Ciri kamera Hp berkualitas prima

Kamera 5 MP jaman sekarang sudah tak asing dimata kita. Rata-rata smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan resolusi 2 MP sampai dengan 5 MP. Alasan paling sederhananya adalah, kamera sudah masuk kebutuhan pokok. Memang masih ada yang setia dengan HP jadul seharga 160 ribuan, tetapi itu pun sudah ada kamera walau hanya sebatas vga. Tapi disini terbukti bahwa hp berkamera lebih dicari ketimbang yang tanpa kamera.


Karena begitu banyak vendor yang nampaknya memperhatikan kebutuhan tersebut, saat ini terlalu banyak HP berkamera 5 MP. Dan kita sendiri menjadi bingung memilih yang mana?. Mungkin ada yang ragu, tidak jadi beli dan juga tergiur langsung tarik. Tapi yang langsung membeli rupanya banyak yang tertipu dengan kamera yang baru saja dia jajal. Kecewa yang didapat saat sampai rumah. Hmm jangan sampai anda mengalaminya. Maka dari itu saya mencoba sedikit saja memberi secuil saran agar anda tidak kecewa dengan apa yang anda pilih. Baca : Olympus kamera 14 MP dengan berbagai effect


Ciri kamera Hp berkualitas prima
pixabay : maddox74 

1.Pilih merk berkualitas

Kualitas adalah nomer satu. Dan urusan kualitas pastinya merk tertentu lebih menang. Coba kita lihat, Samsung, Sony, Nokia. Ini adalah salah tiga dari vendor lainya yang menurut pandangan pribadi, kualitasnya nomer wahid. Mengapa?. Karena sudah saya cobain semua. Meskipun yang Sony, saya menjajalnya dari HP teman. Tapi itupun pengalaman, benar?. Saya saja jadi kepicut ingin membeli Sony hehe.

Merk berkualitas akan menjamin kameranya. Terbukti ketika dibandingkan, kamera sebesar 5 MP versus 2 MP ternyata masih bagus yang resolusinya kecil. Meski lebih imut, ternyata 2 MP sudah dilengkapi mode malam yang benar-benar bersih. Sehingga melakukan foto grafi dimalam hari juga tak jadi masalah serius.

2.Harga barang

Rumusnya, harga = kualitas. Saya sangat ragu ada HP murah berkualitas. Setidaknya setelah mencoba lebih dari 4 HP, saya benar-benar tahu mana yang punya nama. Rata-rata HP seharga 400 kebawah yang dijejali segudang kemewahan seperti kamera dan sebagainya, mereka cepat rusak (karena terbanting). Ada yang layarnya pecah, touchscreen-nya tidak jalan dan berbagai masalah lain yang membuat anda keluar uang banyak.

Logikanya, tidak mungkin kamera 8 MP dijual seharga 500 ribu. Jika memang iya, maka kualitasnya diturunkan. Mungkin sebenarnya itu vga, namun dimodif jadi wah sekali. Seolah-olah itu adalah kamera resolusi tinggi. Padahal sebenarnya ketika dicoba hasilnya tidak tajam, semua blur dan sangat mengecewakan. Jadi coba dipikir-pikir dulu sebelum beli, kecuali kalau HP second ya?. HP second yang awalnya seharga 2 juta berkamera 5 MP tidak usah diragukan. Meski pas dijual harganya menjadi 1,1 atau bahkan kurang dari itu, saya meyakini kualitasnya tidak turun sedikitpun.

3. Punya teknologi tertentu

Kamera yang berkualitas punya teknologi. Anda bisa googling untuk mengetahui teknologi yang saya maksud. Jadi pada kamera nokia atau sony, ada kelebihan dibanding vendor lokal dalam hal ini. Teknologi yang dibenamkan dikamera bisa membuatnya lebih terang, mengurami buram karena banyak bergerak, dan sangat cepat dalam mengambil gambar. Kurang lebih seperti itu. Dan kabar buruknya, kamera seharga ratus ribuan belum bisa mendapat teknologi semacam ini. Jika pun ada mungkin belum sebaik yang harganya high.

4. Resolusi yang benar

Saya pernah membandingkan, kamera 2Mp dengan  5MP ternyata resolusinya lebih bagus yang 2. Disini ketika dicek menggunakan komputer, terlihat ada perbedaan ukuran gambar yang cukup signifikan. Yang satu berkisar 500 Kb dan yang lainnya 1 MB lebih. Padahal objek yang diphoto sama. Mungkin ini yang namanya "tipu-tipu". Kamera boleh kecil, tapi pedes!. Jangan besar tapi loyo, untuk foto dimalam hari saja buram semua dan banyak noise. Hmm sangat tidak layak.

Sekilas tentang resolusi.
Resolusi adalah kerapatan titik-titik pada sebuah gambar. Dalam photoshop, ketika kita men-zoom gambar, maka akan pecah menjadi kumpulan titik-titik. Semakin banyak titik, semakin besar resolusinya dan sebaliknya.

Kamera berkualitas seharusnya "benar" dalam resolusi. Jika 2 MP maka ukurannya 800 Kb, dan jika 5 MP mungkin bisa sampai 1500 Kb walau gambar yang diambil sama. Perbandingan tersebut bisa dilihat di : 11 tanya jawab seputar advan s4a

Untuk mengeceknya jalan satu-satunya adalah bertanya. Jadi jangan malu nanya sama teman anda yang punya hp berkamera. Coba bandingkan, dan bila anda percaya pada kualitasnya silahkan beli. Sekian semoga bermanfaat.

Post a Comment

9 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap mas.. komentarnya KEhapus.. ;( tadinya mau tak publish. malah keteken hapus. Hmm bener banget mas.. merk sangat menentukan kualitas.

      Delete
    2. yg paling bagus merk apa mas?

      Delete
    3. Merk yang mahal aja mas.. kalo ditanya paling saya percaya ama nokia dan sony. Pokoke jos deh tuh dua vendor.

      Delete
  2. kalau pepatah jawa rupo nggowo rego mas,maksudnya penampilan itu membawa harga.
    jadi semakin bagus kameranya maka akan semakin mahal harganya.

    kalau saya sendiri sih lebih suka kamera DSLR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. cabe busuk ya harganya murah bener ga?.
      Wah saya juga suka banget kalo DSLR mah.. tapi berat bawanya mendingan HP tinggal jeprat-jepret beres..

      Delete
    2. Kalo merk samsung Galaxy v bagus kaga tuh mas kamera depan yg VGA nya?

      Delete
    3. Bagus, cuman masih kalah bagus sama asus zenfone 4s.

      Delete
  3. Mendingan hape xiaomi walaupun murah tapi kualitas terjamin

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.