Membuat sendiri gambar untuk blog


Membuat sendiri gambar untuk blog


Pada dasarnya untuk membuat gambar kita bisa menggunakan banyak cara, bisa dengan kamera, dengan menggambar tangan lalu discan, dengan memakai software gambar dan mungkin masih ada lagi cara lainnya. Dari kesemua cara tersebut, mana yang anda suka?. Saya pribadi lebih senang menggambar dengan photoshop atau Adobe ilustrator. Namun untuk kebutuhan foto, saya memakai kamera dan mengeditnya dengan photosop juga. Mengapa harus diedit lagi? alasannya adalah terkadang hasil kamera bisa tidak sesuai selera bisa kemerahan, kebiruan atau kehijauan, tergantung dari kualitas kamera itu sendiri.

1.Membuat gambar dengan kamera

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, untuk membuat gambar dengan kamera yang diperlukan disini adalah kamera yang kualitasnya bagus. Sebab itu, kita juga harus jeli memilih kamera yang memang benar-benar bagus baik setelah melihat hasil cetaknya atapun setelah dipasang diweb. Beberapa kamera hanya menipu mata, mungkin saat dilihat dikamera hasilnya cerah namun saat dibuka di komputer hasilnya mengecewakan.

Setelah kita menentukan kamera yang berkualitas maka kita harus tetap mengompresnya, sebab gambar dengan kualitas tinggi akan memperberat kinerja blog. Bayangkan saja kamera dengan resolusi 20 Mp dipakai untuk mengambil gambar HD lalu dipasang diblog tanpa diedit lebih dulu, sudah barang tentu blog kita menjadi lambat. Maka dari itu kita perlu untuk mengetahui cara sederhana mengompres gambar.


2.Gambar tangan

Bagi anda yang senang menggambar, anda bisa juga membuat gambar sendiri. Kelebihan menggambar tangan adalah mengasah imajinasi dan ketrampilan tangan anda. Semakin banyak artikel yang anda terbitkan otomatis anda akan berfikir bagaimana menciptakan gambar yang banyak. Semakin anda banyak berfikir  maka kemampuan anda juga akan berkembang. 

Kekurangannya adalah tidak semua orang memiliki skill menggambar. Dalam satu seminar yang saya ikuti dikatakan oleh pembicara, "kita harus fokus dengan yang kita bisa". Misalnya saya bisanya nulis artikel dalam jumlah banyak. Artinya saya tidak perlu berkutat dengan menggambar, itu hanya menghabiskan waktu. Saya hanya perlu membuat artikel sebanyak yang saya bisa buat, lalu post. Sedangkan untuk gambarnya  bisa mengandalkan kamera.

3.Memakai software gambar

Untuk membuat gambar dengan software, yang diperlukan adalah kemauan mempelajari software tersebut. Karena pada intinya, tidak semua orang mau belajar. Banyak juga yang sudah belajar lalu ditengah jalan berhenti karena kebosanan. Atau juga setelah mengetahui ternyata  memakai software itu tidak mudah, lalu ada mental blocking yang menghambat cara berfikir untuk maju. Kesabaran memang dibutuhkan disini. 

Untuk anda yang punya kemauan dan kesabaran, anda bisa mempelajari photoshop di tutplus.com yang menyediakan tutorial super lengkap. Dari mulai menggambar tangan biasa sampai dengan design profesional semua ada disana. Saya juga sering mampir ke tutplus untuk belajar mendesign. Bahkan beberapa orang bisa menjadi profesional dengan mengikuti progam berbayarnya. Andai saya punya banyak money, pasti saya sudah ikuti program tersebut.

Hanya sekedar bisikan, ternyata ada juga orang yang bisa meraup ribuan dolar hanya dengan menggambar di Adobe ilustrator. Jadi jalan untuk sukses bisa ditempuh dengan kerja keras, soal jalannya silahkan tentukan sendiri bisa ngeblog atau menggambar.

Post a Comment

0 Comments