3 skills blogger yang bisa dterapkan dalam kehidupan

Bagi seorang blogger, kemampuan ngeblog pasti tidak hanya dipakai saat melakukan aktivitas itu sendiri. Skill yang didapat dari blogging tersebut bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja keahilan itu?. Berikut saya coba jabarkan.



3 skill blogger yang bisa dterapkan dalam kehidupan

1. Mengetik cepat 10 jari

Hal ini hanya berlaku pada blogger yang mau belajar mengetik cepat menggunakan 10 jari, tidak pada mereka yang masih mengandalkan dua jari telunjuk alias 11 jari untuk membuat artikel. Awalnya, saya pun hanya menggunakan 2 jari tersebut. Namun karena terlalu lama dan juga sering mengalami salah ketik maka saya putuskan untuk mencoba menggunakan semuanya. Tadaa.. sekarang saya sudah bisa ngetik 10 jari. 

Lalu aplikasinya pada kehidupan seperti apa?. Ini mah tidak usah dijelaskan. Kadang kala kita harus mengerjakan tugas yang berhubungan dengan perkara ketik-mengketik dengan ekstra cepat. Hampir tidak ada waktu untuk berkata"ngopi gan.. " atau ngupil. Dalam situasi seperti itu kemampuan tersebut benar-benar berguna. Teman saya juga pernah diledek, katanya, "Alaaah lu sok ngetik 10 jari?." Dia diam saja mendegar dumelan temannya itu. Tapi, kini dia bisa ngetik bahkan sambil merem. Ternyata langkah ini tepat. 6 bulan lamanya saya belajar ngetik dan sekarang sudah lumayan lancar. Merem juga bisa ^^

Kalau anda adalah sebagai juru ketik disuatu warnet, kemampuan ini juga akan sangat berguna. Setidaknya, kalau anda bisa mengetik hingga 10 lembar saja maka sudah menghasilkan 20 ribu. Atau kalau dipatok lebih besar bisa sampai 30.000 dengan harga 3000/lbr.

Pelajari bagaimana mengetik cepat di : Ketik cepat 10 jari dengan rapid typing

 2. Mengolah kata dalam kalimat.

Ini yang baru saja saya alami. Ada seseorang karyawan lama yang dipromosikan oleh bos. Dia ditugasi untuk memberikan materi tentang pekerjaan dan etika dalam bekerja. Wakwaw.. ternyata isinya cukup apa ya?. Mungkin kalau digambarkan, itu adalah saya yang pertama kali nulis diblog. Jelas saja dia bilang "pusing", sangat tergambar dari tulisannya kalau dia memang benar sedang mabuk nulis. Akhirnya saya rombak sekitar 30%-nya. Saya jadikan agak lebih ke blogger-an gitu. Sehingga bahasanya cukup bagus. Semoga juga menurut pak bos. 

3. Mencari sumber diinternet

Kalau dulu mencari sesuatu diinternet bisa memakan waktu sampai satu jam. Sekarang tidak lagi. Mau cari apa saja ada dan tidak perlu pusing. Bagaimana cara masuk ke facebook ketika lupa password dan sebagainya, semua seolah sudah ada dikepala. Apa lagi ketika kita paham sedikit ilmu seo. Rasanya kita tinggal ketik kata kunci tertentu, pasti dapat jawaban. Paham apa itu link, bagaimana bentuknya, kita juga bisa tahu mana link yang untuk download dan mana yang hanya iklan. Sehingga mengefektifkan waktu internetan.

Krena sebagian besar yang menyediakan informasi tersebut adalah blogger. Dan kita juga salah satunya, maka saat orang bertanya dimana tempat download "A" dan bagaimana caranya membuka "B" ? semua kita bisa suguhkan sesuai niche kita.

Bukan cuma mencari sumber saja yang bisa didapatkan, tapi kalau kita cerdas juga bisa memiliki blog teknologi yang menghasilkan $7000 perbulan. Maknyus kan?.

4. Berbahasa Asing dengan mudah

Ada beberapa artikel diblog ini yang menyajikan bagaimana berbahasa Inggris. Apa semua itu adalah sia-sia?. Ternyata tidak sobat. Kemarin ini juga berlaku. Jadi, pak kepala seksi saya itu tidak bisa berbahasa Inggris. Bisa sih.. tapi baru belajar. Dan suatu ketika dia telponan dengan customer service dari perusahaan lain. Nah begitu suruh membaca kalimat dari mesin dalam bahasa Inggris, saya nyengir. Anda bisa bayangkan orang jawa, medok dan membaca bahasa Inggris dan di-e-ja. Bukannya saya mau mengolok-olok sobat, tetapi akhirnya dia meminta saya membacakan perintah tersebut karena terlalu lama membacanya. Jujur saja, artinya sendiri saya sedikit paham artinya tanpa harus nanya ke CS. Tapi karena tidak mau dibilang sok tahu, ya sudah saya serahkan ke CS-nya saja. 

Maka dari itu beberapa artikel disini dan di blog yang lain saya isi dengan bahasa Inggris, tujuannya agar saat ada kejadian macam itu, sudah tahu bagaimana mengatasinya. Jangan hanya karena tidak tahu yes or no saja lalu pencet tombol dan buuum. Mesin meledak. Bahaya kan?. Minimal, bahasa imperative itu harus paham. Semacam turn off the trendsetter, and turn it on again. ini kan mudah?. Seharusnya kita bisa. Sekian semoga skills ini bisa diterapkan dalam kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Post a Comment

8 Comments

  1. Mengetik sepuluh jari. Aku juga selama ngeblog jadi sering biasain ngetik 10 jari akang. Bener juga yak bisa bermanfaat gitu. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teteh itu mah pasti.. makanya ngeblog itu positive banget.

      Delete
  2. Saya setuju poin 1-3. utk point empat kudu mikir dulu ah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingow.. mas abu emang membaca tulisan ini hehe. Karena nomer 4-nya ga sesuai judul ya?. Hehe Judulnya tiga saya kasih bonus satu mas.

      Delete
  3. Wah poinnya ada empat mas, hehehe... Iya paling enak emang ngetik pake 10 jari, lebih cepat, sambil merem melek juga bisa. Yang nomor 2 yang paling sering diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk, apa lagi kalo kerjaannya berhubungan dengan komunikasi.

      Delete
  4. Ngomong-ngomong itu judulnya gak ada huruf i nya ya? Jadi malu.. hehe maklum bikinnya kemaleman, isinya dicek judulnya kelewat.

    ReplyDelete
  5. Iya dterapkan, kurang huruf i. Mungkin jatuh Mas Ary... :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.