Monday, 27 October 2014

Meningkatkan seo ala checkme


Meningkatkan seo ala checkme


Artikel ini saya tulis karena dulu blog sederhana ini pernah didaftarkan ke situs chkme.com oleh suhu Devi. Berapa skor seo saya menurut chkme? Saat itu kalau tidak salah saya hanya mencapai 47% saja. Dengan sedikit perbaikan maka sekarang skor seo blog ini saya rombak menjadi "cepek".

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa pentingkah nilai seo chkme?

Seo ala chkme, bagi saya chkme adalah tolak ukur seberapa sering kita rapih-rapih diblog, terutama merapihkan template dengan edit html. Seberapa sering juga kita memberi title pada link dan gambar. Seberapa sering kita memperhatikan penggunaan H1,H2 dan H3. Apakah kita memperhatikan tampilan gambar diblog, hanya itu saja.

Setelah saya cek, ternyata website besar dengan trafik yang super besar tidak memperhatikan nilai seo-nya. Situs berita saja misalnya nilai seo-nya bahkan cuma 50% . Mungkin website besar dipastikan memiliki tampilan yang baik sehingga meski nilai seonya rendah tapi tetap nomer wahid.


Dugaan saya adalah  nilai seo dichkme hanya mengingatkan  kalau kita kurang rapih-rapih. Selebihnya yang mempengaruhi posisi kita di hasil pencarian google adalah kualitas artikel dan jumlah artikel itu sendiri.

Untuk blogger pemula seperti saya, seharusnya kita sering-sering merapihkan template. Jangan sampai nanti saat kedatangan tamu, tamu lari gara-gara banyak logo tang dimana-mana, warna blog  gelap, sulit dibaca dan template "ancur versi iklan melayang ". Pokoknya seo ala chekme akan berguna untuk menilai kerapihan blog kita. Ok silahkan ikuti tips sederhana ini.

1.Penempatan H1,H2,H3

H1 seharusnya cuma ada satu, coba carilah artikel anda yang menggunakan H1(heading) dan rubah menjadi H2 (subheading) atau H3 (minor heading). H1 adalah title blog anda misalnya blog ini judulnya Learning Everything. Untuk memberi title pada blog silahkan pergi ke dashboard>Tata Letak>Header>isikan header blog>isikan title blog>Simpan.

2.Website description/Keywords

Ini adalah deskripsi dari blog anda dan kata kunci yang anda incar. Cara pasangnya adalah sebagai berikut :

Cari kode ini  <b:skin><![CDATA[/*

Pastekan kode berikut ini diatasnya.


<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='Tentang teknologi informasi yang islami' name='description'/>
<meta content='Sholawat,Komputer,pulsa,android,kesehatan,blog,teknologi' name='keywords'/>
</b:if>

Gantilah Tentang teknologi informasi yang islami dengan deskripsi blog anda, lalu gantilah sholawat-teknologi dengan kata kunci blog anda.

3.Frame / Bingkai

Gambar yang diberi frame akan terlihat jelek dimata manusia, sehingga menurut chkme pemberian frame akan mengurangi nilai seo. Cara mencopotnya adalah sebagai berikut :

Silahkan ke Dashboard>Template>sesuaikan>Advance/tingkat lanjut>Tambahkan css> Pastekan kode berikut ini :

.post-body img, .post-body .tr-caption-container, .Profile img,
.Image img, .BlogList .item-thumbnail img {
border: 0px;
-moz-box-shadow: 0px 0px 0px rgba(0, 0, 0, .0);
-webkit-box-shadow: 0px 0px 0px rgba(0, 0, 0, .0);
box-shadow: 0px 0px 0px rgba(0, 0, 0, .0);
border-radius: 0px 0px 0px 0px;
background: none;}




Jujur saya belum minta ijin sama beliau untuk mengkopi kode diatas, namun ketika dipaste langsung ada link sumbernya. Jadi saya rasa tidak apa-apa hehe.

4.Title pada gambar dan link

Ini cukup merepotkan, karena bila anda memasang link terlalu banyak tanpa diberi title anda harus memberinya dari awal secara manual. Begitu juga dengan gambar, gambar yang tidak diberi title akan diperhitungkan oleh chkme. Alasanya adalah karena robot tidak dapat membaca gambar, sehingga harus diberi title agar robot bisa mengartikan itu gambar apa.

Untuk cara memasang title pada gambar saya pernah buat artikelnya di Cara memasang gambar pada artikel

kemudian perhatikan cara memasang link yang benar berikut ini.
Ini adalah salah satu contoh link
 <a href="http://everythinglearning.blogspot.com/#uds-search-results" target="_blank">LINK</a>

Untuk memberi title pada link tersebut kita bisa memberinya secara manual dengan HTML (bukan compose), dengan cara menambahkan title="keterangan link"
Jadi untuk link diatas cara memberi titlenya kurang lebih seperti ini :
<a href="http://everythinglearning.blogspot.com/#uds-search-results" target="_blank" title="keterangan link">LINK</a>

Keterangan : 

http://everythinglearning.blogspot.com/#uds-search-result adalah link yang dituju
LINK adalah kata yang akan ditampilkan.
keterangan link  adalah kata yang muncul bila link ditunjuk krusor.

praktik adalah cara terbaik untuk memahaminya, coba pasang link saya diatas dengan mode HTML pada saat membuat artikel, lalu sesudah itu pindah ke mode COMPOSE. 

5.Hapus logo tang

Gambar tang akan selalu muncul setiap kita menambahkan gadget baru secara manual ditata letak. Maka setiap itu pula kita harus menghapusnya secara manual dengan cara 
Dashboard>edit>HTML> cari kata "quick" atau kata "quickedit" dengan  CTRL+F dan hapus kode tersebut.


Artikel Terkait