Jangan malu belajar bahasa Inggris dengan nonton cartoon

Jangan malu belajar bahasa Inggris dengan nonton cartoon


Adakalanya ketika kita belajar, kita terhambat dengan rasa malu. Hmm misalnya saja ketika saya dulu berinternet di warnet (saat belum punya laptop), saya sering menghabiskan waktu browsing disana. Dan itu adalah waktu yang menyebalkan saat ada anak-anak baru gede (abg). Mereka sering melirik dan cengingisan setelah saya membuka game untuk anak. Meskipun itu dalam bahasa Inggris.? Ya, mereka masih belum mengerti bahwa itu adalah salah satu media pembelajaran. Saat masih remaja kebanyakan mereka hanya menggunakan internet sebatas untuk main facebook dan kawan-kawan sosmed lainnya. Pada saat itu tentu saja saya langsung close game yang saya mainkan itu. Hmm sekarang?. Tenang ada laptop yang selalu menemani.


Nah, ternyata apa yang saya lakukan waktu itu juga dibicarakan oleh si cantik yang jago berbahasa Inggris. Anda tahu siapa dia?. Silahkan lihat artikelnya.^^

Ini adalah kutipan langsung dari youtube saat Ms. Niharika menjelaskan beberapa tip menambah kosa kata perhari. Dan salah satunya adalah dengan menonton cartoon, atau manga, atau apapun yang masih sejenis untuk anak-anak. Apa alasan Ms. Niharika menyarankan hal tersebut?. Itu karena jelas sekali bahwa kata-kata anak jauh lebih sederhana dan  lebih mudah untuk dimengerti.

Nah berikut ini tontonan TV anak-anak dalam bahasa Inggris yang bisa kita jadikan alternatif.

1.Spongebob Square Pants

"are you ready?!"
"i am capteen"
"i, can't hear you!"
"i am capteen!"
"uuuuuuuuu"

Sayang sekali pemerintah sudah melarang spongebob tampil di tv. Tapi ternyata spongebob masih ada, hanya saja beberapa bagian dipotong, terutama dibagian yang dianggap mengandung unsur kekerasan.

Saya setuju keputusan pemerintah soal spongebob. Namun lebih setuju lagi kalau spongebob ditayangkan dalam bahasa Inggris meski hanya satu minggu sekali. Atau tidak, coba tayangkan tv anak-anak yang benar-benar mendidik yang bahasa Indonesia. Dengan begitu Indonesia bisa maju di bidang pendidikan anak.

Masalahnya, kita bukan anak-anak lagi kan?. Kita sudah bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, so dengan menonton versi Inggrisnya saya pikir tidak masalah. Apalagi jika dengan menonton itu kita bisa dapat nilai sempurna dari bapak ibu guru, benar?

2.Dora The Explorer

"We did it" 3x
"Horray!"

Hmm Dora, kapan saya terakhir nonton dora ya?. Ups..^^. Dora memang terkenal sekali saat itu. Kalau tidak salah ini adalah saingan spongebob squarepants. Dora adalah seorang petualang kecil yang dapat mengajak anak berkomunikasi, salah satu contohnya adalah : "where are the stars?, Do you see the stars?". Semuanya sederhana dan dapat dimengerti. Namun ini adalah tontonan yang akan membuat kita malu. Bayangkan saja orang sudah berumur 20 tahun masih harus nonton dora?. Hmm saya pikir dua kali untuk yang ini. Kalau anda memang suka sekali ya silahkan ditonton yang versi Inggrisnya.

3.Pocoyo

Saya tidak tahu nyanyiannya seperti apa, tetapi sesekali saya pernah nonton juga. Saya tidak menangkap cartoon 3d-nya?. Saya hanya mempelajari bahasanya saja. Apakah ada kata baru yang saya tidak tahu?. Jika ada maka satu lagi perbendaharaan kata saya bertambah.

Begitulah kira-kira, apapun cartoonya, ketika kita mempelajarinya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, seharusnya kita tidak usah malu-malu untuk menontonnya bahkan didepan teman sebaya sekalipun. Saat ini saya lebih  sedang nge-fans sama Ms.Niharika, jadi saya lebih fokus pada video beliau.


Post a Comment

2 Comments

  1. sptnya adminnya jago bahasa ingris nih ,,,,hehe
    soalnya hmpir setiap tulisannya ttg pembelajaran bahsa bule ,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm enggak sih mas.. saya cuma baru belajar lagi. :-) kasihan otak tumpul terus mikir kerja, kerja, dan kerja. Nanti gimana masa depan?. Paling tidak ada poin plus yang bisa saya buat saat ini dibanding orang lain. Benar?

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.