Alexa saya turun dari hari ke hari

Alexa saya turun dari hari ke hari

Artikel ini adalah sebagai pembuktian sekaligus percobaan, bahwa dengan membuat artikel tentang alexa bisa menurunkan posisi alexa rank suatu blog.

Pada beberapa bulan lalu rank alexa saya masih 9 juta. Lalau sampai saat ini turun hingga 3 juta, Entah apakah akan turun terus atau tidak, bagi saya itu tidak masalah. Selama ini saya tidak begitu memperhatikan alexa rank. Saya hanya memperhatikan apakah artikel saya laku atau tidak dipasar internet.

Namun setelah melakukan pembuktian sendiri, akhirnya saya sadar kalau alexa memang penting untuk blog kita. Yaitu semakin turun alexa, semakin banyak trafik suatu blog. Blog ini sendiri awalnya kosong mlompong tak ada penghuni, hingga sekarang sudah ada beberapa yang masuk keblog meskipun tersesat. Saya katakan tersesat karena hasil search google tidak memberikan jawaban yang tepat terhadap kata kunci yang dimaksud. Sehingga pengunjung masuk tanpa menemukan jawaban atas apa yang ia cari.

Apa yang saya lakukan hanyalah mengikuti suhu Devi,  berikut rinciannya.

1.Memasang Widget alexa

Proses pemasangan widget alexa agaknya kurang mudah, sebab saya sendiri harus muter-muter mencari artikel yang benar-benar lengkap untuk menjelaskan sedetil-detilnya tentang cara memasang widget alexa. Baru setelah jam dua pagi widget alexa bisa terpasang diblog ini. 

Apa hikmahnya? Selama satu bulan ini alexa rank saya berangsur-angsur turun. Perlahan tapi pasti, sedikit demi sedikit ada  pengurangan jumlah. Yah saya berdoa saja supaya nanti Januari 2015 bisa tembus 500.000 hehe.



2.Memasang alexa toolbar

Untuk memasang alexa toolbar sepertinya cukup mudah. Kurang lebih hanya memerlukan waktu 5 menit saja. Lalu apa fungsi dari alexa toolbar, apakah ia juga bisa membuat alexa rank turun?. Saya tidak tahu pasti. Saya hanya mengikuti suhu Devi saja, semoga memang berhasil.

Fungsinya alexa toolbar kurang lebih sama seperti toolbar di firefox. Ada beberapa widget yang menuju ke situs alexa dan juga penggunaan alexa search engine alexa yang akan memfilter artikel terlaris dipasar internet. Saya memasangnya di salah satu browser saja.

3.Mencari Back link

Ternyata dengan mencari backlink berkualitas alexa kita bisa turun derastis ya?. Saya baru tahu soal ini, tapi jujur saja saya paling males mencari backlink. Paling-paling hanya blog walking saja diblog tetangga dan berkomentar disana itu pun jika memang artikelnya bagus. Nah itu kan sama saja mencari link?. Iya juga sih.. Ya pokoknya bagian ini hanya saya lakukan disaat tertentu saja. 

Pada awalnya, link yang masuk keblog ini sedikit sekali. Lihat saja alexa rank blog ini, link yang masuk keblog ini cuma 4 link saja. Entah itu berkualitas atau tidak, yang jelas itu turut berperan serta dalam merampingkan alexa rank blog ini. Sehingga kedepan saya akan lebih rajin mencari backlink.

4.Update artikel  secara teratur

Didalam ilmu kesehatan, jika kita makan dengan tidak teratur maka akibatnya asam lambung akan naik. Yang ini saya setuju sekali. Saya membuktikannya dengan mengunjungi blog milik teman SMP saya Yusuf nurdiansyah yang saat ini alexa ranknya naik terus. Saat saya cek alexanya, pada awal bulan Januari posisi alexa ranknya masuk 200.000, namun saat ini alexa ranknya berada diposisi 6 jutaan dan kemungkinan akan terus membesar jika tidak diselamatkan. 

Sedangkan saya yang mengupdate artikel sehari sekali saat ini sudah lebih ramping dari beliau. Saya tidak bermaksud sombong, ini hanya sebagai komparasi yang signifikan antara blog yang ditinggal pergi dan dirawat setiap hari. Andai kata blog ini saya tinggal dan tidak terawat, bisa jadi nasibnya akan sama dengan blog teman saya. So i will keep updating my blog.

Update 2 November 2014
Lagi! hari ini turun lagi ke angka 2,7 juta. Meskipun tidak update artikel namun bila kita sedikit rajin blogwalking maka alexa bisa susut. Namun saya sendiri belum berani menyimpulkan apakah susut tersebut karena  saya membuat artikel ini ataukah karena blogwalking. Saya hanya bisa berharap besok turun lagi hehe.

Post a Comment

23 Comments

  1. semakin rendah nilai alexa suatu blog maka popularitas blog tersebut sudah terbaik dalam kategori google, jadi jangan pikirkan dahulu apakah artikel yang kita buat di blog banyak yang suka atau tidak, tetapi sebagai awal update conten secara berkala.

    hal ini akan menunjang pehaman kita untuk mengejar trafik yang sebenarnya. dan untuk backlink tidak perlu brkualitas atau tidak, yang terpenting adalah jangan paksakan blog untuk mengumpulkan link sebanyak mungkin, karena unsur seperti ini akan dinyatakan sebagai spammer oleh google.

    rajin blogwalking, maka link akan mengalir dengan sendirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gtu ya mba Devy... Kirain hrs yg berkualitas... saya ngertinya harus nyari yg berkualitas mba. Sekarang jd lebih enjoy baca koment'y mba Devy... Makasih mba infonya.

      Delete
    2. Makasih mbak Nur atas kunjungannya..

      Delete
    3. hal yang terpenting adalah unsur SEO, yang salah satunya itu adalah internal link. SEO sangat berkaitan dengan nilai alexa, jika mas perhatikan angka-angka yang ada pada halaman alexa, disana ada angka persentase Bounce Rate.nah coba fokus kearah sana, karena sekalipun kita mampu membuat artikel 5-10 bahkan 20 artikel/hari alexa rank akan lambat ramping jika angka BOUNCE tidak ikutan ramping juga.

      caranya dengan menerapkan unsur SEO pada setiap postingan, yaitu internal link.

      Delete
    4. kapan ya terakhir saya lihat bounce rate saya 23 %. Itu artinya masih mending kan mbak?. Hmm ok sekarang saya paham.. nanti pada setiap artikel akan saya tautkan minimal 1 link.

      Delete
  2. tapi ngomong-ngomong, SUHU itu apa ya mas.?
    hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya suhu itu udara.

      Delete
    2. Makasih mas kunjungannya, suhu itu memang udara. Namun kalau mas lihat film jekicen atau semacemnya yang ada guru-gurnya. Biasanya mereka disebut suhu/master/guru. Ya sama sajalah.. hehe

      Delete
  3. alexa blog ane jg gendut nih gn ,,, hrus cri bnyk bcklink nih ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni.. sama, yaah nanti kita lihat saja apakah suatu saat nanti bisa terjun bebas. Yang penting jalankan saja blog kita, mau langsing atau bengkak kembalikan saja ke alexa.

      Delete
    2. Gendut apanya mas.. itu mah namanya kurus. Bahkan kurus bingits. Tapi jujur memang menarik sekali ya blogging itu?. Kita belajar sambil dinilai oleh pak Alexa. Suhu baru saya..

      Delete
  4. suhu itu artinya guru dalam bahasa china.. misalnya mbak devi ngajar kung fu, saya sebut anda suhu saya. hehe Ok suhu.. saya akan laksanakan apa yang suhu perintahkan hehe.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Kenapa gak pake Neng Auni?. Sebenarnya saya juga tadinya ga pake. Hanya saja sekarang mulai kerasa manfaatnya jadi ya saya pasang terus. Andai kata sudah masuk 100 ribuan nantinya akan saya lepas..

      Delete
  6. alhamdullilah gan saya juga suka menerapkan tips yang agan bagikan di atas dan alhamdullilah blogg saya yang umurnya masi 1 bulan posisi rank alexsa nya sudah menginjak 560,000 an :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe berarti saya juga harus berguru sama agan Ainul Yaqin nih.. makasih Suhu.. kunjungan pertamaxnya..

      Delete
  7. Alexa saya juga lagi turun drastis. Gara-gara kelamaan pakum. Ke 4 poin di atas sih sudah saya terapkan. Mudah-mudahan aja berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap deh mas, semuanya suhu saya xixixi. Kapan saya jadi suhunya?.

      Delete
  8. Update berkala efeknya keliatan banget, bener kata suhu-suhu di atas.

    ReplyDelete
  9. bisa dicontoh nih yang kayak gini,,, pengen jugak alexa rank blog saya cepet turun, tapi gk turu-turun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaah.. suhu-suhu memang suka merendah hehe. Kalau sudah masuk ratus ribuan sulit mungkin ya nyusutinnya?..nanti kalau saya dah nyampe angka itu baru ngerasain hehe.

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan.
Jangan berkomentar diluar dari Topik (OOT)
Diharap untuk tidak menempelkan link dalam bentuk apapun.
Komentar dengan link akif maupun non-aktif tidak akan ditampilkan.
Terimakasih.