Tips berdiri dikereta selama 2 jam.

Berdiri dikereta dalam waktu yang lama akan membuat kita lelah. Tak hanya kaki, bahkan badan pun bisa ikut pegal. Kalau anda berdiri dikereta yang sangat modern dengan penumpang yang terbatas, mungkin itu tidak menjadi masalah. Akan tetapi jika penumpang sedang luber seperti apa yang saya alami kemarin, mungkin tips ini akan sedikit berguna.


1.Hindari memegang dengan satu tangan

Mengapa ini menjadi poin pertamanya?. Karena banyak orang yang melakukannya, dan ketika sampai dirumah mereka menemukan kalau pergelangan tangannya terkilir. Saat pengguna kereta api sedang berdesakan, biasakan menggunakan kedua tangan untuk memegang pegangan. Kecuali jika tangan anda cukup kuat menahan beban diri anda plus orang lain yang mendesak anda, silahkan saja.


tangan pegang handle


Saat memegang, tumpuannya harus diletakan diotot bisep. Yaitu otot yang terdiri dari 2 tendon. Gampangnya ketika anda mengangkat/menarik beban, maka otot yang digunakan adalah otot bisep. Sedangkan saat mendorong maka yang digunakan adalah trisep. Adalah salah besar menggunakan pergelangan tangan sebagai tumpuan. Mengapa, saya pribadi yang mengalaminya. Terkilir gara-gara menahan beban tubuh hanya menggunakan pergelangan tangan.

2.Berdiri tegak dan gerakan kaki

Menggerakan kaki  didalam kereta saat berdesakan memang sulit. Bahkan menggerakan tangan saja terkadang harus menyentuh sana-sini. Makanya sekarang disediakan gerbong khusus perempuan agar hal-hal seperti ini tidak terjadi. 

Fungsi menggerakan kaki adalah agar sirkulasi darah anda lancar. Otot kaki akan keram jika terlalu banyak diam. Nantinya ketika sudah sampai tempat tujuan, barulah anda sadar kalau otot kaki pegal semua. Kabarnya, terlalu banyak diam saat berdiri adalah penyebab utama varises. Suatu penyakit otot kaki yang tentu tidak diinginkan. Oleh karena itu, cobalah selalu memindahkan posisi kaki ketika berdiri dikereta.

Berdirilah dengan tegak, jangan "mencla-mencle". Itu adalah cara orang jawa mengatakan kalau sesuatu sedang tidak dalam posisi yang benar. Mungkin anda terlalu condong kekiri atau kekanan karena desakan orang?. Atau bahkan melengkukng. Ini pernah saya alami dan jangan sampai mengalaminya lagi!. 

Jika saya menggambarkan, pakaian yang di "tetel" adalah gambaran tepat untuk manusia yang naik kereta saat itu. Sudah tau kereta sangat penuh, tetapi penumpang lain tidak sabar dan memaksa masuk. Akhirnya, di"tetel" sampai saya yang berdiri ditengah harus "melengkung". Badan saya kedepan tapi tangan memegang pegangan, kaki sudah tak bisa bergerak. Apa daya, saya harus melengkungkan tubuh agar tetap hidup.

Kalau bisa, jangan memaksakan diri masuk ke gerbong yang memang sudah penuh ya.. Kasihan orang lain dan diri anda. 

3.Sesekali duduk jika terasa pegal

Bila anda pekerja yang setiap hari bekerja dalam kondisi berdiri, rasanya berdiri 2 jam tak jadi masalah. Namun tidak dengan orang lain yang belum terbiasa. Berdiri 1 jam saja mungkin bagi orang macam ini sama dengan 3 jam. Apa lagi jika berat badan melebihi normal. Bisa dibayangkan?.

Sebaiknya segera duduk walau hanya sebentar, mau anda perempuan atau laki-laki namun merasa sangat kelelahan tak usah malu untuk duduk dilantai. Sekedar menghilangakan rasa pegal dengan memijat kaki itu sudah lebih dari cukup. Jika memang tidak dapat duduk sama sekali, ya terima nasib. Makanya carilah alternatif lain yang lebih nyaman. Dengan begitu anda tak perlu berdesakan dan merasakan pegal-pegal.

4.Segera istirahatkan kaki setelah sampai tujuan

Cara sederhana mengistirahatkan kaki adalah dengan mengangkat kaki lebih tinggi dari paha. Bukan mengangkatnya, tetapi meletakannya ke dinding atau suatu tempat sebagai penahan. Dengan begitu peredaran darah akan lebih lancar dan kaki yang pegal akan segera terelaksasi.

5. Minumlah air hangat jika kereta ber AC

AC atau Air Conditioner adalah alat yang berguna untuk mengatur suhu ruangan. Tapi mungkin di Indonesia, AC selalu diidentikan dengan "dingin". Kalau AC panas, namanya bukan AC. Sehingga sekarang wajar saja kalau kereta benar-benar dingin. Orang yang tak memiliki banyak lemak akan mudah kedinginan karena kulitnya lebih tipis. Minum segelas air hangat sangat membantu  menghindari kedinginan. Jadi tak ada salahnya memesan teh hangat atau minuman kesukaan anda setelah berkereta ria.

Post a Comment

1 Comments

  1. Saya kadang berdiri sambil nyender di pintu gerbong atau pojokan kursi yg da tiangnya.. Pertanyaan saya lebih baik mana berdiri tegak apa berdiri nyender secara berdiri nyender jd posisi tdk tegak.. Hny perasaan sy atau bukan berdiri nyender lebih sakit lututnya dibanding berdiri tegak. Mohon komentarnya

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.