Mengatur template agar smartphone friendly

Beberapa hari yang lalu saya mencoba mengunjungi blog saya sendiri melalui smartphone, dan hasilnya artikel saya berantakan. Meski dibuka dengan Opera Mini atau UC Browser, tampilan blog saya tetap jelek dan berantakan. Saya bingung bagaimana cara mengatasinya. Namun sebelumnya saya coba cross cek dengan blog guru saya yang ternyata ada yang kurang friendly dengan smartphone, terutama saat dibuka dengan Opera Mini.

Setelah itu baru saya ketahui bahwa Biang keroknya  adalah pada settingan template selular.

Mengatur template agar smartphone friendly

Ketika kita memilih template yang responsive maka hasilnya blog akan tampil baik disemua gadget. Namun bila kita memilih untuk mengatur template seluler melalui fitur bawaan blog, maka hasilnya gambar yang ada diblog akan pecah atau bila bisa dikunjungi melalui smartphone maka teks akan berubah-ubah. Hal ini terjadi terutama bila kita memilih template blog untuk seluler yang dinamis atau jendela gambar.


Setelah itu maka saya sendiri memutuskan untuk menonaktifkan template seluler bawaan blog. Kemudian saat itu juga saya kunjungi blog saya via Opera Mini dan tebuka dengan lancar tanpa hambatan. Saya sendiri baru tahu kalau template sederhana yang saya pakai ternyata bisa tampil di smartphone.

Apakah anda sudah mengunjungi blog anda melalui smartphone?

Jika belum, cobalah sekali-kali dicek. Anda akan menemukan kekurangan blog anda jika berkunjung melalui smartphone. Saya sendiri melihat bahwa ukuran gambar diblog saya yang terlalu besar ternyata juga tidak bagus bila tampil dismartphone. Ukuran gambar dengan width 400 saya rasa cukup untuk versi smartphone. 

Sebagai tambahan, tenyata dari 100 persen orang yang berselancar didunia maya lebih dari 60%nya adalah pengguna smartphone juga. Sehingga seorang blogger seharusnya memperhitungkan hal ini agar membuat pengunjung nyaman membaca artikel kita.

I write this article for my blog only, but if you think this is good for your blog too  there is no reason for not changing your blog template especially for selular. Thanks for reading this newbie article and happy blogging.

Post a Comment

0 Comments