Cara tes Imajinasi mudah dipraktikan

Melatih imajinasi itu sangat mudah, terutama jika anda masih anak-anak. Tentu anda sekarang tidak lagi kan?. Nah, saat ini saya mau mencoba membuat tes sederhana untuk mengetahui apakah imajinasi masih bekerja pada orang dewasa atau tidak?. Saya membagi tes ini menjadi 2, yaitu tes membayangkan dan yang kedua adalah menggambarkan.



1.Membayangkan benda

Ok, sekarang coba bayangkan anda sedang berada di sebuah planet yang dikelilingi cincin. Diplanet tersebut ada sebuah rumah tua yang sudah tidak terpakai. Terbuat dari kayu, beberapa bagian sudah dimakan rayap elien. Rayap tersebut kecil-kecil, kakinya empat dan punya gigi yang sangat tajam. Jika rayap tersebut menggigit anda, ia akan mati. Sekarang rumah itu anda masuki. Buka pintunya, dan ternyata didalam rumah tersebut sangat bersih. Semuanya rapih dan terlihat seperti surga. Ada kebun buah, ada kolam renang, tempat tidur dan anda sudah disambut oleh  seseorang yang menghuni planet cincin ini. Dia memakai behel dari kawat, dan giginya tonggos. Kalau anda perempuan anda disambut oleh pangeran kegelapan. Dia ganteng luar biasa, giginya rapih tapi bertaring. Mirip sekali dengan Edward di "Breaking down"..


Planet ikan


Sudah?..

2.Gambarkan benda diatas.

Silahkan gambarkan semua benda yang telah saya sebutkan tanpa melihat teks diatas. Jika sudah selesai, cocokan kembali. Bagaimana jawaban anda?. Benar atau tidak?. 

Hasil tes mungkin bervariasi.

Ketika saya menulis tes ini, sudah pasti otak akan merekam gambar-gambar dari "berimajinasi" tersebut. Saya sendiri nanti akan kembali lagi untuk mengecek jawaban saya. Tapi saat saya sudah sampai dikalimat yang anda baca ini, ada beberapa gambar yang sangat jelas dan rasanya saya tak mungkin lupa. Yaitu gigi rayap elien yang tajam, dan muka si rayap yang merah dan bulat. Anda mungkin akan mengingat hal berbeda dari yang saya ingat. 

Atau coba tes ini. Gambar kotak lalu jadikan kotak itu sebuah bangunan.

Cobalah melakukan ini pada anak anda. Semakin sering berimajinasi maka kreativitasnya akan semakin baik. Selamat mencoba.

Post a Comment

0 Comments