. Seperti namanya, pallet berarti tempat mencampur cat warna. Sedangkan on sendiri saya tidak tahu apa artinya. Dalam kamus mungkin itu berarti, hidup (untuk benda) atau "di". Jadi kalau digabungkan, adalah tempat mixing warna yang hidup.

Dah, benar atau salah itu tidak penting. Silahkan kunjungi saja. Mengapa?. Disana nanti ada berbagai macam color wheel atau roda warna. Itu adalah sebuah cara mengkombinasikan warna satu dengan yang lain sehingga tampak serasi. Bagaimana bentuk color wheel itu?. Kurang lebih seperti ini.


Color wheel


Wah!! warnanya hidup banget ya?. Memang begitulah color wheel.  Ia punya cara untuk membuat warna menjadi serasi satu sama lain.

2. Kalau sudah, perhatikan gambar diatas.

Disana ada lingkaran lebih besar dan lingkaran kecil. Didalam lingkaran kecil, itu ada beberapa lingkaran lebih kecil lagi. Mungkin seperti titik lah. Sebut saja dot. Nah, jika diperhatikan, titik tersebut ada 5, yang tiap-tiap titik ada kode warnanya. Yang paling tengah misalnya ada di warna AA3939, dan selainnya adalah warna pengikutnya.

Perhatikan lingkaran luarnya. Itu bisa digeser terserah anda. Tapi akan lebih baik jika kita melihat gambar yang akan kita tempeli dengan teks contohnya sebagai berikut.

Sedih amat?


Itu dia. Kita sudah dapat gambarnya. Lalu kita bisa lihat bacgroun si orang. Ternyata warnanya adalah gray dan sedikit redish. Atau abu-abu sedikit kemerahan. Langkah selanjutnya, buka photoshop lalu cari kode warnanya.

Saya tidak memakai photoshop tetapi langsung saja. Ini karena memang sudah biasa. ^^. Jadi kurang lebih warnanya sama dengan kode CBB8B8. 

Tampilannya, seperti dibawah ini.

876565

Masih kurang gelap sedikit, tidak apa-apa, yang penting sudah hampir sama. Selanjutnya adalah didalam kotak itu kan ada warna lebih gelap atau lebih terang. Ini istilah LAB-nya. Kode tersebut pada sisi agak gelap, dan paling gelap berada di posisi : A88D8D, 876565.

3. Kunjungi Juga Dafont atau situs yang mengerti tentang font.

Di Dafont, ada banyak pilihan huruf. Bentuk huruf sangat mempengaruhi ekspresi orang. Dalam gambar orang sedih diatas, saya akan menempelkan huruf broken detroit.

Untuk pilihan warnanya saya pakai 876565. Untuk peletakannya saya gunakan font yang agak pas untuk spasi antara kepala si orang. Jadi kurang lebih gambarnya seperti ini.


Pengen kawin mak..


Begitulah, semoga bermanfaat.

Post a Comment

10 Comments

  1. Tip buat bikin meme nih. Sering downod font dari dafont mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. stttt jangan ditambah "k" lho mas.. kalo yang nggak tahu nanti marah-marah disini. Hehe. Hmm tidak begitu sering, hanya saat tertentu saja. Kalau kebetulan lagi pengen bikin apa gitu..^^

      Delete
  2. JAdi online juga bisa edit photo ya gan... kalo saya mah pake paint ajah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas Abu, sayangnya photoshop online itu toolsnya tidak se ampuh yang offline. Makanya saya lebih suka yang biasa-biasa saja. Mungkin nanti poin diatas masih akan berlanjut. Soalnya belum beres semua, mata keburu ngantuk hehe.

      Delete
  3. Menarik juga Pembahasannya. Dulu Pas Semester 4. Saya pernah dikasih Tugas oleh Dosen untuk menambahkan Teks Pada Gambar. Tapi ngga Bisa di Baca, Hanya Pesan Rahasia saja yg tersimpan di gambar ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake rahasia segala ya mas Afrid?. Mungkin teksnya pakai sandi morse atau kode da finci.

      Delete
  4. wahhh kalo saya lebih suka pake paint mas soalnya beo tahu kalo ada situs khusus buat menambahkan teks pada gambar ini hmmm keren ini infonya makasiii yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm paint ok sih mas.. ini juga khusus orang design aja. He, padahal mah ngapain susah-susah ya?. di Photoshop juga ada. Itu bukan tempat buat nambahin teks ke gambar online mas.. cuma color wheel aja.

      Delete
  5. kalau menambah teks pada gambar biasanya saya pake photoshop aja deh mas. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, saya juga. Tapi untuk font dan color wheelnya saya lebih suka pake palleton + Dafont. Diphotosop tidak begitu lengkap. Lagi pula, itu modenya sudah RGB tidak perlu kutak katik lagi, kalo dah jadi.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.