Aplikasi Listening English dan iBt Preparation

Listening TOEFL conversation


Dengar-dengar, untuk masuk perguruan tinggi sekelas UI kita harus mengikuti tes TOEFL dulu ya?. Hmm berarti cukup sulit untuk masuk UI. Didalam TOEFL kita diharuskan untuk menjalani bebagai tes, tes reading comprehension, fill the blank sentences, dan yang paling menyebalkan listening. Mengapa?. Ini karena listening bukan berbicara mata, atau mulut yang bisa kita gerakan. Ini berbicara tentang seberapa bagus telinga anda mendengar percakapan bahasa Inggris yang dilakukan 2 orang didalam sebuah radio dan anda dituntut menjawab soal-soal yang ada dari mendengar 2 orang tersebut. Tes listening akan terasa sulit kalau orang bule sudah berbicara dengan sangat cepat. Mereka biasanya selalu menggunakan contraction, yaitu singkatan seperti "Don't, We're, You're dan seterusnya".


Untuk dapat memahami kata perkata seorang native speaker, kita sebaiknya mengambil sebuah kursus secara langsung agar sedikit banyak ada kata-kata yang nantinya kita bisa pahami. Ingat, ketika kita melakukan kesalahan dalam speaking dan tidak segera diperbaiki, maka itu bisa jadi permanen. Kemarin saya juga baru belajar lagi tentang pelafalan. Satu kata "headache", saya salah mengucapkannya. Seharusnya itu diucapkan "hedekh" tetapi saya mengucapkannya "hedech". Jika itu tidak diperbaiki, otomatis selamanya saya akan mengucapkan "hedech". Disinilah letak kesulitan listening. Saya juga pernah mencoba untuk bertatap langsung dengan bule saat mengunjungi Kebun Raya Bogor, tebak apa yang terjadi?. Saya tidak menangkap kata-kata yang diucapkan bule tersebut, ia selalu mengatakan apapun dengan cepat. Disini kita juga dituntut meningkatkan "speed" dalam membaca.

Ok, ini dia salaah satu aplikasi yang akan membantu untuk menghadapi TOEFL dan listeningnya.
Nama aplikasinya adalah TOEFL Listening dan TOEFL iBT preparation.

TOEFL apk

TOEFL Listening isinya hanya berupa listening saja, pilihannya sangat banyak disertai dengan tesnya juga. Sedangkan untuk iBT preparation, disana hanya ada test saja, itu adalah untuk mengukur sebanyak apa kata yang sudah anda hafal. Dan itu dibuat seperti game, sehingga anda tidak akan bosan memainkannya. Mungkin anda sedang naik kereta, atau sedang menunggu bus, atau anda sedang tidak melakukan apa-apa?. Disaat-saat tersebut, kita bisa memainkan game tersebut yang pastinya bermanfaat. Ini adalah kata-kata dari seorang english teacher yang cantik dan pintar berbahasa inggris. Silahkan baca lebih lanjut disini : Si Cantik yang fasih berbahasa Inggris

Ini adalah tampilan dari aplikasi tersebut.

Yang ini adalah untuk yang conversation, listening. Kita seperti berada diruang ujian. Pokoknya ini sama persis dengan suasana ujian. Sehingga ini sangat membantu.


Toefl conversation display


Kalau yang ini adalah yang iBT preparation. Sengaja dibuat seperti game, ya kita tebak-tebakan sih jadinya. Namun kita tidak perlu pusing-pusing kalau kita salah. Karena ini bukan ujian kan?.


Tampilan iBT for android



Semoga dengan tetap berlatih, kita akan meningkatakan kemampuan kita dalam berbahasa. 

Post a Comment

1 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.