Performa UC dan Opera Mini dalam membuka Website

Performa sebuah web browser memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Saya, anda, kita semua selalu
menginginkan sebuah web browser yang benar-benar nyaman digunakan. Diantara browser terbaik yang ada di platform android saat ini, UC dan Opera mengklaim dapat membuka web secara cepat dan juga dapat menghemat data. Kedua browser yang dikhususkan untuk perangkat bergerak ini juga sedang memperebutkan total download di Google Playstore.


Performa UC dan Opera Mini dalam membuka Website



Saat tulisan ini saya buat, Opera mini di android telah merislis 6 versi. Yang versi untuk mobilenya sudah mendapat  sampai 50 juta pemasangan. Opera baru saja mengupdate fitur teranyarnya pada 15 Desember 2014 lalu. Ini mungkin juga salah satu penyebab iklan GA dapat muncul di Opera Mini.

Sedangkan UC Browser saat saya kunjungi di playstore, hanya merilis 2 versi. Yaitu untuk versi standar/biasa dan vesri "mini". Namun demikian UC browser sudah dirating oleh 2.4 juta orang lebih dengan rate 4,4. Sedang Opera sendiri dirating oleh 1 juta orang lebih dengan rate 4,3. Ini menandakan meski hanya merilis 2 versi, UC sudah mendapat fans-nya tersendiri.

Nah pada artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan sedikit review tentang bagaimana kemampuan dua browser saingan ini dalam membuka web di ponsel cerdas. Mari kita lihat,

Untuk menguji kemampuan browser saya hanya menggunakan smartphone dengan diagonal layar 4 inchi. Bahan ujinya adalah 2 situs berita. Mengapa situs berita?. Ini karena setiap hari, orang selalu menggunakan ponselnya untuk mengakses berita terbaru. Namun sebagai tambahan, saya menyertakan OLX juga.

1.Liputan 6
Pada saat membuka liputan 6 dot kom, saya merasakan kenyamanan full dengan Opera Mini. Sepertinya, template yang digunakan oleh situs berita ini sudah sangat responsive. Tidak ada iklan melayang jenis apapun. Hanya ada satu dua iklan yang terpampang, namun itu tidak menggangu. Loading sangat ringan, bahkan hanya membutuhkan 5 detik untuk tampil seutuhnya. (sinyal full tanpa gangguan).

Sedangkan pada UC Browser, saya menemukan satu buah iklan melayang di bagian bawah layar. Entah sejak kapan UC juga mulai menampilkan iklan, saya juga tidak tahu. Namun jelas dengan iklan jenis ini, pengguna akan terganggu. Loading relatif lebih lambat dari OM. (sinyal full 3G)


2.Detik dot com
Hmm saya harus jujur, UC Browser bahkan tidak mampu membuka situs berita ini. Padahal disaat yang sama saya sedang membuka situs detik dot com ini melalui Opera dan hanya butuh 6 detik untuk tampil sempurna. Ini wajar menigingat Opera mini bahkan dapat mengompres data hingga 90% lebih sehingga tampilannya ringan dan cepat. Sementara pada UC, saya langsung menutupnya karena hanya bikin kesel saja.

3.OLX
Saya tidak mengerti kenapa UC juga tidak mampu membuka OLX. Saya sudah mengecek kecepatan sinyal yaitu sekitar100 Kbps. Seharusnya dengan kecepatan seperti itu sudah mampu membuka situs untuk mengiklankan barang yang ingin dijual tersebut. Akhirnya saya tidak jadi membuka pada malam hari. Saya teruskan dipagi hari sekitar jam 9. Dan saat membuka, diperlukan waktu hingga 10 detik. Sedangkan Opera mini sudah mampu membuka OLX sejak dimalam hari meski kecepatan turun sampai 43 Kbps.

Saat saya membuka OLX di Opera, dia menampilkan situs tersebut dengan sangat baik. Begitu juga dengan UC browser, secara keseluruhan sudah baik. Namun dari segi kualitas gambar, Opera masih lebih unggul .

Begitulah kira-kira hasil pengujian performa Browser yang mempunyai teknologi kompresi data ini. Disini terbukti bahwa Opera masih lebih unggul baik dari segi tingkat kompresi maupun tampilan. Namun demikian Opera tidak boleh sombong ya hehe.. karena UC punya senjata rahasia yang menjadikan dia punya 2 juta fans yang sudah memberi rating. Apa kelebihannya?. Silahkan lihat di : Kelebihan UC Browser dibanding Opera Mini

Post a Comment

2 Comments

  1. Boleh minta template blog kamu bos??
    Saya suka template blog ini ringan banget jika dibuka lewat operamini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli aja boss, murah kok di mas sugeng, sekarang jadi sugeng id.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.