Sketsa gambar simple

Hari ini saya hanya bisa membuat satu buah gambar sederhana dari wajah saya. Sebenarnya ini akan saya publish lewat blog saya yang satu lagi namun karena ini bukan tutorial yang bagus maka saya tempelkan disini saja. Saya mempublikasikan sketsa ini pada malam hari karena seharian penuh tidak kebagian sinyal. But it's ok, now i have to post something.

Perbedaan sketsa gambar menggunakan Adobe Photoshop dan Freehand/AI.

Perbedaan mendasar pada sketsa wajah dengan menggunakan filter pada Adobe Photoshop dengan software vektor adalah hasil. Hasil sektsa menggunakan adobe photoshop cenderung berantakan. Setiap pixle yang dibentuk menjadi sketsa akan menghasilkan 2 sampai 3 warna berbeda. Hasilnya pun akan lebih sulit diolah, karena bukan merupakan path single. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.



Jelas terlihat kalau kulit wajah saya semuanya hancur. Jadi saya anggap teknik autotrace ini gagal. Oleh sebab itu lebi baik pakai cara simple yang lain yaitu mentracing secara manual. Bagi anda yang tidak mengetahui tracing, tracing adalah sebuah teknik untuk menjiplak gambar menggunakan bantuan software atau dengan kaca yang dibawahnya ada lampunya. Namanya apa ya? kurang tahu pokoknya tracing itu sama dengan menjiplak, atau bahasa jawanya "ngetok".

Ok Mari kita mulai.

1.Tracing mata


Sketsa mata

Bagian mata pertama silahkan tracing alisnya, bisa menggunakan pen tools. Dibuat blok saja agar memberikan kesan datar.
Bagian keduanya adalah lekukan mata. Cukup garis tipis 1 pt saja.
Bagian selanjutnya mata, detailnya cukup diberi sinar mata dan pupil kecil.



2.Hidung


sketsa hidung

Simple saja, tracing pada lubang hidung dan lekukan pada kiri dan kanannya saja.

3.Rambut dan bentuk wajah.

Silahkan ditracing mengikuti bentuk rambut dan waja anda. Saran saya sih jangan terlalu detail, kalau detail sekali masuknya keportait. Sehingga tidak apa mengurangi detail asalkan bagian penting diatas ada.

4.Beri bayangan

Shadow sangat penting untuk memberi kesan lekuk atau menonjol. Berhubung saya tidak mendetail maka hanya bagian sisi kanan saja yang saya beri shadow. Telinga dan mulut tidak saya trace dikarenakan untuk mulut tidak ada kata simple. Menurut saya sih yang paling sulit adalah bagian ini. Sehingga saya pakai auto trace dan mengambil bagian bibir untuk ditempel di hasil sketsa.

Hasilnya 


Hasil sketsa simple

Sangat simple namun dengan melihatnya bisa diketahui siapa orang ini. Ya iya lah.. ini kan saya sendiri.
Hmm selamat mencoba..

Post a Comment

6 Comments

  1. wiihh keren gan sketsa gambarnya jadi kpengen parktekan nih

    ReplyDelete
  2. mau banget belajar, hasilnya keren mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengenya sih bikin tutorial lengkap mas.. cuma bikin tutorial itu ribet hehe. Mending dibuat video kali ya.. nanti masukin youtube.

      Delete
  3. Wow gampang juga ya buat sketsa wajah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. tapi yang gmapang bisa jadi susah kalau tidak tahu caranya hehe.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.