Seberapa awet baterai laptop anda?


Seberapa awet baterai laptop anda?


Baterai laptop adalah sumber tenaga bagi laptop. Tidak ada baterai laptop tetap bisa menyala, namun apakah bisa mobile? sayangnya belum bisa. Baterai laptop ibarat sebuah power bank yang selalu terpasang kemanapun laptop pergi, yang tanpanya laptop sama saja dengan komputer biasa.

Anehnya meski saya sebut Baterai laptop adalah sumber tenaga bagi laptop, saat ini beberapa orang tidak bisa menggunakan laptopnya karena baterainya sudah tua dan sebentar lagi akan rest in piece. Itu alasan saya membuat artikel sederhana ini. Berikut ini saya berikan sedikit himbauan kepada pengguna laptop yang memaksa baterainya untuk bekerja keras siang dan malam.

1.Kasihanilah baterai laptop

Baterai laptop memiliki kapasitas tertentu sampai dia bisa kenyang memakan listrik. Dia juga bisa lapar bahkan kelaparan. Maksudnya adalah bila kapasitas baterai laptop adalah 10.000 mAh misalnya, maka sebaiknya jangan dicas terus menerus. Ingat anda pun makan ada batasnya begitu pula dengan baterai. Bila sudah penuh cabut saja chargernya dan bila baterai mulai lapar segera beri makan. Janggan sampai ia mati kelaparan. hehe


2.Beri makan yang teratur

Manusia saja bila makan tidak teratur maka bisa kena penyakit maag. Saya kira baterai laptop juga bisa kena penyakit bila tidak diberi makan dengan teratur. Anggaplah ia dicharge hingga penuh, kemudian digunakan hingga tak tersisa energinya. Dan baru setelah satu minggu dicharge lagi. Ini adalah tindakan keliru yang dapat mengurangi umur baterai laptop.

3.Konsultasikan kesehatan baterai

Jangan hanya tubuh anda yang dikonsultasikan keahlinya, sebaiknya bila kita mengalami gangguan saat menggunakan baterai laptop misalnya laptop selalu over heat alias panasnya berlebih. Maka tindakan yang tepat adalah mencari tahu mengapa bisa over heat dan bila tidak tahu maka tanyakan pada ahlinya. Jangan kutak-katik sendiri dan sok bisa, nanti yang ada malah rusak. yaa kecuali kalau anda memang bisa..

4.Lembaru

Ingat meski kita merawat baterai laptop sedemikian rupa, tetap saja dia punya usia. Maka bila sudah mengalami drop tiba-tiba (baterai penuh tapi tiba-tiba mati), maka saya sarankan menggatinya dengan yang baru. Tentu saja harganya juga tidak murah, oleh sebab itu sebaiknya asuransikan juga baterai laptop anda direkening pribadi anda. Hal ini agar saat sudah tidak bekerja maksimal, baterai laptop bisa segera diganti.


Post a Comment

0 Comments