Kesal dengan blog ancur

Sebelum mengenal dunia blogging saya hanya seorang anak rumahan yang doyan searching google. Setiap hari saya selalu mencari informasi, namun beberapa orang mendesain blognya dengan tidak memperhatikan pengguna. Dalam pikiran meraka "ini kan blog saya, jadi mau desain seperti apapun ini tetap blog saya". Berkat pemikiran seperti itu, setiap orang yang mampir keblog langsung mental dengan membawa rasa kesal. "ini blog apaan sih?, Banyak iklan ga jelas, loading lemot...". Begitulah kira-kira.


Pada waktu itu saya sendiri sering sekali menemukan blog "ancur" dari segi desain yang acak-acakan dan iklan pop up yang benar-benar menganggu. Maka dari itu saya yang sudah memiliki kegemaran baru ini mencoba memberi saran agar pengunjung bisa betah diblog. Atau paling tidak mau melihat-lihat sebentar keblog kesayangan kita.

1.Iklan Melayang.

Hanya karena menginginkan iklan atau facebook diklik pengunjung, lalu kita sekonyong-konyong membuat iklan melayang dimana-mana dan setiap orang yang datang langsung disuguhi iklan. Taukah anda itu sangat menyebalkan!. Beberapa orang sangat memperhatikan waktu, bagi mereka mengujungi blog dengan iklan melayang berarti membuang waktu. "Sialan nih iklan mulu..!" >,<

Apa yang saya temukan waktu itu adalah blog ancur versi iklan melayang, yang setelah iklannya diclose ternyata disuguhi lagi. Akhirnya batal niat saya mencari informasi diblog tersebut. Nah agar tidak kejadian seperti itu, saran saya silahkan tempatkan iklan di bilah kanan atau kiri dari blog sehingga orang akan nyaman dengannya dan jangan ingin enak sendiri, pentingkan orang lain yang ingin melihat informasi diblog anda.



Kesal dengan blog ancur

2.Link berantakan

Link yang berantakan akan menyebabkan orang salah klik dan akhirnya menuju halaman yang tidak diinginkan. Saya juga sering menemukan blog ancur versi link berantakan, dimana hampir disetiap kalimat ada linknya. Yang satu ini benar-benar menggangu pemandangan kan?. Namun yang membuat saya heran adalah wikipedia yang juga menaruh link hampir disetiap kata namun tidak membuat orang lari karenanya. Mungkin rahasianya adalah kualitas konten yang dimiliki wikipedia.

Saran dari orang baru ini adalah apabila menaruh link cobalah contoh portal berita yang menaruh link hanya pada akhir paragraph. Link yang dipasang pun adalah link yang berhubungan sehingga setelah membaca, orang akan tertarik melihat link dan mengkliknya. 

3.Teks tidak beraturan

Setiap orang menyukai kerapihan, hanya saja tidak semuanya mau rapih-rapih termasuk diblog. Banyak blogger yang tidak memperhatikan kerapihan tampilan teks mereka. Ada yang besar, kecil dan tidak dijustify sehingga kelihatan sekali kalau itu adalah blog baru.

Dulu saya memang belum mengerti desain. Saat itu saya membuat tugas sekolah yang teksnya sedikit. Saya buat  saja teksnya sebesar biji jagung, tebak apa yang terjadi? ya jelas saja langsung dapat komentar dari guru saya. Saran saya, buatlah teks yang berukuran standart dan mudah dibaca, pilih warna hitam dan usahakan backgound blog putih. Background hitam menyulitkan orang minus dan "punya kekurangan" dalam membaca teks.

4.Artikel tidak lengkap atau copas

Saya sering sekali menemukan blog malas dan tukang copas. Saya sudah membaca artikel itu 2 kali, lalu ketika berkunjung ternyata isinya sama saja dengan 2 blog  diatas. Tentu saja langsung saya close tanpa pikir panjang.

Sebuah artikel harusnya dibuat selengkapnya dengan tangan sendiri, hal ini karena bahasa setiap orang berbeda. Cara menulis pun berbeda-beda, sehingga meskipun kita hanya menulis ulang artikel orang lain paling tidak akan ada sesuatu yang berbeda. Perbedaan inilah yang akan membuat sebuah informasi benar-benar lengkap. Itu alasan saya mengapa saya benar-benar anti copas.

5.Tidak berhubungan

Maksud dari tidak berhubungan disini adalah misalnya saya bertanya ke mbah Google seperti ini : "Cara mensetting kartu dual sim pada android agar bisa 3G". Lalu setelah klik search, ribuan artikel muncul dan kemudian 10 artikel pertama pun saya jelajahi, namun apa yang terjadi adalah tidak ada satupun yang berhubungan dengan  apa yang maksud diatas.

Sekarang setelah belajar blogging, saya menemukan bahwa algoritma google akan mempengaruhi posisi artikel disearch engine google. Meskipun arikel itu tidak behubungan namun bila dianggap memiliki manfaat bagi pembaca, maka google akan menempatkannya diurutan teratas. Dari situ maka akan ada baiknya jika kita membuat artikel dengan judul yang pas, sebab apabila tidak maka pengunjung anda akan kabur bahkan sebelum 5 detik.


Post a Comment

0 Comments