Jika kehilangan Android di Kereta

Teman saya baru saja kehilangan android di kereta jurusan Bogor. Awalnya, ia pergi ke sana untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor, namun tak disangka Andoird yang dibawanya hilang. Apa yang dilakukan dia hanyalah menaruh HP di tas. Lalu sesampainya di Kebun Raya, ia mendapati kalau androidnya hilang. Niatnya senang-senang malah dapat musibah. "Ati ati to ndook!". Hati-hati dong naak..


Para perempuan biasanya sih membawa tas "cangklong" sebelah untuk bepergian. Dengannya, menaruh dompet dan barang lain menjadi lebih mudah, begitu juga bagi pencopet. Karena akses keluar masuk barang ke tas menjadi mudah otomatis pencopet juga mudah melancarkan aksinya.

Lalu sebaiknya bagaimana jika kita kehilangan android?.
Sebagaimana kita tahu, android itu ponsel pintar. Kalau sampai gmail dan semuanya dioprek sama maling bagaimana?. Nomer rekening bank saya simpan di android dan kini dicuri. Akankah bank saya aman?. Hmm untuk itulah kita harus bijak dalam menggunakan android. Jangan sampai data penting kita disimpan disana. Karena bila sudah kejadian seperti ini akan menyusahkan diri sendiri. Saya pribadi saat ini hanya melakukan hal dibawah ini kalau kehilangan android. Memang tak membantu, tapi mungkin bisa menjadi pengalaman buat anda.


Kereta
sumber : visitlondon.com

1.Tenangkan diri anda

Anda tidak usah panik, itu hanya membuat anda semakin mudah dicopet. Ketika panik, sudah pasti kita mengabaikan sesuatu baik itu penting atau tidak. Bisa jadi ketika kita panik, barang lainnya ditas kita juga hilang. So, tenangkan diri dulu.

2.Periksa lagi apakah terselip

Panik bukan hanya menjadikan kita rentan, tetapi juga membuat pikiran jadi runyam. Bisa saja dompet anda sedang terjepit di salah satu bagian dari tas. Tapi karena panik kita menyangkanya hilang. Jadi periksa dulu apakah masih ada atau benar-benar sudah hilang. Lihat juga barang lain, apakah juga hilang?.

3.Ikhlaskan dulu, yang penting nyawa tidak hilang

Saya pikir, hilang uang dan atm atau android memang sangat menyedihkan. Bukan berarti anda harus stress kan?. Jujur saja, saya juga pernah kehilangan hingga 1 juta lebih, itu bukan uang kecil bagi saya. Mungkin bisa makan hingga 3 bulan dengan uang tersebut. Namun barangnya sudah tidak ada?. Apa harus lapor polisi, mengadukan semuanya dan berharap akan kembali?. Tidak. Itu bukan pilihan yang bagus. Kecuali jika yang hilang adalah motor, mobil, dan barang yang sangat mahal. Kalau cuma android, saya rasa tidak perlu harus stress. Toh stress tidak akan mengubah apapun. Benar?

Sebenarnya saya stress saat kehilangan uang itu. Badan sempat kurus karena tidak doyan makan. Mau melakukan apapun rasanya "wegah". Tapi saya sadar, hal itu tidak mengembalikan yang sudah hilang. Akhirnya dikhlaskan saja. Saya percaya, InsyaAllah Allah akan menggantinya dengan yang lebih banyak.
Baca juga : Cara mempengaruhi orang dengan testimoni

4.Berpikirlah bagaimana mengatasinya.

Selanjutnya jika android anda hilang dan ada file yang sangat penting, semisal dokumen rahasia perusahaan (bodoh sekali kalau disimpan di SD card). Ada foto-foto tidak baik yang kalau disebar itu jadi aib dan merusak nama baik. Sebaiknya langsung minta bantuan orang lain untuk mencegah file itu diambil.

Saat ini android punya fitur remote jarak jauh yang bisa digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Namun untuk menghapus data, itu masih belum bisa. Setidaknya, sebagai pencegahan anda harus punya aplikasi anti maling. Nanti insyaAllah akan saya share segera. Aplikasi ini akan me-lock android anda dan akan berdering sambil berteriak-teriak, "Maling! maling!".Hehe, tidak sampai seperti itu sih.. Apabila si maling masih di Kereta, anda masih bisa melacaknya. Dan rang lain yang mendengarnya pun  akan curiga dengan orang ini.

5.Jika ternyata sudah mati atau tidak aktif.

Maling sangat cerdik, lebih dari anda yang dimaling. Apapun cara kita mengamankan android, tetap saja ada celah untuk ditembus. Bahkan fitur lock yang disediakan saja masih bisa dihapus. Saya juga membaca disalah satu website kalau mereka berhasil mangambil foto-foto xxx yang disimpan di HP. Jadi mungkin ini juga salah satu kelemahan android. Tapi saya yakin, suatu saat akan ada fitur android yang langsung menghapus data tersimpan saat HP dicuri. Semoga saja.

Biasanya, maling akan langsung mematikan HP dan menyimpannya baik-baik. Ia akan segera mengambil kartu SIM jika tidak ada pulsanya dan kemudian membuangnya. Selanjutnya si HP akan dimasukan ke bengkel android untuk dihapus code dan isinya. Terakhir Hp akan dijual atau dimainkan.

Kok saya tahu?. Ini karena sering nonton berita yang mengungkap cara maling motor dan sebagainya. 

Akhirnya, teman saya ini tidak lagi punya harapan untuk menghapus data dan mengembalikannya. Kabar buruknya, sekarang ini marak terjadi penipuan dengan BBM dan telpon yang mengatas namakan anak atau saudara. Bisa saja setelah si HP berhasil dikutak-kutik oleh tukang servis ia dijadikan alat untuk menipu saudara anda. Apa lagi sekarang ini sudah ada aplikasi fake call atau apalah itu. Yang dengannya, suara kita bisa berubah menjadi "cewe" atau "nenek" bahkan bencong sekalipun. Jadi langkah selanjutnya untuk meminimalisir dampak si pencuri adalah,

6. Hubungi semua kontak anda

Hubungi kontak anda, semua saudara dan teman anda. Katakan sejujurnya bahwa anda telah kehilangan android. Peringatkan mereka agar menghapus nomor, dan kontak BBM dan semuanya yang berkaitan dengan informasi hp anda. Dengan begitu si pencuri sudah tidak ada kesempatan untuk melakukan aksinya lagi. Baca juga : Penipuan melalui SMS makin sering di 2014

Agar lebih aman, tas cewe tolong ditaruh didepan. Dekaplah kalau perlu. OK! Semoga pengalaman teman saya bisa menjadi peringatan bagi kita semua.Kejahatan bukan karena ada niat, tapi karena ada keteledoran pada diri kita. Waspadalah!

Post a Comment

4 Comments

  1. Lebih aman lagi, tas digendong di depan dan waspada tingkat nasional!! Copet sangat cerdik, mungkin pernah berguru sama MacGyver, menurut pendapat bodoh saya Mas. Jangan bengong tak bermakna, hidupkan suasana dengan mengobrol dengan diri sendiri...

    Nice share....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, itu teman saya soalnya. Padahal sudah diingatkan oleh orang lain. Tapi karena ceroboh akhirnya kena deh..

      Delete
  2. Tipsnya pasti cocok buat traveler pengguna kereta neh, terima kasih di atas perkongsian ini yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas abu.. sayang sekali ya, padahal kereta saya kira sudah sangat aman.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.